Comscore Tracker

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadi

Perhatikan baik-baik ya

Pingsan atau Syncope merupakan kejadian yang lumrah terjadi pada manusia. Pasti semua manusia merasakannya. Pingsan terjadi akibat aliran darah ke otak berkurang secara drastis. Aliran darah tersebut berkurang biasanya selama lima atau enam detik, dan pasti ada yang menghambat.

Namun, jika kamu sering pingsan bisa saja ada hal medis serius. Terutama ketika pingsan cedera, bisa efek lainnya. Dengan itu, ayo perhatikan tanda-tanda bahwa kamu akan pingsan! 

1. Merasa pusing

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadithecoveatlajolla.com

Bila kamu merasa pusing secara tiba-tiba, kamu harus mencari tempat untuk duduk atau istirahat segera. Terutama ditambah kamu merasakan kebingungan, ini biasanya gejala pertama yang terjadi. Biasanya pingsan terjadi karena terlalu lama berdiri. 

Lebih banyak manusia pingsan saat berdiri karena darah mengalir mengikuti gravitasi, mengutip Dr. Julian Stewart, Profesor Kardiologi Pediatrik New York Medical College di Reader's Digest. Makanya, kelancaran aliran darah di tubuh itu adalah hal yang penting.

2. Pandangan mata kabur

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadimedicalnewstoday.com

Setelah merasa pusing dan bingung, biasanya pandangan kamu cenderung mulai kabur. Bisa saja kamu agak sulit untuk melihat yang ada di depan kamu. Akan terjadi juga di mana mata kamu akan mulai goyang-goyang atau nystagmus. 

Mata menjadi pertama yang dapat mendeteksi akan pisang. Karena, pembuluh darah yang runtuh duluan ketika darah bergerak ke bawah, mengutip Dr. Stewart. 

3. Muncul rasa mual

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadiaarp.org

Terkadang kamu juga akan merasa mual. Padahal kamu tidak merasakan apa-apa sebelumnya. Tapi, rasa mual ini tidak akan muncul sendiri tentunya dengan beberapa tanda akan pingsan lainnya. 

Jika ini terjadi, coba duduk dan tutup mata. Lalu taruh tanganmu di perut. Mulai mencoba bernapas perlahan, dan kembungkan perut. Mengambil napas dari hidung dan mengeluarkannya di mulut. Oksigen yang masuk akan membantu mengurangi tekanan pada otak. 

Baca Juga: 6 Kebiasaan Dianggap Sepele Ini Ternyata Bisa Membuatmu Mudah Pingsan

4. Akan terlihat pucat dan keringatan

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadihealthline.com

Jika kamu merasakan hal sebelum di tempat umum, dan ada yang mengatakan kamu pucat, harus hati-hati. Apalagi, ditambah dengan kamu mulai keringatan padahal tidak panas. 

5. Susah mendengar

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadilillyfamilydentistry.com

Kamu akan mulai susah mendengar. Jika kamu ditanya, mungkin setelah dikatakan pucat, akan bertanya ulang apa yang dikatakan orang lain. 

6. Badanmu merasa lemas atau bergetar

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadird.com

Jika kamu masih tetap bertahan, dan mulai merasa lemas akan lebih baik kamu duduk. Karena tidak ada darah yang mengalir ke otak, lemas wajar terjadi. 

7. Napasmu menjadi pendek

Ini 7 Tanda Kamu Akan Pingsan yang Bisa Terasa, Kenali Sebelum Terjadimedicalnewstoday.com

Walaupun hal-hal sebelumnya bisa saja terjadi bersamaan, jika kamu mulai kesusahan napas, kamu harus waspada. Karena, jika ritme napasmu menjadi pendek akan pingsan. Dengan itu, tetap mencoba untuk bernapas dan mengambil oksigen sebisa mungkin.  

Setelah mengetahui tujuh gejala yang biasanya terjadi sebelum pingsan, dengan sisa tenaga yang ada usahakan langsung mencari posisi yang baik untuk istirahat. Kalau sedang bersama teman, langsung meminta pertolongan. 

Jangan sampai kamu pingsan dan akan terjadi cedera. Karena, jika pingsan dan cedera, malah kamu akan kena kejadian medis yang serius. Namun, cara mudah untuk mencegah pingsan, jangan sampai kamu dehidrasi ya! 

Baca Juga: Ternyata Inilah 7 Hal yang Terjadi pada Tubuhmu, Saat Kamu Pingsan!

Topic:

  • Rachel Rinesya
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You