Comscore Tracker

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi Kantung Empedu

Patuhi aturanya agar proses penyembuhan lebih cepat

Operasi pengangkatan kantung empedu dilakukan pada orang yang memiliki masalah pada bagian empedu manusia, seperti terdapat batu empedu. Seseorang yang telah melakukan operasi pengangkatan kantung empedu pasti akan merasakan efek samping pada dirinya.

Umumnya efek samping ini adalah diare yang dapat terjadi hingga beberapa minggu.Ketika seseorang mengalami masalah diare akibat operasi ini, maka ada beberapa hal yang harus dihindari.

Hal-hal tersebut meliputi aktivitas, makanan dan minuman. Beberapa pantangan itu dapat disimak langsung di bawah ini. 

1. Mengangkat bebas yang sangat berat

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi  Kantung EmpeduPexels.com/Viktor Freitar

Seseorang yang telah melakukan operasi pasti diharuskan untuk menghindari pengangkatan beban berat. Hal ini ditakutkan jahitan pada bagian yang dioperasi akan membuka kembali sehingga sulit untuk kering. Pelarangan ini berlaku hingga 4-6 minggu hingga luka operasi benar-benar sembuh. 

2. Melakukan hubungan intim

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi  Kantung EmpeduPexels.com/rawpixel.com

Paska operasi pengangkatan kantung empedu dilakukan sebaiknya aktivitas hubungan seksual dihindari dalam 2-4 minggu. Hal ini bertujuan agar jahitan pada bagian operasi tidak mengalami penekanan akibat gerak atau posisi seks, termasuk posisi seks yang mengharuskan berasa di atas. 

3. Mengonsumsi daging yang berlemak

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi  Kantung EmpeduPexels.com/Robert Scherzer

Daging berlemak memiliki jenis yang berbeda-beda. Umunya daging yang berlemak terdapat pada daging olahan, seperti sosis dan kornet.

Daging yang mengandung lemak banyak akan sulit untuk dicerna pada orang yang telah melakukan operasi pengangkatan kantung empedu. Hal ini tentunya dapat menyebabkan diare yang berkepanjangan sehingga perlu adanya pencegahan dalam beberapa minggu setelah operasi dilakukan. 

Baca Juga: 7 Cara Alami dan Simpel Hilangkan Selulit, Tanpa Operasi!

4. Konsumsi susu dan minuman yang mengandung kafein

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi  Kantung EmpeduPexels.com/rawpixel.com

Susu dan produk olahan susu lainnya seperti keju dan yoghurt mengandung lemak yang cukup tinggi sehingga sulit untuk dicerna. Kesulitan ini dapat mengakibatkan diare pada seseorang yang telah melakukan operasi pengangkatan kantung empedu. 

Selain susu ada juga minuman lain, yakni minuman yang mengandung kafein. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dapat menyebabkan gerakan usus dan produksi gas yang berkebun sehingga menimbulkan kembung pada perut. 

5. Mengemudi sendirian tanpa pendamping

5 Hal yang Wajib Dihindari Setelah Lakukan Operasi  Kantung EmpeduPexels.com/Tobi

Ketika seseorang menyetir atau mengemudi maka otot pada bagian perut akan menahan posisi badan sehingga bekas jahitan operasi akan mengalami penekanan. Hal ini dikhawatirkan akan terjadi pendarahan. Oleh sebab itu aktivitas mengemudi perlu dihindari hingga beberapa minggu sampai luka operasi benar-benar sembuh. 

Agar pemilihan tubuh pasca operasi pengangkatan kantung empedu dapat berjalan dengan baik, maka pantangan di atas perlu dihindari dan dipatuhi. Selain itu konsultasi kembali jika terjadi hal-hal aneh pada tubuhmu kepada dokter yah! 

Baca Juga: 5 Tips Memilih Makanan Pasca Operasi Agar Cepat Pulih

P U T R I Photo Community Writer P U T R I

Yuk menulis lagi! mari berteman ig:@putrirhy11

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You