Comscore Tracker

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnya

Jangan sampai pasangan mengeluh gak bisa tidur

Terlihat berlebihan, tapi berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh the National Sleep Foundation, 90 juta orang Amerika melaporkan masalah mendengkur dan 37 juta di antaranya mengakui jika hubungannya dengan pasangan bermasalah karena hal ini.
Jika mendengkur dianggap masalah sepele, lama-kelamaan bisa mengidap sleep apnea yang merupakan kondisi serius penyebab penyakit jantung seperti tekanan darah tinggi. Sayangilah hubungan cinta dengan pasanganmu, sayangilah juga kesehatanmu. Yuk lakukan 10 cara alami hilangkan mendengkur yang dilansir dari laman Web MD ini.

1. Ganti posisi tidurmu

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyaunsplash/Toa Heftiba

Posisi tidur yang salah bisa menghambat pernapasanmu, contohnya tidur terlentang. Posisi ini akan membuat lidah dan langit-langit lunak menekan ke bagian belakang tenggorokan hingga menghambat pernapasan dan berakhir mendengkur.

Sebaiknya kamu mengganti posisi tidurnya dengan miring ke kiri atau kanan. Tidak ada salahnya untuk mempertahankan posisi ini dengan memakai Slumber Bump atau bantal tubuh yang memang dibuat khusus untuk para tukang mendengkur.

2. Hindari dehidrasi

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyapexels/Daria Shevtsova

Ketika kamu mengalami dehidrasi, mulut dan hidung akan cenderung lengket dengan sekreksi penyebab mendengkur. Karena itu, jagalah kandungan air di dalam tubuh paling sedikit 11 gelas. Tapi kamu jangan banyak minum sebelum tidur untuk menghindari bolak-balik ke kamar kecil waktu tidur.

3. Bersihkan kamar tidur dari alergen

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyahirerush.com

Alergen atau hal-hal yang membuat alergi bisa jadi pemicu mendengkur. Oleh sebab itu, bersihkan kamar sebelum tidur, hindari buku-bulu kucing atau binatang yang membuat hidungmu gatal. Sebisa mungkin hindari hewan peliharaanmu masuk di ruangan tidur ya.

4. Hindari alkohol

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyanbcnews.com

Alhokol bisa membuat kita santai, tapi tidak untuk tidurmu. Di saat otot tenggorokan terlalu santai, pertahanan alami tubuh terhadap jalan napas lemah dan menjadi pemicu mendengkur.

5. Turunkan berat badan

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyapexels/Nubia Navarro

Kelebihan berat badan terlebih “gemuk” di bagian leher atau tenggorokan bisa berkontribusi munculnya mendengkur. Lemak yang berlebih di bagian leher membuat pernapasan terhalangi, karena itu turunkan berat badan dengan olahraga guys.

Baca Juga: 6 Hal yang Menyebabkan Seseorang Mendengkur Saat Tidur

6. Senam mulut

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyasovanightguard.com

Dorong ujung lidah menuju atap mulut dan geserlah ke belakang, atau angkat bagian belakang atap mulut dan uvula (bagian berdaging di langit-langit lunak yang bergantung) sambil membunyikan vokal “A”.

Dari penelitian yang diterbitkan dalam jurnal CHEST, senam mulut terbukti dapat mengurangi dengkuran pasien sleep apnea secara signifikan.

7. Buatlah diari tidur

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyablog.lauraashley.com

Mencatat kebiasaan tidur bisa memberikan informasi tambahan tentang pemicu mendengkur. Seperti minum susu sebelum tidur yang bisa memproduksi lendir, tidak cukup tidur yang membuat otot tenggorokan longgar, dan lainnya. Pastinya dengan membuat diari tidur, kamu bisa menghilangkan satu demi satu perilaku buruk yang membuatmu mendengkur.

8. Periksa ke dokter

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyamdedge.com

Ketika mendengkur tidak berhenti dan makin memburuk setiap harinya, kamu harus memeriksakannya ke dokter. Cara ini dilakukan agar bisa menanggulangi masalah medis bisa saja lebih buruk dari yang kita kira.

9. Nyalakan air humidifier di samping tempat tidur

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyaair-innovations.com

Bila kamu merasa kamar tidur terasa hangat dan kering, hidung akan bekerja ekstra keras untuk menarik napas. Hal ini bisa meningkatkan risiko kemacetan di saluran pernapasan. Untuk menghindari hal ini, ada baiknya untuk menyalakan air humidifier di samping tempat tidur.

10. Berhenti merokok

Tidur Mendengkur? 10 Cara Ini Bisa Kurangi Intensitasnyapexels/Darius Krause

Orang yang suka merokok mempunyai potensi mendengkur lebih besar dibandingkan mereka yang tidak. Merokok dapat membuat saluran hidung dan tenggorokan alami iritasi dan menyumbat udara di pernapasan.

Imbangilah 10 hal di atas dengan melakukan pola hidup sehat. Mulailah mengonsumsi makanan bergizi, olahraga teratur, dan menata waktu tidur malam yang sama. Semoga masalah mendengkurmu segera teratasi dan bisa tidur dengan nyaman bersama pasangan tercinta.

Baca Juga: Kenali 7 Manfaat Humidifier, Ternyata Bisa Bikin Berhenti Mendengkur

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya