Comscore Tracker

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Yuk, cari sumber utama masalahnya!

Jerawat adalah masalah kulit yang sangat lumrah terjadi, baik pada laki-laki maupun perempuan. Kondisi ini pun sangat normal terjadi pada mereka yang masih berusia remaja.

Karena itu, banyak yang menunggu momen saat mereka akhirnya mencapai usia yang cukup 'dewasa' dengan harapan bahwa jerawat pada masa puber tak lagi muncul. Sayangnya, usia pun tak selalu menjamin wajah mulus dari jerawat. 

Kalau kamu termasuk dalam kelompok yang masih juga berurusan dengan jerawat di usia dewasa dan merasa sebal karenanya, coba identifikasi dengan tepat penyebab jerawat. Bisa jadi, satu dari delapan kemungkinan ini penyebabnya.

1. Stres

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyathriveglobal.com

Walau terdengar klise, nyatanya stres memang sering jadi faktor penyebab berbagai gangguan kesehatan maupun kecantikan termasuk munculnya jerawat. 'Pelakunya' tidak lain adalah hormon kortisol yang mengalami peningkatan sekresi saat kamu mengalami stres kronis.

Dermatolog dr. Neal Schultz menjelaskan bahwa saat kamu stres, kelenjar adrenal akan melepaskan hormon kortisol. Riset juga menunjukkan bahwa produksi tersebut terjadi di folikel rambut dan di berbagai jenis sel-sel kulit. 

2. Menggunakan produk yang tidak tepat

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyanbcnews.com

Memahami jenis dan kondisi kulit sendiri adalah hal dasar yang harus kamu miliki. Hal ini akan berpengaruh terhadap bagaimana caramu merawat kulit, termasuk dalam memilih produk yang akan digunakan.

Seperti yang disampaikan dr. Shcultz, jika kamu memiliki jenis kulit berminyak atau kombinasi dan sangat rentan terhadap breakout,  produk yang 'oil-free', 'noncomedogenic', atau 'water-based' adalah produk yang dapat kamu pilih. Produk-produk tersebut memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menutup pori-porimu sehingga risiko jerawat juga berkurang.

3. Polusi

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyamedicalnewstoday.com

dr. Schultz mengatakan bahwa polusi udara seperti menambahkan lapisan yang tak sehat pada wajahmu. Hal ini pun akan lebih berisiko dialami jika kamu tinggal di kota-kota besar dengan tingkat polusi udara yang relatif lebih tinggi.

Paparan sinar UV meningkatkan risiko kanker kulit dan penuaan dini seperti bintik hitam dan garis-garis halus. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat menyebabkan jerawat karena membuat kulit kering. Kulit yang kering pun akan memproduksi lebih banyak minyak sebagai kompensasinya. 

4. Fluktuasi hormon

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyapopsugar.com.au

Disampaikan oleh dermatolog dr. Julia Tzu, fluktuasi hormon seperti pada siklus menstruasi berperan dalam munculnya jerawat, terutama karena produksi progesteron. Selain itu, hormon androgen seperti testosteron yang meningkat juga akan meningkatkan produksi sebum sehingga baik laki-laki maupun perempuan pun dapat mengalami kondisi berjerawat bahkan di usia dewasa sekalipun.

Bagaimanapun, fluktuasi hormon terjadi secara normal pada waktu-waktu tertentu. Adapun menurut the American Academy of Dermatology (AAD), periode yang rentan menjadi momen munculnya jerawat karena pengaruh hormon adalah:

Menjelang masa menstruasi;

Saat atau setelah kehamilan;

Saat perimenopause dan menopause;

Saat mulai atau berhenti menggunakan pil KB hormonal.

Baca Juga: 7 Lokasi Jerawat di Luar Wajah Ini Bisa Jadi Tanda Kondisi Kesehatanmu

5. Genetis

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyaverywellfamily.com

Coba perhatikan lagi lingkungan keluargamu. Jika ada saudara atau kerabat dekat yang masih berjibaku dengan jerawat saat dewasa dan kamu juga mengalaminya, faktor genetis bisa jadi alasan di balik kondisi ini.

Kamu pun tentunya tak dapat mengubah 'takdir' yang satu ini. Namun paling tidak, kamu tetap bisa mengatasinya dengan lebih bijak dalam memilih perawatan dan produk skin care yang sesuai dengan kondisi kulit.

6. Makanan

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyavolusonclub.net

Bagi beberapa orang, beberapa jenis makanan boleh jadi pemicu munculnya jerawat. Ingat, kondisi ini tidak berlaku bagi semua orang. Boleh jadi, beberapa orang tidak dapat mengonsumsi kafein atau makanan berlemak jenuh dalam batas tertentu bila tak ingin muncul jerawat, tetapi tidak berlaku untukmu--dan sebaliknya.

Karena itu, lagi-lagi, kamu harus benar-benar memperhatikan kondisi kulit sendiri. Bila diperlukan, kamu bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapat panduan yang lebih tepat tentang pilihan diet untuk mengatasi masalah kulit yang dialami.

7. Membersihkan terlalu sering atau intens

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyaallure.com

Menurut dermatolog dr. Rebecca Kazin, terlalu sering membersihkan wajah akan membuat jerawat justru semakin parah. Normalnya, mencuci wajah cukup dilakukan dua kali sehari meski untuk kulit kering atau sensitif dapat dilakukan sekali saja. Terlalu sering mencuci wajah akan membuat kulit jadi kering dan justru memicu produksi minyak lebih banyak sebagai kompensasinya.

Pun demikian dengan exfoliating yang terlalu sering. Umumnya, para ahli menyarankan untuk tidak melakukannya lebih dari tiga kali dalam seminggu.

Bahkan untuk kulit yang kering atau sensitif, seminggu sekali juga sangat cukup. Jangan lupa, pemilihan produk exfoliating pun juga penting untuk diperhatikan dengan mempertimbangkan bahan yang terkandung.

8 Kondisi kesehatan tertentu

Sudah Dewasa Masih Jerawatan? 8 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnyarmob.coloradowomenshealth.com

Pada beberapa kasus, jerawat pada orang dewasa juga bisa menjadi gejala kondisi kesehatan tertentu. Seperti contoh, salah satu yang paling umum adalah PCOS (Polycystic Ovary Syndrome) yang membuat penderitanya mengalami menstruasi secara tidak rutin, berat badan bertambah, dan memiliki rambut-rambut halus pada area wajah.

Selain itu, Mayo Clinic juga menyatakan bahwa obat-obatan tertentu juga dapat memberi efek samping berupa munculnya jerawat. Kalau kamu sedang melakukan perawatan atau pengobatan tertentu dan menemukan jerawat bermunculan saat menjalaninya, konsultasikanlah pada dokter.

Kunci paling tepat untuk menghindari dan mengatasi masalah penyebab jerawat ini adalah dengan memahami betul kondisi tubuhmu sendiri.

Dengan tahu akar permasalahannya, kamu pun tak lagi harus membuang terlalu banyak waktu, energi, dan tenaga untuk mencoba-coba berbagai perawatan dan produk yang digunakan.

Baca Juga: 10 Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami dan Aman

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya