Comscore Tracker

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Saja

Setiap perempuan berbeda-beda, tapi tetap ada kesamaannya

Kita pasti pernah mendengar teman wanita kita mengeluh perihal menstruasi. Memang setiap wanita mempunyai pengalaman berbeda tentang tamu bulan ini. Ada yang normal atau tidak, ada yang sehat atau bahkan akibat dari penyakit yang dialami.

Jika kamu mulai ragu, tak ada salahnya untuk melihat tanda-tanda normal dari menstruasimu dengan cara ini

1. Setiap bulannya memiliki siklus yang teratur

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Sajaunsplash/jonathanborba

Menstruasi normal biasanya akan mengikuti pola yang sama dalam kehidupan reproduksi. Kalau sedikit berbeda, yakni lebih banyak darah yang keluar atau lebih lama itu masih bisa dikategorikan normal. Nah, tanda menstruasi tidak normal terjadi ketika aliran darah berubah warna dan berbau tidak sedap.  

2. Setiap bulan selalu datang

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik SajaEUROIMMUNBlog

Menstruasi muncul setiap bulan adalah pertanda normal. Kalaupun terlambat atau lebih cepat sedikit, itu bisa jadi karena stres atau kurang tidur. Tapi jika terlambat satu, dua bulan atau lebih bisa jadi itu tanda kamu hamil atau ada faktor lain yang perlu diwaspadai.

3. Darah yang keluar tidak berlebihan

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Sajaunsplash/stillsbyhernan

Selama menstruasi normal, seorang wanita akan kehilangan 20-60 ml darah. Atau secara mudahnya, jumlah darah yang hilang hampir sama di setiap bulannya. Kamu perlu khawatir jika darah yang keluar jauh lebih banyak dibandingkan biasanya sehingga membuatmu lemas dan lemah.

Baca Juga: 6 Alasan Berat Badan Naik Menjelang Menstruasi

4. Tidak mengganggu kegiatanmu

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Sajapixabay.com/nastya_gepp

Menorrhagia atau aliran menstruasi yang berlebihan setiap wanita memang berbeda. Cara yang paling mudah adalah bagaimana menstruasi bisa mengganggu kegiatan harianmu. Bila biasanya normal menghadapi menstruasi, tapi kini kamu merasa gak mampu beraktivitas normal ada baiknya untuk segera mengeceknya pada dokter.

5. Adanya gumpalan darah itu normal

5 Tanda Kalau Menstruasimu Normal dan Baik-baik Sajaunsplash/bewakoofofficial

Terkadang kita menghadapi menstruasi dengan darah yang menggumpal. Sebenarnya itu masih normal selama kamu tidak menunjukkan gejala anemia, seperti sesak napas dan pusing. Nah, bila kamu merasakan anemia beberapa bulan terakhir, tak ada salahnya untuk memeriksanya lebih lanjut.

Ingatlah di saat setiap datang menstruasi, kamu tahu apa yang dirasakan. Jadi jangan pernah takut ketika kamu melihat adanya perubahan pada menstruasimu dan ceritakan masalah itu pada doktermu.

Baca Juga: 5 Hal yang Bisa Bikin Siklus Menstruasi Kamu Tidak Lancar

Iam_Lathiva Photo Community Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You