Comscore Tracker

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Corona

Negara mana saja, ya? Semoga Indonesia tidak termasuk

Penyebaran virus corona memang menjadi isu global awal tahun 2020 ini. Virus ini berawal dari sebuah kota di Tiongkok, yaitu Wuhan yang diserang oleh virus misterius. Banyak korban berjatuhan akibat dari penyebaran virus tersebut.

Ternyata, virus tersebut merupakan coronavirus yang masih satu famili dengan virus SARS. Gejala penyakit yang ditimbulkan dari virus tersebut menyerupai pneumonia. Awalnya, di Kota Wuhan, ada 59 laporan kasus infeksi virus ini. Sebanyak tujuh di antara yang terinfeksi dalam kondisi serius dan sudah ada 6 orang yang meninggal dunia.

Di Tiongkok sendiri, ada sekitar 570 kasus infeksi pada Kamis (23/01) dan Kota Wuhan diduga menjadi epicenter dari penyebarannya. Beberapa kota dan negara di dunia juga melaporkan telah mengalami kasus yang serupa. Lantas, negara mana saja yang dilaporkan terinfeksi? Dilansir laman AFP, berikut sembilan negara tersebut!

1. Makau, Tiongkok

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronascmp.com

Masih di Tiongkok, Kota Makau juga telah mengonfirmasi telah terjadi kasus virus corona. Kasus pertama yaitu seorang perempuan pengusaha berusia 52 tahun.

2. Thailand

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus CoronaBangkokpost.com

Negara Gajah Putih tersebut menjadi negara dengan kasus outbreaks pertama pada 8 Januari yang lalu. Kasus pertama merupakan seorang turis dari Tiongkok yang didiagnosis menderita pneumonia ringan dan dikonfirmasi sebagai virus corona.

Kemudian, kasus lain juga terjadi lagi pada 13 Januari. Infeksi menjangkit perempuan berusia 74 tahun yang datang dari Tiongkok setelah dideteksi mengalami gejala saat di Bandara Suvarnabhumi.

3. Jepang

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronaunsplash.com/Markus Winkler

Kasus infeksi pertama di Jepang berasal dari seorang pria yang sudah mengunjungi Kota Wuhan, Tiongkok dan dirawat di rumah sakit pada 10 Januari setelah 4 hari kepulangannya. Dia melaporkan mengalami demam yang persisten. Hal ini dilaporkan oleh Menkes Jepang pada 16 Januari 2020. 

4. Hongkong

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronavon.gov.ng

Penyebaran virus corona juga sudah mulai sampai ke Hong Kong. Di negara tersebut, dilaporkan ada dua kasus positif virus corona. Awalnya dua orang dalam kasus tersebut terjangkit setelah beberapa hari tinggal di Wuhan, Tiongkok. Karena dari hasil pemeriksaan positif terinfeksi, mereka langsung diisolasi di rumah sakit.

Baca Juga: Arab Saudi Bantah Ada Kasus Virus Corona di Negaranya

5. Singapura

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronanewsinfo.inquirer.net

Negara lainnya yang melaporkan kasus virus corona yaitu Singapura. Infeksi terjadi pada warganya yang berusia 66 tahun setelah dari Wuhan dan tiba di Singapura pada 20 Januari 2020.

6. Korea Selatan

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronaallkpop.com

Negara yang terkenal akan budaya KPop, yaitu Korea Selatan, juga telah mengonfirmasi sudah terjadi kasus infeksi virus corona. Kasus tersebut diungkapkan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDC). Seorang perempuan Tiongkok berusia 35 tahun dikonfirmasi positif virus corona.

Awalnya, dia pergi ke rumah sakit di Wuhan dengan gejala flu dan kemudian diberi resep obat sebelum terbang ke Bandara Incheon pada Minggu, 19 Januari. Sesampainya di bandara, dia pun langsung dikarantina.

7. Taiwan

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronatrip.com

Taiwan melaporkan kasus pertamanya pada 22 Januari. Kasus tersebut terjadi pada seorang perempuan Taiwan berusia 50 tahun yang tinggal di Wuhan. Kemudian, dia kembali ke Taiwan pada 20 Januari dengan gejala demam, batuk, dan sakit tenggorokan.

8. Amerika Serikat

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronathehill.com

Amerika Serikat ternyata juga tidak luput dari penyebaran virus corona. AS mengumumkan kasus pertamanya pada 21 Januari. Kasus tersebut menjangkit seorang pria berusia 30 tahun yang tinggal dekat Seattle. Pria tersebut dikabarkan dalam kondisi baik dan gejala yang dialaminya sangat mirip dengan gejala virus corona.

9. Vietnam

Tak Hanya Tiongkok, 9 Negara Ini Ternyata Juga Terinfeksi Virus Coronavietnaminsider.vn

Di urutan terakhir, negara yang mengonfirmasi adanya dugaan penyebaran virus corona yaitu Vietnam. Kasus pertama di negara ini dilaporkan terjadi pada seorang pria Tiongkok yang tinggal di Kota Ho Chi Minh. Dia terinfeksi oleh ayahnya yang sudah melakukan perjalanan ke Wuhan dan kembali ke Vietnam pada 13 Januari.

Itulah beberapa negara yang terinfeksi oleh penyebaran virus corona. Hingga saat ini, para peneliti masih berusaha untuk menemukan vaksin virus tersebut. Semoga saja virus tersebut tidak sampai ke tanah air, ya.

Baca Juga: Bandara Adisutjipto Lakukan Antisipasi Masuknya Virus Corona Baru

Okib Gustamil Photo Writer Okib Gustamil

Menyukai hal yang berkaitan dengan teknologi dan ilmu pengetahuan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya