Comscore Tracker

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Muda

Hindari dulu demi kesehatan tubuh kita

Pohon kelapa dikenal sebagai tanaman dengan sejuta manfaat. Mulai dari buah, daun, sampai dengan batangnya bisa dimanfaatkan semua untuk kehidupan sehari-hari. Khusus untuk buah, seluruh bagian tidak luput untuk diambil manfaatnya, terlebih air kelapa muda. Dalam masyarakat, seringkali air kelapa muda banyak dipakai untuk pengobatan terhadap penyakit tertentu.

Meskipun begitu, ternyata air kelapa muda tidak selamanya dapat direkomendasikan untuk semua kondisi tubuh. Beberapa kondisi justru tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi air kelapa muda. Kondisi apa saja itu? Yuk, simak.

1. Orang dengan gangguan atau penurunan fungsi ginjal

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Mudaunsplash.com/Frank Flores

Meski air kelapa muda dapat membantu menstabilkan kadar gula darah, ternyata untuk orang yang mengalami gangguan ginjal justru akan mempengaruhi proses sekresi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium dan elektrolit dalam air kelapa muda yang cukup tinggi tidak dapat disaring dengan benar akibat penurunan fungsi ginjal.

Pada akhirnya, jika tetap dikonsumsi tubuh akan mengalami hiperkalemia atau kelebihan kalium dalam darah yang justru bisa membahayakan kesehatan. 

2. Mereka yang memiliki riwayat penyakit jantung

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Mudaunsplash.com/Giulia Bertelli

Terkait kondisi diatas, ternyata tingginya kandungan kalium dalam air kelapa juga dapat memberi dampak negatif pada kesehatan orang dengan riwayat penyakit jantung. Hiperkalemia yang mungkin dialami akibat mengonsumsi air kelapa muda tadi juga dapat memicu gangguan irama jantung.

Jika sudah begini, jantung akan berisiko mengalami komplikasi yang dapat membahayakan kesehatan atau bahkan nyawa.

Baca Juga: 5 Tanda Paru-parumu dalam Kondisi Tidak Baik, Jangan Anggap Enteng!

3. Penderita iritasi usus

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Mudadoktersehat.com

Tidak banyak orang yang tahu bahwa air kelapa muda memiliki efek yang serupa dengan obat pencahar dalam versi yang lebih alami. Meskipun alami, tetap saja efek laxative yang ditimbulkan justru akan semakin membebani usus yang sudah mengalami gangguan iritasi.

Akan lebih baik jika mereka yang menderita iritasi usus mulai menghindarkan diri dari mengonsumsi air kelapa muda demi kesehatan tubuhnya.

4. Penderita diabetes

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Mudapexels.com/PhotoMIX Ltd.

Manfaat yang dapat diberikan oleh air kelapa muda ternyata tidak sepenuhnya dapat diterima oleh penderita diabetes. Hal ini dikarenakan glukosa yang terkandung dalam air kelapa muda dapat meningkatkan kadar gula darah dan menjadi tidak terkontrol.

Meskipun begitu, jika penderita diabetes ingin mengonsumsi air kelapa muda disarankan untuk membatasinya atau melakukan konsultasi dengan dokter terlebih dahulu.

5. Orang-orang yang sedang mengonsumsi obat tertentu

5 Kondisi Tubuh yang Tidak Diperbolehkan Mengonsumsi Air Kelapa Mudaunsplash.com/Volodymyr Hryshchenko

Selain kondisi-kondisi rentan di atas, orang-orang yang sedang dalam pengobatan dan mengonsumsi obat-obatan tertentu juga perlu menghindari air kelapa muda. Obat-obatan yang dimaksud antara lain inhibitor ACE dan beta blocker yang sering dipakai untuk pengobatan jantung, gagal ginjal, diabetes, serta hipertensi.

Selain itu, air kelapa juga tidak boleh dikonsumsi bersama dengan beberapa antibiotik seperti penicillin. Meski sering dipercaya sebagai obat, mengonsumsi obat-obatan bersamaan dengan air kelapa muda justru akan semakin meningkatkan kadar kalium dalam darah dan malah berbahaya bagi tubuh.

Nah, itu tadi beberapa kondisi tubuh yang tidak diperbolehkan untuk mengonsumsi air kelapa muda. Ternyata meski air kelapa muda kaya akan manfaat, tidak selamanya dapat memberi dampak positif untuk kesehatan tubuh.

Baca Juga: Saat Menangis, Kamu Akan Merasakan 7 Hal Unik Ini Terjadi pada Tubuh

Tyas Tyas Photo Verified Writer Tyas Tyas

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya