Comscore Tracker

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tua

Jangan keburu panik dan tenangkan diri ya moms!

Semakin dekat kehamilan dengan hari kelahiran maka semakin banyak pula keluhan yang terjadi pada ibu hamil. Oleh sebab itu para suami siaga dan orang terdekat harus pandai menenangkan dan mengatasi suasana hati para ibu hamil.

Contoh sederhana yang bisa dilakukan adalah dengan cara mengetahui tips menangani kondisi sesak napas yang sering terjadi pada kehamilan tua.

Yuk, langsung simak dan catat ulasannya di bawah ini!

1. Perhatikan posisi tubuh dengan benar

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tuaunsplash.com/@dexswaggerboy

Bila merasa sesak dan susah bernapas posisi yang paling tepat adalah dengan berdiri atau duduk tegak guna memberi ruang lebih pada paru-paru untuk bisa mengembang dan menghirup lebih banyak udara, moms. Lakukan posisi ini sambil memastikan keadaan tubuh rileks agar sistem pernapasan menjadi lebih lancar.

2. Ketahui posisi yang nyaman

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tuaunsplash.com/@alekonpictures

Setelah mencoba posisi yang benar kini waktunya untuk mengetahui mana posisi yang nyaman untuk diterapkan. Para bumil harus bisa menyesuaikan posisi ternyamannya karena setiap orang umumnya punya caranya masing-masing. Selain duduk dan berdiri bumil bisa juga melakukan gerakan yoga sederhana untuk melancarkan pernapasan.

3. Tetap tenang dan jangan panik

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tuaunsplash.com/@jonathanborba

Respon panik akan membuat otot-otot tubuh semakin menegang yang otomatis berimbas pada pernapasan yang kian tidak tertatur. Dalam kasus ini ibu hamil bisa menghirup aromaterapi sambil menenangkan diri. Atau juga bisa dengan selalu didampingi orang lain yang akan menenangkannya.

Baca Juga: 5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhir

4. Gunakan pengganjal saat tidur

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tuaunsplash.com/@petekasprzyk

Ambil guling atau bantal untuk menahan bagian atas tubuh agar tidak menekan ruang di paru-paru untuk bernapas. Posisikan bagian kepala hingga punggung jauh lebih tinggi lalu ganjal bagian punggung dan kaki agar tetap nyaman.

5. Perbanyak ruang untuk bernapas

5 Tips Atasi Kondisi Sesak Napas yang Sering Terjadi Saat Hamil Tuaunsplash.com/@svalenas

Memperbanyak ruang untuk bernapas dapat dilakukan dengan cara melakukan gerakan sederhana seperti, merentangkan tangan lalu angkat ke arah tepat di atas kepala sambil menarik napas, kemudian perlahan turunkan tangan sambil mengembuskan napas perlahan-lahan. Gerakan ini bisa dilakukan minimal 3 kali untuk merangsang pernapasan yang stabil.

Ada banyak tips yang perlu diketahui ibu hamil selagi menjalani masa yang istimewa ini. Jika ada yang kurang cocok sebaiknya jangan dipaksakan sebab setiap ibu hamil punya acara mengatasi yang berbeda-beda.

Baca Juga: 5 Pose Yoga untuk Meredakan Asma, Gak Sesak Napas Lagi

SA D Photo Verified Writer SA D

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya