Comscore Tracker

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan Medis

Segera periksakan dirimu ke dokter

Lidah yang normal akan tampak merah muda dan tidak pucat. Namun, seperti organ lainnya, lidah bisa mengalami masalah. Salah satunya adalah kondisi lidah putih. 

Dilansir Cleveland Clinic, biasanya lidah putih akan menutupi sebagian atau seluruh lidah. Ini bukan kondisi menakutkan, karena biasanya bisa sembuh dalam beberapa minggu. Namun, bila masih berlanjut dalam kurun waktu yang lama dan menyebabkan masalah saat makan atau berbicara, segera periksa ke dokter.

Kenapa? Karena kondisi lidah putih seperti itu bisa jadi adalah gejala dari beberapa penyakit yang butuh penanganan medis. Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan gejala lidah putih.

1. Leukoplakia

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan MedisLeukoplakia di lidah. ccjm.org/Cleveland Clinic Journal of Medicine March 2020

Leukoplakia dapat disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel berlebih di lapisan mulut. Sel-sel tersebut akan bergabung dengan protein keratin untuk membentuk bercak putih di lidah. Hal ini sering terjadi pada seorang perokok aktif dan hobi mengonsumsi minuman beralkohol. Namun, leukoplakia bisa juga terjadi tanpa adanya alasan yang jelas.

Meskipun bukan sebuah kondisi yang sangat serius, terkadang leukoplakia bisa berubah menjadi kanker mulut. Oleh karena itu, segeralah pergi ke dokter dan periksakan kondisimu.

2. Oral lichen planus

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan MedisOral lichen planus. exodontia.info

Dilansir Healthline, oral lichen planus adalah kondisi yang menyatakan adanya masalah pada sistem kekebalan tubuh. Keadaan ini akan menyebabkan bercak putih tebal pada mulut dan lidah. Biasanya kondisi ini juga akan di timbul bersamaan dengan munculnya luka atau terasa nyeri pada pipi dan gusi.

Seperti dijelaskan di laman Mayo Clinicoral lichen planus umumnya bukan kondisi berbahaya. Namun, orang yang mengalaminya perlu pemeriksaan kesehatan secara rutin karena ada kemungkinan ia lebih berisiko terkena kanker mulut. 

Baca Juga: Mengenal COVID Tongue, Bercak di Lidah yang Jadi Gejala Baru COVID-19

3. Geographic tongue

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan MedisLidah geografis. commons.wikimedia.org/Martanopue

Geographic tongue adalah sebuah kondisi papila di lidah menghilang dan timbul bercak-bercak di permukaan lidah yang tampak seperti "pulau" merah halus. Ini bisa terjadi saat lapisan kulit lidah terkelupas, lalu tumbuh kulit lidah yang baru.

Nah, bagian lapisan atas kulit lidah yang terlalu cepat mengelupas akan jadi berwarna merah lembut. Sementara itu, bagian lain dari lidah yang belum terkelupas akan berubah warna menjadi putih.

Meskipun geographic tongue terlihat tidak berbahaya, tetapi kondisi ini bisa mengganggu kualitas hidup penderitanya. Kadang geographic tongue dapat menyebabkan rasa tidak nyaman pada lidah dan menjadi lebih sensitif terhadap makanan tertentu, seperti rempah-rempah, garam, dan permen.

4. Oral thrush

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan MedisOral thrush atau oral candidiasis. commons.wikimedia.org/James Heilman, MD

Oral thrush atau oral candidiasis adalah infeksi mulut yang disebabkan oleh jamur Candida. Biasanya ini dialami oleh pasien diabetes, orang dengan sistem kekebalan tubuh yang lemah, kekurangan zat besi atau vitamin B, serta pemakai gigi palsu.

Dilansir Medical News Today, kondisi ini dapat menyebabkan bercak berkembang di mulut dan lidah. Bercak biasanya berwarna putih dan akan sangat menyakitkan bila penderitanya sedang makan atau minum.

5. Sifilis

Lidah Putih, Gejala Awal 5 Penyakit yang Butuh Penanganan MedisIlustrasi lidah putih pada pasien sifilis. panafrican-med-journal.com/Andreia de Oliveira Alves, Fred Bernardes Filho, 2018

Menurut keterangan dari American Dental Association, pada tahap pertama infeksi, sifilis mungkin muncul sebagai luka, disebut sebagai chancres, yang bisa muncul di bibir, ujung lidah, gusi, atau belakang mulut dekat amandel.

Biasanya kondisi tersebut dimulai dengan bercak merah kecil atau tumbuh jadi luka yang terbuka yang lebih besar, bisa berwarna merah, kuning, atau abu-abu. Ini sangat menular dan sering kali menyakitkan. Bila tidak diobati, luka bisa hilang, tetapi penderitanya tetap memiliki sifilis dan dapat menularkannya ke orang lain.

Sifilis adalah infeksi bakteri yang sebetulnya sangat bisa diobati pada tahap awal. Dokter gigi bisa melakukan biopsi untuk memastikan diagnosis. Bila positif, pasien akan dirujuk ke dokter perawatan primer untuk pengujian dan perawatan lebih lanjut. Sifilis yang tidak diobati dapat menyebabkan kerusakan jangka panjang pada jantung dan otak.

Bila kamu mengalami lidah putih, baiknya periksakan diri ke dokter. Walaupun umumnya tidak berbahaya, tetapi bercak putih di lidah atau bercak lainnya yang tak biasa bisa menandakan adanya penyakit yang butuh perawatan medis. Jadi, cek ke dokter untuk memastikan penyebabnya dan mendapat penanganan yang tepat, ya. 

Baca Juga: Mirip dengan Sariawan, Ini 7 Gejala Kanker Lidah yang Perlu Diwaspadai

Ruth Cikita Photo Verified Writer Ruth Cikita

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya