Comscore Tracker

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorder

Tidak ada kesehatan tanpa kesehatan mental

Episode manik pada bipolar disorder atau yang dikenal dengan mania adalah kondisi umum yang terjadi pada penderitanya. Situasi tersebut melibatkan fluktuatif dalam berpikir, suasana hati, dan perilaku. Sebab, bipolar disorder merupakan gangguan yang berkaitan dengan otak dan menyebabkan penderitanya mengalami episode tertinggi dan terendah yang ekstrim.

Jika mengalami gangguan bipolar, memungkinkan seseorang merasakan episode depresi dan manik. Kondisi ini merupakan hal serius yang memengaruhi 1 persen dari populasi manusia dan dibutuhkan pengobatan jangka panjang. 

Apabila seseorang mengalami episode manik, ada beberapa cara sederhana untuk mengatasi hal tersebut. Berikut beberapa treatment yang dapat dilakukan ketika muncul episode manik pada bipolar disorder.

1. Segera mungkin hubungi tim profesional atau tim kesehatan 

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi wanita sedang konseling (istockphoto.com/SDI Productions)

Hal penting pertama yang bisa dilakukan adalah menghubungi layanan penyedia kesehatan mental. Misalnya seperti psikiater, pekerja sosial, ataupun profesional kesehatan mental lainnya. Hubungi sesegera mungkin untuk mendiskusikan gejala yang kamu rasakan.

Jika ada orang terdekat yang mengetahui kondisi yang dialami tersebut, hubungi juga mereka. Mengingat bahwa gangguan bipolar adalah gangguan serius, ahli peneliti menekankan pentingnya pengobatan.

2. Identifikasi obat yang bisa membantu 

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi pasien mengonsumsi obat (pexels.com/JESHOOTS.com)

Penyedia layanan kesehatan biasanya mengobati episode manik dengan obat yang dikenal sebagai obat antiseptik. Obat ini sangat membantu gejala manik dengan lebih cepat, daripada obat penstabil suasana hati.

Namun, pengobatan dengan tujuan menstabilkan suasana hati juga membantu untuk mencegah episode manik di masa yang akan datang. Sebab pada episode manik, seseorang bisa berperilaku berbeda dari perilaku normal ketika dirinya sedang stabil. 

Ada beberapa pasien yang mendapati dirinya memiliki energi lebih dari biasanya ketika episode manik. Jadi, sangat penting untuk konsumsi obat-obatan dari penyedia layanan kesehatan, ya.

3. Hindari pemicunya yang bisa memperburuk episode manik

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi pria depresi dengan segelas alkohol (istockphoto.com/Prostock-Studio)

Hindari pemicu kambuh agar tidak memperburuk keadaan. Contohnya seperti mengonsumsi alkohol, obat-obatan terlarang, dan pergantian obat resep yang dapat mengubah suasanan hati. Karena ini sangat memengaruhi kemampuan untuk pulih pada saat mengalami episode manik. 

Tentu hal ini tak semata-mata dapat langsung menyembuhkan penderita bipolar disorder. Namun, pencegahan tersebut dapat membantu seorang penderitanya untuk tetap stabil ketika keadaan sedang tidak seimbang, terutama ketika episode manik. 

4. Pertahankan jadwal makan dan tidur yang teratur

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi wanita sedang tidur lelap (istockphoto.com/puhhha)

Pada laman laporan kesehatan mental dunia World Health Organization (WHO), dirancang untuk menginspirasi dan menginformasikan kesehatan mental yang lebih baik untuk semua. 

Salah satunya melalui gaya hidup yang lebih sehat. Oleh sebab itu, pertahankan jadwal makan dan tidur, serta mengikuti diet sehat. Hindari kafein dan kurangi makanan manis karena dapat memengaruhi suasana hati. Tidur yang cukup juga membantu mengurangi keparahan pada episode manik dan depresi. 

Baca Juga: Mengenali Bipolar Disorder, Perubahan Mood Ekstrem yang Berkepanjangan

5. Perhatikan dan batasi pengeluaran keuangan

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi wanita sedang belanja online menggunakan kartu kredit (istockphoto.com/stefanamer)

Banyak yang kurang sadar situasi ini bahwa menghabiskan banyak uang merupakan salah satu gejala utama manik atau mania. Kamu bisa mengatasi hal ini dengan mengatur pengeluaran keuangan.

Coba hindari akses yang mudah untuk menghabiskan uang. Seperti menyimpan uang cash secukupnya di rumah untuk kebutuhan sehari-hari atau unistall sejenak akun e-commerce yang dimilik. Serta hindari akses penggunaan kredit karena ini bisa menjadi 'saluran' bagi pemborosan.

6. Siapkan pengingat harian

6 Cara Atasi Episode Manik pada Bipolar Disorderilustrasi wanita sedang mengatur jadwal pada ponselnya (istockphoto.com/staticnak1983)

Cara yang terakhir yang bisa kamu lakukan, siapkanlah pengingat harian. Contohnya seperti pengingat untuk minum obat dan mengatur jadwal tidur yang teratur. Buat notifikasi pada handphone atau perangkat komputer untuk membantu menjaga jadwal.

Sembuh dari episode manik pada bipolar disorder bisa dilakukan oleh setiap orang. Jangan abaikan gejala ini, ya. Jika kamu membutuhkan bantuan, segera hubungi dokter, psikolog, psikiater, atau orang terdekat. Jangan takut untuk bersuara, kamu berharga.

Baca Juga: Hal-hal yang Saya Alami Sebagai Survivor BPD dan Bipolar Disorder

Salma Wati Photo Verified Writer Salma Wati

Let it flow in its own time

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya