Comscore Tracker

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumah

Rasa gatal dan iritasi pada kulit dapat diatasi

Alergi kulit dapat menyebabkan gatal, kemerahan, dan pembengkakan pada kulit. Ini berkembang ketika kulit kita bersentuhan dengan alergen. Penyebab reaksi alergi bervariasi dari setiap orang, seperti terkena tanaman tertentu, gigitan serangga, paparan logam, dan bahan kimia tertentu juga dikaitkan dengan alergi kulit.

Gatal dan iritasi yang disebabkan oleh alergi kulit dapat dengan mudah diatasi dengan bantuan bahan alami sederhana. Berbagai bahan alami ini dapat dianggap aman untuk mengatasi gatal di kulit. Berikut ini adalah beberapa bahan alami yang dikenal dapat membantu mengatasi alergi kulit.

1. Oatmeal

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahhealthline.com

Oatmeal adalah salah satu bahan alami yang paling terkenal untuk mengatasi alergi kulit. Dilansir dari laman Medical News Today, kandungan silika tinggi oatmeal menjadikannya sebagai bahan yang ideal untuk mengatasi masalah kulit. Oatmeal adalah pelembap yang sangat baik untuk kulit gatal.

Bahan ini dapat mengurangi godaan untuk menggaruk kulit dan membantu dalam proses penyembuhan. Kita hanya perlu menggunakan kompres oatmeal dingin ke daerah kulit yang terkena untuk mengurangi gejala reaksi alergi.

2. Soda kue

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahfemina.hu

Soda kue adalah bahan lain yang efektif untuk alergi kulit. Dilansir dari laman Naturally Savvy, sifat alkali dari soda kue dapat membantu menenangkan area yang terkena alergi dan mendukung penyembuhan.

Pemakaian larutan soda kue dapat membantu dalam mengatasi reaksi alergi yang disebabkan oleh tanaman beracun dan gigitan serangga. Buat pasta dengan menggabungkan tiga sendok teh soda kue dan satu sendok teh air. Tutupi bagian yang sakit dengan pasta tersebut.

3. Cuka sari apel

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahqueminhngaymoi.vn

Cuka sari apel dapat membantu mengatasi kulit gatal yang disebabkan oleh reaksi alergi. Campur secangkir cuka sari apel dengan secangkir air biasa. Tuang cuka sari apel yang sudah diencerkan ke dalam botol semprot dan oleskan ke kulit. Bisa juga dengan merendam kain dalam cuka encer dan letakkan di area kulit yang teriritasi maupun gatal.

Menurut laman Healthline, cuka sari apel dapat dikonsumsi sebagai antihistamin alami untuk membantu menekan reaksi alergi. Campurkan satu sendok makan cuka sari apel, madu, dan jus lemon. Lalu, minumlah campuran itu tiga kali sehari.

Baca Juga: Benarkah Alergi dapat Jadi Penyebab Gangguan Kecemasan? Ini 7 Faktanya

4. Minyak kelapa

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahsvgs.co

Minyak kelapa adalah bahan alami yang efektif untuk mengatasi alergi kulit. Bahan ini mengandung emolien yang sangat baik dalam mengatasi kulit yang teriritasi. Menurut laman Scientific European, sifat antiinflamasi dari minyak kelapa dapat membantu dalam mengurangi reaksi inflamasi yang disebabkan oleh alergi kulit.

Selain itu, minyak ini tampaknya juga membantu menekan reaksi kimia yang menyebabkan alergi. Untuk meringankan gejala alergi kulit, oleskan minyak kelapa ke daerah yang terkena.

5. Susu

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahdairyfarmersofcanada.ca

Menurut laman WebMD, protein yang ada dalam susu murni dapat membantu mengurangi gatal-gatal kulit yang terkait dengan reaksi alergi. Kompres susu dingin dapat membantu mengatasi gejala alergi kulit.

Rendam sepotong kain kasa bersih dalam susu murni dingin dan letakkan di area yang terkena selama 20-30 menit. Oleskan kompres susu selama dua hingga tiga kali sehari.

6. Teh hijau

6 Bahan Alami yang Efektif Mengatasi Alergi Kulit, Yuk Coba di Rumahnycdmd.com

Teh hijau dikenal karena khasiat antihistaminnya. Menurut laman US Air Purifiers, minum teh hijau dapat membantu mengurangi reaksi alergi. Teh ini dikenal membantu mengurangi peradangan yang dipicu oleh reaksi alergi.

Teh hijau dapat membantu dalam menghambat produksi histamin dan menekan produksi bahan kimia lain yang disebabkan oleh reaksi alergi. Menerapkan teh hijau dingin ke area kulit yang terkena alergi dapat membantu mengatasi iritasi.

Baca Juga: Cold Urticaria; Alergi Suhu Dingin yang Kadang Bikin Kesal

Rangga Dio Hayyunuski Photo Verified Writer Rangga Dio Hayyunuski

Workhard, Playhard, Istirahard..

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You