Comscore Tracker

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek 

Kamu harus coba kalau mengalaminya

Keluwek, keluwak, pucung, atau kepayang merupakan tanaman asli yang tumbuh di Indonesia dan Malaysia. Kini, tanaman ini telah tersebar di Asia Tenggara, bahkan Eropa. Tanaman bernama latin Pangium edule ini mengandung Vitamin C, ion besi, betakaroten, asam hidnokarpat, asam glorat, dan tanin.

Namun, apabila belum diolah, keluwek bisa memabukkan karena mengandung sianida. Itu sebabnya, ada istilah "mabuk kepayang". Selain sebagai bumbu masakan, keluwek ternyata memiliki beragam khasiat, lho! Kandungan yang ada di dalamnya memiliki banyak manfaat. Dilansir laman StuartXchange dan The Ferns, simak informasi berikut.

1. Sebagai obat antiseptik alami untuk luka

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek aboutkidshealth.ca

Meskipun beracun jika belum diolah, biji keluwek ternyata bisa digunakan sebagai obat untuk menyembuhkan luka. Glikosida yang terkandung di dalam tanaman ini memiliki sifat antiseptik alami. Biji segar keluwek yang dihancurkan dan dioleskan pada luka bisa mensterilkan luka tersebut.

2. Menghilangkan kutu rambut

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek motherjones.com

Kutu di rambut tentunya membuat kita tidak merasa nyaman karena menimbulkan rasa gatal. Daun keluwek bisa menjadi solusi atas masalah ini. Panaskan beberapa daun keluwek kemudian letakkan di atas kepala dan tutupi dengan kain. Diamkan selama beberapa menit. 

3. Untuk mengobati penyakit kulit

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek watsonshealth.com

Biji dan daun keluwek ternyata bisa digunakan untuk obat luar. Keluwek bisa mengatasi penyakit kulit seperti panu, gatal-gatal, dan bisul. Caranya dengan menghaluskan biji keluwek dan mengoleskannya pada bagian yang terkena bisul atau panu. Daun keluwek juga bisa ditumbuk kasar untuk mengobati bagian kulit yang gatal.

Baca Juga: 5 Manfaat Minum Air Hangat yang Perlu Kamu Ketahui

4. Baik untuk ibu menyusui

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek news.llu.edu

Selain digunakan untuk batang korek api, ternyata, kulit kayu pohon keluwek yang telah berusia cukup matang bisa bermanfaat untuk ibu menyusui. Caranya, kulit pohon keluwek diambil sedikit saja kemudian ditumbuk.

Hasil tumbukan tadi dimasak bersama sup untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui. ASI yang dihasilkan dipercaya dapat membuat sang bayi lebih kuat dan tahan terhadap penyakit.

5. Meredakan nyeri persendian

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek gotpainarizona.com

Bagian dalam batang pohon keluwek juga bermanfaat untuk mengobati nyeri di persendian. Panaskan kulit batang keluwek bagian dalam di atas batu panas. Uap yang dihasilkan dari pemanasan tersebut bisa meredakan persendian yang bengkak dan nyeri.

6. Bahan campuran sabun yang baik untuk kulit

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek vitacost.com

Minyak dari biji keluwek ternyata bisa digunakan untuk campuran pembuatan sabun yang baik untuk kesehatan kulit. Sabun yang dibuat dari minyak biji keluwek dapat menjaga kelembapan kulit. Minyak biji keluwek juga digunakan sebagai pewarna merah alami.

7. Pengawet daging dan ikan

Obati Sakit Kulit hingga Kutu Rambut, Ini 7 Khasiat Tanaman Keluwek fiahonfriday.org.uk

Di Malaysia, daun keluwek banyak digunakan untuk membungkus daging dan ikan. Tujuan penggunaan daun tersebut untuk mengawetkan daging. Daun pohon keluwek juga mengandung senyawa yang menghambat pertumbuhan jamur.

Itulah tadi tujuh manfaat tanaman keluwek bagi kehidupan. Namun, tetap berhati-hati dalam mengolahnya, ya. Salah pengolahan justru bisa menimbulkan efek berbahaya.

Baca Juga: 7 Fakta dan Manfaat Minyak Kutus-kutus yang Wajib Diketahui

Rondiya Sari Photo Verified Writer Rondiya Sari

Find the world through reading.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Just For You