Comscore Tracker

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbal

Jadi gak harus beli obat-obatan kimia kan?

Sejak dulu orang menggunakan tanaman sebagai obat alami. Sayangnya semakin berkembangnya zaman, obat kimia dinilai lebih praktis dibandingkan tanaman obat. Tapi efek samping obat kimia yang bisa merusak tubuh, membuat orang kembali menggunakan tanaman herbal.

Gak ada salahnya kamu mulai menanam tanaman obat-obatan di sekitar rumah. Karena selain berfungsi sebagai obat-obatan, nyatanya tanaman ini memiliki bentuk dan warna yang cantik, lho. 

1. Dandelions

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalpexels.com/George Becker

Selain digunakan sebagai pengusir gulma, dandelions juga bisa dimanfaatkan manusia sebagai diuretik, yakni obat yang bisa membuang kelebihan garam dan air melalui urin. Tanaman hias dengan bunga yang cantik ini juga bisa mengobati eksim dan gangguan usus. Daunnya sendiri pun bisa mengatur kadar gula darah lho!

2. Lavender

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalhgtv.com

Selain baunya yang wangi, lavender pun bersifat anti-inflamasi dan antispetik. Selama berabad-abad lamanya, lavender digunakan untuk mengobati depresi, insomnia, migrain, dan kecemasan.

Dari studi yang dilakukan oleh Universitas Kagoshima Jepang tahun 2018, mencium aroma lavender terbukti bisa meredakan kecemasan karena adanya linalool, alkohol alami dalam tanaman. 

3. Lemon Thyme

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalgarden.org

Lemon thyme sering menjadi obat sakit perut pada anak. Kandungan antibiotik pada tanaman ini juga bisa digunakan sebagai obat luka. 

4. Lidah buaya

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalgyolyveyra.blogspot.com

Gel bening pada lidah buaya digunakan untuk mengobati infeksi kulit, luka, dan luka bakar. Dari laman Mayo Clinic, lidah buaya bisa mengobati iritasi usus besar dan sakit maag. 

Baca Juga: 5 Jenis Tanaman Sayur dan Buah yang Estetik Jadi Tanaman Hias di Rumah

5. Bunga matahari

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalpexels.com/Andre Furtado

Dikutip dari laman Tree Hugger, Massachusetts Medical Society Gardens menyebutkan jika teh dari daun bunga matahari bisa digunakan untuk menurunkan demam, sebagai diuretik, dan ekspektoran (penghilang riak batuk). 

6. Catnip

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalscitechdaily.com/Phil Robinson, John Innes Centre, Norwich, UK

Bukan hanya disukai oleh kucing, daun catnip ini bisa dipakai untuk meredakan sakit gigi. Dalam laman Web MD, catnip dapat dimanfaatkan sebagai obat penenang bagi manusia.

7. Mint

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalgardeningknowhow.com

Tanaman obat beraroma segar yang satu ini mempunyai berbagai macam kegunaan. Dari laman NDTV, daun mint dapat meningkatkan mood, meningkatkan kekebalan tubuh, melancarkan pernapasan, dan membuang riak batuk. 

8. Kemangi

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalbonnieplants.com

Sejak zaman Romawi Kuno, kemangi kerap digunakan untuk membuang racun, meredakan perut kembung, dan merangsang produksi ASI. Di samping itu, kemangi juga dimanfaatkan sebagai pengusir serangga lho. 

9. Tulsi

Gak Cuma Cantik, 9 Tanaman Hias ini Juga Bisa Menjadi Obat Herbalindiatvnews.com

Dijuluki "ratu tanaman obat", tulsi memang mempunyai segudang manfaat. Sebut saja anti kanker, mencegah rambut rontok, diabetes, penyakit jantung, gangguan pencernaan, dan masih banyak lagi.

Sebenarnya beberapa tanaman hias ini terbilang mudah untuk dirawat kok. Kamu bisa menanamnya di taman yang tidak membutuhkan lahan besar. Adakah tanaman yang sudah kamu miliki?

Baca Juga: 13 Tanaman Hias di Rumah Ini Beracun untuk Kucing, Mematikan!

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya