Comscore Tracker

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersoda

Punya banyak efek buruk pada organ tubuh

"Kayaknya kalau lagi panas gini, enaknya minum yang nyess gak sih?" - kata orang-orang.

Siang-siang terik dan panas memang paling enak minum softdrink dicampur es, apa lagi minuman itu mengandung soda. Segar bukan?

Tapi kamu perlu perhatikan, di balik nikmatnya minuman tersebut ada bahaya yang sedang mengintai tubuh kamu. Inilah beberapa efek negatif minum soda untuk tubuh. Simak ya!

1. Risiko obesitas

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman BersodaMerdeka.com

Dilansir dari washingtonpost.com, soda mengandung banyak gula dan kalori, yang menyebabkan obesitas, diabetes, dan ketidakseimbangan gula darah. Jumlah glukosa tersebut melebihi ambang batas gula harian. Hal itu tentunya sangat berpengaruh terhadap kenaikan berat badan yang berisiko terkena obesitas. 

2. Diabetes tipe 2 menghantui kamu

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersodavisionease.com

Diabetes merupakan penyakit yang sering menghantui kalangan penggemar makanan dan minuman manis. Ini ditandai dengan peningkatan gula darah karena resistensi atau kekurangan insulin. Dikutip dari healthline.com, terdapat fakta yang menyebut minum sesedikit kaleng soda manis per hari dikaitkan dengan peningkatan risiko diabetes tipe 2.

Ada sebuah studi lain baru-baru ini yang mengamati konsumsi gula dan diabetes di 175 negara. Hasilnya menunjukkan bahwa untuk setiap 150 kalori gula per hari (sekitar 1 kaleng soda) meningkatkan risiko diabetes tipe 2 sebesar 1,1 persen.

3. Memicu penyakit ginjal

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman BersodaPinterest.com/Liz Castellaw

Diketahui bahwa terlalu banyak soda dapat meningkatkan risiko diabetes dan obesitas. Ada hal lain yang lebih mengerikan dibanding itu semua, yaitu penyakit ginjal. Menurut penelitian yang dilansir dari nytimes.com, penyakit ginjal bisa dipicu minuman bersoda yang berjenis kola.

Kola mengandung asam fosfat tingkat tinggi. Zat tersebut telah dikaitkan dengan batu ginjal dan masalah ginjal lainnya. Sebuah penelitian dari jurnal Epidemiology menemukan bahwa minum dua atau lebih kola sehari berkaitan dengan dua kali lipat risiko penyakit ginjal kronis.

Baca Juga: Ini Reaksi Tubuh Setelah Minum Soda, Minuman Berkarbonasi Tinggi Gula

4. Menaikkan tekanan darah

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersodamedicalnewstoday.com

Darah tinggi sangat ditakuti karena bisa menyebabkan stroke dan kematian. Penyebabnya sangatlah banyak, salah satunya adalah minuman bersoda. Dikutip dari medicalnewstoday.com, mengonsumsi minuman bersoda seperti kola bisa membuat tekanan darah menjadi naik.

5. Meningkatkan risiko terserang penyakit jantung

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersodapixabay.com

Sudah diketahui bahwa minuman manis meningkatkan faktor risiko penyakit jantung, termasuk gula darah tinggi. Penelitian pada manusia baru-baru ini mencatat hubungan yang kuat antara asupan gula dan risiko penyakit jantung di semua populasi. 

Dilansir dari healthline.com, sebuah studi pada 40 ribu pria menemukan bahwa mereka yang minum 1 minuman manis per hari memiliki risiko 20 persen lebih tinggi mengalami serangan jantung. Hal itu cukup tinggi dibandingkan dengan mereka yang jarang mengonsumsi minuman manis.

6. Masalah pencernaan yang kompleks

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersodadiabetes.co.uk

Menurut National Institute of Diabetes and Digestive and Kidney Diseases, mengonsumsi minuman berkarbonasi memindahkan lebih banyak udara ke saluran pencernaan kamu, yang dapat menyebabkan perut kembung, bersendawa, atau gas berlebih dalam lambung.

Selain itu, aspartam (pemanis buatan yang ditemukan dalam soda diet) juga bisa menyebabkan masalah bagi usus kamu. Dilansir dari livestrong.com, pemanis buatan dapat merusak mikrobioma usus yang efeknya kesulitan mencerna makanan secara normal. Perut dan usus kamu juga bisa meradang, kram, sembelit, dan menimbulkan perasaan tidak nyaman.

7. Dapat memicu kanker

Setelah Baca Ini Kamu Pasti Pikir Ulang kalau Mau Minuman Bersodaibdnewstoday.com

Penyakit paling ditakuti seluruh manusia adalah kanker. Sebab, kecil peluangnya jika kanker sudah menginjak stadium atas.

Dilansir dari healthline.com, dilakukan sebuah studi yang melibatkan lebih dari 60 ribu orang dewasa. Hasilnya mereka menemukan bahwa partisipan yang minum 2 atau lebih soda gula per minggu 87 persen lebih mungkin untuk terkena kanker pankreas daripada mereka yang tidak minum soda.

Jadi, itulah beberapa efek yang mengerikan dari minuman bersoda. Mulai sekarang, kurangilah mengonsumsi minuman bersoda dan minum-minuman tidak sehat lainnya. Beralihlah ke air putih yang sudah jelas sehat untuk tubuh.

Baca Juga: 7 Hal Ini Akan Terjadi pada Tubuhmu ketika Terlalu Banyak Minum Soda

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya