Comscore Tracker

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenang

Jangan stres-stres ya!

Dalam hidup, tidak ada yang selalu berjalan dengan lancar. Pasti ada masalah-masalah yang tak ada hentinya menghampiri kita.

Terkadang, beberapa persoalan tersebut membuat kita lelah dan stres. Tanpa kamu ketahui, ternyata stres bisa membahayakan diri. Berikut bahaya yang bisa datang akibat stres berlebih.

1. Menurunnya daya tahan tubuh

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangmatthewsmattress.com

Pernah berpikir kenapa saat kamu stres mudah terserang penyakit? Ternyata kedua hal tersebut memiliki hubungan yang cukup kuat.

Dilansir dari simplypsychology.org, ketika stres, kemampuan sistem kekebalan tubuh untuk melawan antigen berkurang. Itu sebabnya kita lebih rentan terhadap infeksi seperti terserang flu dan batuk.

2. Sakit kepala

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangwellandgood.com

Stres memang membuat kepala pusing akan beban pikiran. Selain itu, kepala juga bisa terasa sakit secara fisik seperti cenat-cenut tiada henti. Dikutip dari livescience.com, Dokter Sara Schramm dari Universitas Duisburg-Essen di Jerman mengatakan bahwa meningkatnya stres berbanding lurus dengan meningkatnya frekuensi sakit kepala untuk semua subtipe sakit kepala.

3. Terganggunya sistem pencernaan

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangthehealthy.com

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam buku Neuroscience, otak dan usus terhubung dan terus-menerus dalam komunikasi. Faktanya, lebih banyak neuron berada di usus ketimbang di seluruh sumsum tulang belakang. Oleh karena itu, saat stres sistem pencernaan menjadi tidak stabil.

Baca Juga: 7 Penyebab Umum Gusi Berdarah, Bisa Jadi Tanda Kamu Sedang Stres loh!

4. Meningkatnya tekanan darah

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangwww.ndtv.com

Dilansir dari heart.org, American Heart Association menjelaskan mengenai hubungan stres dengan tekanan darah. Ketika stres, tubuh kita bereaksi dengan melepaskan hormon stres (adrenalin dan kortisol) ke dalam darah yang menyebabkan jantung berdetak cepat dan menyempitkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi naik.

5. Meningkatnya risiko terkena penyakit jantung

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangnovanthealth.org

Pada poin nomor 4 disebutkan bahwa stres bisa membuat naiknya denyut jantung tekan darah yang bisa memicu risiko pada jantung. Selain itu, stres juga bisa melepaskan kolesterol dan trigliserida ke dalam aliran darah yang berisiko menyebabkan serangan jantung.

6. Obesitas

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangnewsroom.ucla.edu/iStock

Terdapat sebuah penelitian baru yang memperkuat hubungan antara stres jangka panjang dan peningkatan risiko obesitas. Dikutip dari medicalnewstoday.com, para peneliti menemukan bahwa individu yang memiliki kadar kortisol (hormon stres) yang tinggi secara terus-menerus memiliki indeks massa tubuh (BMI) yang lebih tinggi. Selain itu, lingkar pinggang mereka juga lebih besar dibandingkan dengan mereka yang memiliki kadar hormon stres rendah.

7. Diabetes

Stres Berlebih Bisa Datangkan 7 Masalah Kesehatan Ini, Cobalah Tenangnps.org.au

Stres bisa mengakibatkan pola makan yang menjadi buruk dan tidak baik bagi kesehatan. Selain itu, stres juga bisa membuat pankreas kesulitan menghasilkan hormon insulin yang berfungsi untuk mengendalikan gula dalam darah.

Itulah 7 masalah kesehatan yang bisa timbul akibat efek dari stres berlebih. Kalau kamu sedang stres, cobalah cari aktivitas yang bisa membuat kamu rileks dan bahagia. Kamu juga bisa curhat kepada orang terdekat mengenai masalah yang sedang dihadapi agar beban stres sedikit berkurang.

Baca Juga: Stres di Tengah Kemacetan Dapat Diatasi dengan 7 Solusi Ini, Coba yuk!

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya