Comscore Tracker

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhir

Dari perubahan hormon, berat badan hingga kondisi rahim

Setiap trimester kehamilan memiliki keunikannya masing-masing. Mengingat hal ini ibu hamil pun harus bijak dalam bersikap agar tidak mengganggu kesehatan sang buah hati dalam kandungan.

Di momen kehamilan yang siap melahirkan ibu hamil biasanya akan merasa napasnya terasa pendek. Keadaan ini terjadi selama trimester akhir dengan waktu yang berbeda tergantung masing-masing orang.

Selain sambil belajar mengatur pernapasan dengan benar, para ibu hamil juga harus tahu apa alasan keadaan ini terjadi, berikut ini penjelasan lengkapnya!

1. Pertumbuhan uterus

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhirnct.org.uk

Pertumbuhan uterus atau rahim di masa kehamilan trimester akhir membuat ruang paru-paru menyempit. Pertumbuhan ini terus membesar dan kian menekan diagfragma sehingga ibu hamil akan sulit untuk bernapas dengan normal.

2. Berat badan ibu hamil

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhirmotherandbaby.co.uk

Melewati masa kehamilan selama 9 bulan membuat ibu banyak menanggung beban dalam satu waktu, termasuk berat badannya yang jadi berlipat ganda. Keadaan ini juga yang membuat napas terasa pendek atau sesak.

Namun ibu hamil bisa mengatasinya dengan mengurangi kegiatan yang melelahkan atau menggunakan kursi roda agar lebih nyaman.

Baca Juga: Sederhana, Ini 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Bagi Para Ibu Hamil

3. Terjadi perubahan hormon

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhirmotherandbaby.co.uk

Selain karena perkembangan rahim dan berat badan, hormon tubuh yang berubah selama hamil pun dapat memengaruhi cara kerja paru-paru. Kehamilan akan memengaruhi keadaan jantung dan paru paru yang akan merujuk pada perubahan cara bernapas.

4. Terlalu banyak berolahraga

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhirpregnancy.lovetoknow.com

Menjaga kesehatan tubuh dengan rajin berolahraga sekalipun dalam masa kehamilan bukan sesuatu yang salah. Namun yang harus diperhatikan adalah apa jenis olahraga dan durasinya, melakukan olahraga yang terlalu berat dan lama bisa mengganggu kesehatan, khususnya sistem pernapasan.

5. Mengandung anak kembar

5 Alasan Napas Terasa Pendek Saat Kehamilan di Trimester Terakhirunsplash.com/@chrishcush

Kabar bahagia bagi calon ibu yang belum mengetahui fakta ini, mudah sesak atau napas yang terasa pendek saat kehamilan bisa menandakan anak yang dikandung adalah kembar. Ini dapat terjadi karena anak kembar mengambil ruang lebih banyak dari pada janin tunggal.

Dengan mengetahui penyebab dan alasannya kini ibu gak perlu khawatir lagi tentang keluhan napas terasa pendek yang dialami. Tetapi jika ada sesuatu yang dirasa tidak wajar maka jangan lupa untuk berkonsultasi kepada dokter.

Baca Juga: 5 Cara Aman Menggunakan Skincare dan Makeup untuk Ibu Hamil

SA Photo Community Writer SA

Just do it

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You