Comscore Tracker

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubang

Kunyah permen karet memangnya bisa?

Masalah gigi berlubang banyak dialami tak hanya oleh anak-anak namun orang dewasa. Penyebabnya bisa beragam mulai dari kebiasaan makan sampai kurangnya perawatan gigi. Mengatasi masalah gigi berlubang ini penting dilakukan agar tidak timbul rasa sakit serta mengganggu penampilan.

Selain pergi ke dokter gigi, ada beberapa cara alami yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah gigi berlubang. Berikut ini 5 cara sederhana dan alami untuk mencegah gigi berlubang:

1. Mengubah kebiasaan makan

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubangdailymail.co.uk

Menurut studi yang diterbitkan melalui The British Medical Journal, disarankan bahwa mengubah pola maka bisa mengubah kerusakan gigi. Konsumsi makanan yang kaya akan gula dapat memperburuk kerusakan gigi dan makanan asam juga dapat menghalangi penyerapan kalsium. Jadi jenis makanan tersebut perlu dihindari.

Kebiasaan makan yang perlu ditambahkan yaitu makan makanan yang mengandung kalsium. Contoh makanan yang kaya kalsium misalnya susu, yogurt, dan keju. Selain itu minum minuman yang tidak manis, hindari minuman bersoda, jus manis, dan sirup. Lebih baik minum air putih, smoothies buah, dan teh tanpa gula.

2. Mengunyah permen karet sugarless

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubanglafayettedentistchauvin.com

Permen karet biasa memang bisa memperparah kerusakan gigi, namun ternyata mengunyah permen karet sugarless atau tanpa gula dapat membantu untuk mencegah gigi berlubang. Permen karet sugarless mengandung bahan xylitol yang merupakan pemanis alami. Tidak seperti makanan, xylitol tidak akan memicu tumbuhnya bakteri dalam mulut. Selain itu saat mengunyah maka mulut akan penuh dengan air liur yang dapat secara alami membersihkan sisa makanan.

3. Mengganti sikat gigi dengan teratur

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubangaskthedentist.com

Sikat gigi yang digunakan untuk membersihkan gigi juga harus bersih dan terawat. Jadi perlu untuk segera mengganti sikat gigi yang sudah sering dipakai. Penting juga untuk memilih sikat gigi yang tepat. Sikat gigi yang dianjurkan yaitu yang memiliki ukuran sikat kecil sampai sedang. Penyimpanan sikat gigi harus diperhatikan, tidak perlu untuk menutupnya. Biarkan sikat gigi tersebut di udara terbuka namun jangan menempatkannya di dekat toilet.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi yang Berhubungan dengan Gigi, Ada Tanda Kamu Frustasi

4. Merawat gigi dengan rutin

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubangdailymail.co.uk

Mencegah kerusakan gigi dapat dilakukan dengan rutin melakukan perawatan gigi sehari-hari. Perawatan gigi yang dianjurkan yaitu menggosok gigi selama dua menit setidaknya dua kali dalam sehari. Bersihkan kotoran atau sisa makanan yang menyangkut di gigi. Gunakan juga pembersih mulut yang memiliki efek antibakteri.

5. Menambahkan suplemen dan vitamin pada menu makanan

Coba Ini, 5 Cara Sederhana dan Alami untuk Mencegah Gigi Berlubangwww.circle-cafe.com

Menjaga kekuatan gigi juga dapat dilakukan dari dalam seperti mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin baik untuk gigi. Selain itu mengonsumsi makanan yang kaya akan serat juga bisa meningkatkan air liur. Jenis makanan yang dianjurkan yaitu gandum utuh dan makanan laut. Gandum utuh mengandung banyak vitamin B dan zat besi. Sedangkan makanan laut seperti salmon dan tuna mengandung banyak vitamin D.

Baca Juga: 5 Arti Mimpi yang Berhubungan dengan Gigi, Ada Tanda Kamu Frustasi

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You