Comscore Tracker

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!

Bukan cuma soal penampilan, tapi juga kesehatan

Selama beberapa tahun terakhir, rambut halus pada bagian wajah pria menjadi tren dan daya tarik tersendiri. Terutama cambang dan jenggot, dua bagian spesifik ini bahkan merupakan sex appeal tersendiri di kalangan wanita.

Namun ternyata, jenggot bisa menceritakan banyak hal tentang diri seorang pria, salah satunya kondisi kesehatan. Bagaimana caranya? Berikut ini ulasannya!

1. Jenggot mengindikasikan kesehatan

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/pipporuffini

Bicara soal jenggot, kamu mungkin sudah pernah mendengar bahwa rambut halus yang tumbuh di sekitar dagu ini dapat menunjukkan kepribadianmu. Namun, sudahkah kamu tahu bahwa jenggot rupanya juga dapat memperlihatkan kondisi kesehatan yang sedang dialami?

Mulai dari jenggot yang susah untuk tumbuh hingga yang sangat lebat, semua ada maknanya tersendiri. Dermatologis Joel Schlessinger MDdan editor nutrisi Paul Salter RD menjelaskannya dalam poin-poin berikut ini.

2. Jenggot yang tak pernah bisa tumbuh

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/n1co

Kalau kamu tak pernah bisa menumbuhkan jenggot dan tak ada masalah dengan kesehatan, genetik adalah faktor penyebabnya. Sayangnya, tak ada yang bisa kamu lakukan untuk mengubah keadaan ini. 

Namun ingat, tak memiliki jenggot bukan berarti ada yang salah dengan kesehatanmu dan sama sekali tak berbahaya. Bahkan berita baiknya, beberapa studi memperlihatkan bahwa risikomu mengalami kebotakan lebih kecil dibandingkan sainganmu yang lebih 'lebat'.

3. Jenggot yang berserpih

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/christinhumephoto

Artinya, kemungkinan besar kamu mengalami ketombe jenggot. Untuk mengatasinya, ada sampo dengan kandungan antibakteri aman yang dapat kamu gunakan untuk kulit kepala maupun rambut halus pada wajah. 

Kamu bisa menggunakan sampo ini satu sampai tiga kali seminggu untuk menghilangkan ketombe sekaligus rasa gatal, dermatitis, hingga folikulitis (peradangan pada folikel rambut yang menyebabkan munculnya benjolan kecil berwarna merah seperti jerawat).

Baca Juga: Ini 7 Tanda Kesehatan yang Menunjukkan Kamu Butuh Relaksasi, Cek deh!

4. Jenggot terlalu tebal

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/bantersnaps

Mengingat rambut halus pada wajah merupakan salah satu tanda pertumbuhan seks sekunder, testosteron pun memiliki kontribusi yang besar dalam hal ini. Bila jenggotmu terlalu tebal, sangat besar kemungkinan kamu jadi lebih sensitif terhadap testosteron. 

Walau begitu, jenggot yang tebal juga tidak lantas berarti kamu lebih jantan. Ada banyak faktor lain yang membuat seseorang tergolong 'cukup jantan' atau tidak dibandingkan sebatas ketebalan rambut yang dimiliki.

5. Jenggot yang tipis atau menipis

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/drew_hays

Untuk yang satu ini, ada banyak faktor penyebabnya. Menurut Salter, salah satunya adalah malnutrisi kronis. Secara spesifik, protein memiliki peranan yang penting dalam membentuk dan memperbaiki jaringan di dalam tubuh sehingga bila nutrisi ini tak terpenuhi dengan baik, rambut yang menipis atau rontok bisa jadi efeknya.

Adapun nutrisi lain yang berhubungan dengan kesehatan rambut adalah vitamin E dan C, seng,  biotin, dan asam lemak. Karenanya, pastikan pula kamu mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral yang mudah ditemukan dalam bahan makanan sehari-hari ini.

Di samping malnutrisi, jenggot yang tipis atau menipis dari biasanya dapat pula merupakan indikasi bahwa kamu tengah mengalami anemia atau alergi makanan tertentu. Tentu saja, gejala yang ditunjukkan pun tak hanya dari jenggot, tetapi biasanya berdampak pada bagian tubuh lainnya.

6. Jenggot kering dan rapuh

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/mhrezaa

Walau secara struktur jenggot berbeda dengan rambut yang ada pada kepala, penting buatmu untuk juga memberi perhatian yang sama. Gunakanlah pembersih dengan bahan yang tak keras.

Untuk hasil lebih maksimal, kamu juga bisa menambahkan minyak khusus sebagai kondisioner untuk melembapkan jenggot. Sisir atau sikat pula jenggotmu setiap hari untuk membuatnya terlihat rapi.

7. Jenggot yang mengelupas

Ternyata Kamu Bisa Cek Kesehatan dari Kondisi Jenggotmu, Ini Caranya!unsplash.com/griestprojects

Menurut dr. Schlessinger, ini bisa jadi indikasi bahwa kamu terkena alopecia barbae, yakni gangguan autoimun yang menyebabkan kulit melihat folikel rambut sebagai pengacau dan justru menyerangnya hingga berhenti tumbuh. Setidaknya, kamu bisa lega bahwa isu ini tidak menular maupun berbahaya.

Kendati demikian, kondisi ini dapat menyebabkan iritasi, sensasi rasa panas dan terbakar, dan peradangan. Sejauh ini pun belum ada obat yang dapat menyembuhkannya, tetapi setidaknya kondisi ini dapat ditangani dengan perawatan.

Adapun gejala lain yang biasa ditimbulkan bila kamu terkena alopecia barbae antara lain jenggot dan rambut di kepala yang mulai rontok, kelelahan, berkurang atau bertambahnya berat badan, atau perubahan dalam kebiasaan tidur, energi, maupun sistem pencernaan.

Jadi, sudah seberapa detail kamu mengenal jenggot dan tubuhmu sendiri? Yuk, mulai lebih diperhatikan!

Baca Juga: 7 Tanda Pasanganmu Adalah Faktor Penyebab Berat Badanmu Naik

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You