Comscore Tracker

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Stroke

Jangan tidur kelamaan, ya!

Tidur sangat penting bagi kesehatan karena tubuh manusia membutuhkan istirahat. Namun, waktu tidur yang terlalu sedikit atau lama sama-sama memiliki dampak yang kurang baik bagi tubuh. Salah satu riset terbaru menyebutkan bahwa tidur terlalu lama yaitu lebih dari 9 jam per malam bisa meningkatkan risiko penyakit stroke.

1. Riset dari 30 ribu orang

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Strokebu.edu

Riset yang dipublikasikan pada jurnal Neurology melibatkan 30 ribu orang dengan usia rata-rata 62 tahun. Peneliti menemukan bahwa orang yang tidur 9 jam atau lebih per malamnya, berisiko menderita stroke 23 persen lebih tinggi daripada yang tidur kurang dari 9 jam.

2. Tidur siang terlalu lama juga berbahaya

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Strokedw.com

Tidur siang sebenarnya memiliki manfaat baik bagi kesehatan. Namun, lama waktunya harus diperhatikan. Orang yang tidur pada siang hari lebih dari 90 menit, 25 persen akan berisiko menderita stroke daripada orang yang tidur siang kurang dari 1 jam atau tidak sama sekali.

Penelitian ini dilakukan pada partisipan yang tidak memiliki sejarah stroke atau masalah kesehatan lainnya saat memulai riset.

3. Waktu tidur yang normal

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Strokethehealthy.com

Menurut riset dari National Sleep Foundation, waktu tidur 7 sampai 9 jam menyehatkan bagi kebanyakan orang dewasa antara 18 sampai 64 tahun. Beberapa mengatakan bahwa mendekati 7 akan lebih baik. Tidur selama rata-rata 7 jam per hari disebut-sebut bisa membuat otak lebih sehat dan hidup lebih panjang.

4. Risiko kesehatan jika tidur terlalu lama

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko Strokecaba.org.uk

Selain meningkatnya risiko penyakit stroke, tidur terlalu lama setiap harinya juga meningkatkan beberapa risiko penyakit lain, baik fisik maupun mental. Beberapa penyakit yang risikonya meningkat karena tidur terlalu lama, antara lain depresi, ketidaksuburan, obesitas, diabetes, penyakit jantung, stroke, dan gangguan kognitif.

5. Jaga waktu tidur agar tetap konsisten dan teratur

Hati-Hati, Tidur Lebih dari 9 Jam Bisa Meningkatkan Risiko StrokeUnsplash/Rex Pickar

Tidur yang seharusnya menyehatkan jangan sampai berubah menjadi bahaya bagi kesehatan. Jaga agar waktu tidur tidak terlalu lama dan juga tidak terlalu sebentar.

Pada malam hari, siapkan diri untuk bisa tidur nyenyak dan bisa segera bangun keesokan paginya. Tak peduli itu hari kerja atau hari libur, jangan sampai tidur lebih dari 9 jam jika tak mau berpenyakit saat tua nanti, ya!

Baca Juga: Jam Tidur Tidak Teratur? Yuk, Kenali Kebutuhan Tidur Berdasarkan Usia

Senja Nilasari Photo Verified Writer Senja Nilasari

freelance writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya