Comscore Tracker

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Dulu

Karena 'merasa' saja tidak cukup

Memiliki sugesti bahwa diri sendiri berada dalam kondisi sehat adalah hal yang bagus. Namun, tak selamanya sugesti itu cukup. 

Kamu juga perlu betul-betul mengecek kesehatan diri sendiri sehingga kesehatanmu memang benar adanya alias bukan hanya sekadar 'rasanya' apalagi hanya denial. Paling tidak, coba amati apakah kamu mengalami gejala halus yang dapat menjadi indikasi bahwa sebenarnya ada yang tidak baik-baik saja dalam tubuhmu seperti berikut.

1. Selalu merasa lelah

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/goldcircuits

Tak peduli seberapa banyak kamu sudah beristirahat (tidur) dalam sehari secara rutin, tetapi bila kamu masih saja merasa lelah ada baiknya untuk memeriksakan kesehatan. Menurut  seorang dokter naturpotati, dr. Jason Marr, kelelahan kerap menjadi gejala berbagai masalah kesehatan yang saling berhubungan.

2. Sakit kepala terus-menerus

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/tjump

Wajar bila sesekali kamu mengalami sakit kepala. Penyebabnya mungkin karena stres, kurang tidur, dan lain-lain. Namun jika kondisi ini justru terjadi terus-menerus, saatnya kamu menemui dokter.

Selain mengganggu produktivitas, bukan tak mungkin kondisi kesehatan serius yang menjadi penyebab sakit kepalamu akan terlambat ditangani dan berdampak serius karena terlalu lama diabaikan.

3. Gairah seks menurun

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/pablomerchanm

Karena sangat dipengaruhi oleh hormon, normal jika ada masanya kamu merasa tak bergairah untuk bercinta. Hanya saja, keadaan seperti ini yang berlangsung lama menyiratkan ada sesuatu yang tak ideal. Adapun beberapa penyebab paling umumnya antara lain ketidakseimbangan hormon, depresi, atau tekanan darah tinggi.

4. Mendengkur

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/johnfo

Terlihat biasa saja dan sangat dapat dimaklumi, ya? Sayangnya, mendengkur juga bisa jadi tanda ada isu kesehatan serius yang terjadi pada tubuh. Bisa jadi, mendengkur yang terlalu keras dan sering membuat napas berhenti di tengah-tengahnya merupakan gejala kamu mengalami sleep apnea.

5. Sulit tidur

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/all_who_wander

Menurut dr. Marr, insomnia adalah salah gangguan tidak teridentifikasi yang menandakan adanya kesehatan yang kurang optimal. Penyebab insomnia pun macam-macam, baik karena isu fisik maupun mental. 

Baca Juga: 7 Penyebab Pusing, Jangan Meremehkan Tanda Kesehatan yang Satu Ini

6. Napas bau

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/freshconnection

Hal ini sama sekali berbeda dengan saat kamu baru selesai makan makanan dengan bumbu yang kuat seperti bawang putih, pete, durian, dan sebagainya, ya. Kalau setelah menyikat, flossing, dan berkumur napasmu masih saja beraroma tak sedap (apalagi berlangsung dalam waktu yang panjang), periksakan ke dokter gigi atau dokter.

7. Kuku berubah warna

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/daiga_ellaby

Normalnya, kuku sehat berwarna merah mudah. Jadi kalau kukumu menunjukkan perubahan warna (tentu bukan karena dilapisi oleh kuteks atau pewarna lainnya), ada baiknya kamu berkonsultasi ke dokter. Menurut Canadian Dermatology Association, perubahan warna pada kuku boleh jadi gelaja adanya jamur hingga lymphedema.

8. Turun berat badan

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/brookecagle

Kalau merasa tak ada yang berubah dari diet maupun pola hidupmu tetapi berat badan justru berkurang, jangan terburu merasa bahagia. Kehilangan berat badan tanpa ada alasan yang jelas boleh jadi merupakan indikasi gangguan kesehatan serius mulai dari kekurangan nutrisi, depresi, kanker, hingga HIV/AIDS.

9. Kenaikan berat badan

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash.com/siora18

Pun berat badan yang bertambah tanpa alasan yang jelas juga menjadi hal yang perlu kamu waspadai. Penyebabnya tak kalah bervariasi, seperti tiroid yang kurang aktif, PCOS, dan lain-lain.

10. Rambut rontok

10 Tanda Kamu Tidak Sesehat yang Kamu Kira, Jangan Kelewat Pede Duluunsplash/nickkarcvounis

Kehilangan 100 helai rambut dalam sehari adalah kondisi yang wajar. Namun kalau rambut rontokmu sudah terlalu banyak, berdiskusilah dengan tenaga profesional. Kerontokan rambut yang signifikan boleh jadi gejala hipertiroid atau kekurangan nutrisi penting.

Tidak ada yang lebih baik dalam mengenali tubuhmu selain dirimu sendiri. Kamu pun tentu dapat merasakan ada yang tak beres sekecil apa pun gejala yang ditunjukkan oleh tubuhmu. Karena itu, agar tak sampai terlambat, selalu dengarkan dan perhatikan apa yang coba tubuhmu sampaikan sedini mungkin.

Baca Juga: Waspada, 7 Tanda Sepele Ini Gejala Ginjalmu Gak Bekerja dengan Baik!

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya