Comscore Tracker

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadi

Suka bikin uring-uringan juga, deh!

Menjadi lebih sering mengalami gangguan memori jangka pendek seperti lupa meletakkan kunci, sulit menyelesaikan rutinitas, dan sebagainya? Hmmm... dilansir dari berbagai sumber, bisa jadi tujuh hal ini adalah 'penjahat' di balik isu ini.

1. Kurang bergerak

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadifittalk.com.au

Aliran darah yang lancar dan baik akan membuat otakmu tetap 'muda'. Untuk itu, Daniel G. Amen MD menyarankanmu untuk rutin berolahraga dan aktif bergerak sehingga aliran darah tetap lancar dan kualitas memorimu jadi lebih baik.

Lakukan olahraga setiap hari meski tidak harus dengan intensitas yang tinggi. Seperti misal, sisihkan waktu untuk berlari sejauh mil setiap hari dibandingkan 10 mil tetapi hanya satu kali dalam seminggu.

2. Kondisi kesehatan mental

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadieatingdisorderhope.com

Orang cenderung tidak menyadari bahwa dirinya sedang depresi. Berita yang lebih buruknya, depresi juga akan merusak otak dan memori seperti yang disampaikan dr. Amen.

Karena itu, benar-benar memperhatikan dan menyadari kondisi kesehatan mental sendiri sangat perlu dilakukan. Bila kamu mengalami stres kronis, gangguan kecemasan, maupun depresi, jangan ragu untuk segera mencari bantuan dari pihak profesional.

3. Kurang tidur

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadimygreenmattress.com

Dr. Amen mengatakan bahwa saat tidurmu kurang dari 7 jam setiap malamnya, sesungguhnya kamu sedang membahayakan diri sendiri. Pada malam hari, otak melakukan 'pembersihan diri' sehingga memori pun dapat terjaga dengan baik. Kalau setiap malam kamu justru memaksa otak untuk bekerja lebih aktif dari biasanya, tak heran bila kamu jadi mudah lupa.

Baca Juga: 7 Cara Menarik untuk Mengasah Memori Kita, Bisa Dilakukan Semua Orang!

4. Hipotiroidisme

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadiaia.com.my

Kelenjar tiroid yang bekerja dengan kurang aktif, maka segala fungsi tubuh pun jadi ikut menurun. Sistem pencernaanmu jadi kacau sehingga kamu mengalami konstipasi, pertumbuhan sel jadi lebih lambat sehingga rambut jadi lebih banyak yang rontok, hingga ingatanmu jadi ikut terganggu sehingga lebih sering lupa. 

5. Diet yang buruk

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadismartsmile.ca

Inflamasi tak memberikan benefit apa pun baik bagi fisik maupun otakmu. Dr. Amen mengatakan bahwa semakin tinggi peradangan yang terjadi di dalam tubuh, semakin buruk pula dampaknya pada memorimu.

Untuk itu, menghindari makanan yang dapat memicu peradangan seperti tinggi gula maupun junk food adalah cara yang tepat. Selain itu, kamu juga bisa mencoba diet Mediterania dan memperbanyak konsumsi minyak ikan dan probiotik.

6. Penyalahgunaan zat

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadiwbur.org

Bagaimanapun, bahan-bahan yang termasuk dalam narkotika dan obat-obatan terlarang tidak sebaiknya dipergunakan dengan semena-mena. Ganja misalnya, memiliki sifat destruktif pada ingatan. Pun demikian dengan alkohol yang akan membuat otakmu jadi lebih 'tua' dari semestinya.

7. Penyakit lyme

7 Penyebab Ingatan Jangka Pendekmu Memburuk, Sudah Umum Terjadithehealthy.com

Menurut Centers for Disease Control and Prevention, penyakit ini disebabkan oleh bakteri genus Borreliaa sip dan ditransmisikan melalui gigitan kutu. Lyme menyebabkan beberapa gejala seperti demam, sakit kepala, dan kelelahan. Kondisi yang telah berlangsung selama beberapa bulan kemudian akan berdampak pada gangguan memori jangka pendek.

Selain tujuh hal di atas, konsumsi beberapa jenis obat juga bisa menyebabkan gangguan pada memori jangka pendekmu. Sementara itu pada orang berusia lanjut, demensia bisa jadi penyebabnya. Berkonsultasilah pada dokter bila kamu mulai mengalami gejala yang tak biasa untuk menghindari risiko lebih besar.

Baca Juga: Tenang, 7 Masalah Memori Ini Justru Jadi Indikasi Fisikmu Masih Sehat

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You