Comscore Tracker

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanya

Penyakit ini sering banget diremehkan

Gastroesophageal Reflux Diseases (GERD) adalah salah satu penyakit yang cukup umumdialami oleh orang-orang namun sering diremehkan karena gejala-gejalanya yang terasa sepele. Padahal, jika dibiarkan GERD bisa memicu penyakit lain seperti asma di mana telah dibuktikan bahwa mayoritas orang yang memiliki asma juga memiliki GERD.

Kamu harus tau kalau GERD adalah kondisi jangka panjang. Apa pun yang kamu makan kembali ke esofagus, dan itu menyebabkan gejala atau komplikasi yang tidak menyenangkan.

Pada hari Selasa dini hari (18/2), suami Bunga Citra Lestari (BCL), Ashraf Sinclair, meninggal dunia yang dikabarkan akibat serangan jantung. Ternyata muncul dugaan baru bahwa Ashraf Sinclair meninggal karena mengalami GERD, berdasarkan chatWhatsApp yang beredar. Diduga kondisi GERD tersebut menekan jantung, sehingga terjadilah serangan.

Namun, yang perlu kamu tahu, berdasarkan bukti-bukti yang ada, kabar tersebut adalah HOAKS. Yang pertama, karena hingga kini diagnosis rumah sakit menyatakan bahwa Ashraf Sinclair meninggal akibat serangan jantung.

Yang kedua, dilansir dari berbagai sumber, salah satunya health.harvard.edu, menyatakan bahwa GERD tidak dapat langsung menyebabkan kematian. Sementara itu, GERD (heartburn) itu punya gejala, dampak dan proses yang berbeda dengan serangan jantung (heart attack). Rasanya saja yang hampir sama.

Yang ketiga, karena chat WhatsApp yang menyebutkan nama dr. Imam Susilo, memiliki konten yang sama persis dengan postingan Facebook atas nama Chorina Fabio, yang diunggah pada 20 Mei 2019. Ini menandakan bahwa chat WhatsApp tersebut hanya ditambahi dari konten lama, seakan itu pernyataan dari dokter tentang penyebab meninggalnya Ashraf Sinclair. Berhati-hatilah dalam mencerna informasi yang dengan mudah beredar melalui chat, baik pribadi maupun grup.

Orang-orang dengan berat badan berlebih, wanita hamil, perokok, dan mereka yang mengonsumsi obat-obatan tertentu lebih berisiko mengalaminya. Namun ini tidak menutup kemungkinan menyerang orang yang menjaga pola makan dan olahraga teratur. Ini 6 gejala yang akan kamu rasakan kalau kamu menderita GERD.

1. Rasa asam di mulut

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyaconsumerreports.org

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh otot atau sfingter di bagian atas lambung. Ketika menjadi lemah, asam naik ke dalam pipa makanan. Rasa asam ini bisa bertahan selama berminggu-minggu dan sangat mengganggu, mempengaruhi kualitas hidupmu. Masalah ini sangat umum di kalangan wanita hamil karena ada lebih banyak tekanan pada perut.

2. Regurgitasi

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyamagazish.com

Regurgitasi adalah naiknya asam ke tenggorokan atau mulutmu. Kamu mungkin mengalami rasa pahit, sendawa, dan kadang-kadang bahkan muntah.

Regurgitasi bisa terjadi kapan saja, tetapi menjadi sangat mengganggu di malam hari. Kamu bisa tiba-tiba bangun dengan cairan yang terasa pahit di tenggorokan dan perasaan panik.

Baca Juga: Suka Sakit Kepala Setelah Tidur Siang? Ini 4 Penyebab dan Solusinya

3. Heartburn

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyaorganiclifestylemagazine.net

Banyak orang mungkin pernah mendengar tentang heartburn dan bahkan mengalaminya, tetapi hampir tidak ada dari mereka yang berpikir bahwa hal itu disebabkan karena mereka memiliki GERD. Heartburn adalah gejala GERD yang paling umum.

Gejala heartburn biasanya ada perasaan terbakar atau tidak nyaman di dada tengah bagian bawah setelah makan. Ketidaknyamanan ini bisa meningkat ketika membungkuk atau berbaring telentang.

4. Dyspepsia

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyahealthjade.com

Ketika menderita GERD, kamu mungkin merasakan ketidaknyamanan di perut, yang meliputi mual setelah makan, sakit perut bagian atas, bersendawa dan perut terasa sangat kenyang. Terkadang kamu bahkan tidak dapat merasakan lapar dan tidak memiliki nafsu makan karena perasaan kenyang di perutmu.

5. Dysphagia

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyapatientdaily.com

Dysphagia adalah di mana kamu bisa merasakan sensasi makanan menumpuk di tenggorokanmu. Ini bisa karena penyempitan esofagusmu.

Ketika disfagia terjadi, itu bisa menjadi tantangan karena kamu tidak bisa menelan, sehingga kamu mungkin makan tidak cukup kalori dan menyebabkan masalah medis tambahan lainnya.

6. Batuk parah

Beredar Hoaks Ashraf Sinclair Meninggal karena GERD, Ini 6 Gejalanyashape.com.sg

Batuk memang bukan gejala khas dari GERD, tetapi setidaknya 25-40 persen kasus penderita GERD ada bersamaan dengan batuk kronis. Selain itu kamu juga bisa merasakan tanda-tanda yang kurang umum seperti nyeri saat menelan, peningkatan air liur, penurunan berat badan, iritasi tenggorokan, bau mulut, mulut kering dan nyeri dada.

Ada hal-hal yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi gejala dari GERD kalau kamu memang sudah tahu kamu mengalaminya. Seperti makan dalam porsi yang lebih sedikit, mengurangi alkohol, makanan asam dan pedas dan jangan makan sebelum tidur.

Baca Juga: Takotsubo Cardiomyopathy: Sindrom Sakit Hati Mirip Serangan Jantung

Topic:

  • Ribka Eleazar Handoyo
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya