Comscore Tracker

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantung

Jangan sepelekan gejalanya, pahami dengan baik

Nyeri di perut pasti akan membuat tubuh jadi tidak nyaman. Walaupun beberapa rasa nyeri itu bisa sembuh dengan sendirinya, tapi ada juga beberapa gejala nyeri perut yang menjadi tanda bahaya bagi kesehatanmu.

Penyebab nyeri perut gak bisa disepelekan karena banyak organ penting yang ada di dalam perut. Beberapa organ vital tersebut adalah hati, ginjal, usus besar dan kecil, kantong empedu, limpa, pankreas, dan lainnya. Inilah beberapa tanda bahaya yang perlu diwaspadai ketika nyeri perut.

1. Nyeri perut bagian atas antara tulang rusuk

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantungpexels/PhotoMIX Ltd

Jika merasakan nyeri yang memburuk, atau adanya tekanan di perut atas tepat di antara tulang rusuk dapat menandakan penyakit jantung. Tanda pertama adalah gangguan pencernaan atau mulas, kemudian muncul rasa nyeri.

Penyakit jantung ini bisa berbentuk diabetes, tekanan darah tinggi atau rendah, dan kolesterol tinggi. Kalau kamu mengalami hal ini sebaiknya segera kunjungi dokter untuk penanganan yang lebih serius.

2. Nyeri perut setelah makan makanan berlemak

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantungready-access.com

Karena kesibukan, kamu seringkali mendatangi drive-thru untuk makan dengan lemak yang tinggi. Tapi setelah itu, terdapat rasa nyeri perut yang sangat ekstrem dan tidak kunjung hilang. Bisa saja kejadian ini merupakan pertanda serangan kantong empedu.

Makanan berlemak membuat kantong empedu meradang hingga batu empedu menghalangi saluran pencernaan masuk ke usus kecil, jika dibiarkan akan menyebabkan penyakit kantong empedu.

3. Rasa sakit di perut bawah serasa ditusuk pisau

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantungvanderbilthealth.com

Rasa nyeri seperti ditusuk pisau yang menyerang di perut bagian bawah, disertai muntah, mual, demam, dan kedinginan bisa menjadi pertanda batu ginjal. Jika itu masalahnya, segera hubungi dokter dan diperlukan CT scan untuk mendiagnosis masalah ini.

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan yang Terjadi Saat Level pH Tubuh Bermasalah

4. Diare atau sembelit diiringi kram

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantunggetold.com

Merasa kembung atau sembelit yang diiringi dengan kram perut di bagian bawah bisa menjadi ciri pertama dari iritasi usus. Hal ini terjadi karena pola makan yang berantakan dan stres.

5. Sakit parah di kanan bawah perut

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantungmedicalnewstoday.com

Tetiba mengalami nyeri yang teramat sakit di perut kanan bawah ditambah demam bisa menjadi pertanda apendisitis. Rasa sakit itu dimulai dari sekitar pusar dan bergerak ke bawah, rasa mual,demam, kedinginan, atau sembelit.

6. Sakit perut parah secara tiba-tiba

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantunghealth.harvard.edu

Rasa sakit di pertengahan perut tiba-tiba datang terlebih pada mereka yang mempunyai riwayat tukak lambung atau peminum obat aspirin dalam jumlah berlebihan bisa jadi pertanda perforasi.

Perforasi adalah salah satu sakit perut yang dianggap darurat dan harus segera dibedah jika tidak segera ditangani. Kondisi serius ini terjadi karena infeksi bakteri atau jamur penyebab peradangan pada peritonenum. Kalau diabaikan, saluran pencernaan di perut bisa bocor.

7. Penurunan berat badan disertai sakit perut

7 Gejala Nyeri Perut Kamu Gak Normal, Bisa Pertanda Sakit Jantungmodernman.com

Sakit perut yang menusuk dan diiringi dengan penurunan berat badan, gejala anemia, darah dalam tinja, dan adanya riwayat kanker gastrointestinal atau radang usus di dalam keluarga, menunjukkan kemungkinan kanker.

Jangan pernah abaikan gejala di atas ya guys. Jika kamu mengalaminya, segera konsultasikan ke dokter untuk memperoleh diagnosis dan penanganan yang benar.  

Baca Juga: 5 Gangguan Kesehatan yang Bisa Kamu Dapat Saat Coba Diet Ekstrem!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You