Comscore Tracker

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Ini

Apa yang akan terjadi jika kamu menggantinya?

Kopi adalah salah satu minuman favorit setiap orang. Namun, kopi bukan satu-satunya pilihan untuk memenuhi kebutuhan kafein di pagi hari.

Teh hijau yang dibuat dari daun teh segar dengan uap panas melalui proses pemanasan mengandung lebih sedikit kafein daripada teh hitam atau kopi dan juga memiliki sejumlah manfaat kesehatan lainnya.

Jika kamu mencari cara untuk menyegarkan diri di pagi hari tetapi mulai bosan dengan kopi, beralih ke teh hijau adalah pilihan yang bagus. Semua jenis teh hijau memiliki bahan dan senyawa khusus yang dapat memengaruhi kesehatanmu. Bila kamu tertarik untuk beralih dari kopi ke teh hijau di pagi hari untuk memenuhi kebutuhan kafein, inilah yang mungkin terjadi.

1. Membantu mengatasi masalah susah tidur

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Inipixabay.com/free-photos

Mengurangi kadar kafein dengan minum teh hijau dapat membantu menurunkan kecemasan dan meningkatkan kualitas tidur. Kandungan kafein yang lebih tinggi dari kopi dapat berdampak negatif pada orang yang sensitif terhadap kafein.

Ada baiknya menurunkan kadar kafeinmu dengan beralih ke teh hijau. Perubahan ini dapat membantu mengurangi respons kecemasan tubuhmu sambil tetap memberikan kamu cukup asupan kafein untuk memulai aktivitas.

2. Baik untuk kesehatan mulutmu

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Inipixabay.com/geralt

Kopi dapat meningkatkan risiko infeksi periodontitis gusi. Namun, teh hijau juga memiliki manfaat itu. Sebuah studi yang diterbitkan dalam Oral Chemistry pada 2016 menemukan bahwa sifat anti-mikroba dapat mengurangi risiko bakteri berbahaya tertentu menumpuk di mulut seiring waktu. Meminum teh hijau juga dapat membantu mencegah infeksi dan masalah mulut.

3. Kamu akan menerima lebih banyak antioksidan

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Inipixabay.com/dungthuyvunguyen

Teh hijau juga mengandung berbagai senyawa dan bahan yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan menurunkan risiko penyakit. Manfaat lain dari teh adalah jumlah antioksidan yang dikandungnya. Teh memiliki konsentrasi antioksidan yang lebih tinggi. Teh hijau khususnya memiliki beragam antioksidan yang telah terbukti memiliki sifat meningkatkan kesehatan.

Baca Juga: 7 Manfaat Teh Hijau Sencha, Bisa Mencegah Kanker hingga Kolesterol

4. Kamu akan menerima kadar kafein yang cukup dengan minum matcha

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Inipixabay.com/yanyan_hsu

Kamu mungkin pernah mendengar bahwa teh mengandung lebih banyak kafein daripada kopi. Daun teh mengandung lebih banyak kafein daripada biji kopi. Namun, begitu keduanya diseduh, jumlah kafein dalam kopi lebih dari jumlah kafein dalam teh.

Jumlah kafein yang kamu konsumsi dari teh hijau tergantung pada banyak hal yaitu varietas yang kita pilih. Matcha, teh bubuk populer, memiliki kandungan kafein yang jauh lebih tinggi daripada teh hijau. Jika kamu minum matcha di pagi hari daripada kopi, kamu akan mengonsumsi lebih banyak kafein daripada sebelumnya.

5. Dapat mengurangi peradangan

Ganti Minum Kopi dengan Teh Hijau Mempengaruhi Tubuhmu dalam 5 Hal Inipixabay.com/xiehanxin

Peradangan merupakan respons dari sistem kekebalan tubuh terhadap ancaman dan stres yang merupakan faktor utama untuk menjagamu tetap sehat.

Sebuah studi pada 2018 menemukan bahwa teh hijau memiliki sifat anti-inflamasi yang mampu mengurangi tingkat peradangan karena merangsang respon anti-inflamasi tubuh dan menenangkan sistem kekebalan tubuh. Kopi juga dapat mengurangi tingkat peradangan, tetapi sifat anti-inflamasinya lebih rendah daripada teh.

Kafein dapat memiliki manfaat yang sangat baik bahkan dalam jumlah kecil. Mengonsumsi sedikit kafein dalam sehari dapat membantu kesehatanmu dalam jangka panjang. Tetapi tetap saja kamu tidak boleh mengonsumsinya secara berlebihan ya!

Baca Juga: 4 Perbedaan Teh Hijau, Hitam, dan Putih, Mana yang Lebih Sehat?

Pricilia Bestari Photo Verified Writer Pricilia Bestari

Nothing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya