Comscore Tracker

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahami

Jangan termakan hoax ya!

Penyakit HIV merupakan salah satu penyakit akut yang ditakuti oleh banyak orang. Penderita penyakit HIV sendiri seringkali dikucilkan karena takut menular. Nyatanya banyak isu mengenai penyakit HIV yang disebarkan namun tidak sesuai dengan faktanya. Berikut 5 fakta tentang penyakit HIV yang wajib kamu pahami.

1. Air liur dan sentuhan kulit tidak menularkan virus HIV

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahamiunsplash.com/marcobian

Banyak isu yang bertebaran bahwa berbagi peralatan makan, berpelukan, berjabat tangan dengan ODHA dapat menularkan penyakit HIV. Akibatnya, ODHA seringkali bukannya dirangkul justru dijauhi dan dikucilkan. Faktanya, virus HIV hanya dapat ditularkan melalui pertukaran cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan vagina dan anus, ASI. Jadi, berhenti mengucilkan ODHA dengan alasan takut tertular HIV ya!

2. HIV tidak dapat ditularkan melalui gigitan nyamuk

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahamilivescience.com

Alasan lain untuk tidak berkumpul dengan orang ODHA adalah khawatir HIV dapat menular melalui gigitan nyamuk. HIV memang dapat ditularkan melalui pertukaran cairan seperti darah, faktanya tidak ada bukti medis yang menyatakan nyamuk dapat menjadi perantara virus HIV. Nyamuk tidak mengalirkan darah milik orang sebelumnya ke orang lain yang digigit berikutnya. Selain itu, virus HIV dalam tubuh serangga juga tidak dapat bertahan lama.

3. Virus HIV dapat ditekan dengan meminum ARV secara rutin

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahamithesouthafrican.com

Banyak orang beranggapan HIV merupakan penyakit mematikan yang tidak dapat disembuhkan, nyatanya virus HIV dapat ditekan dengan meminum obat ARV secara rutin seumur hidup. Sampai saat ini memang belum ada obat penawar HIV, namun dengan meminum obat ARV secara rutin seumur hidup dapat menekan perkembangan penyakitnya. Semoga kedepannya obat penawar HIV segera ditemukan ya!

Baca Juga: 8 Makanan yang Bagus Untuk Pengidap HIV/AIDS, Ada Aturannya Lho

4. Tanda penyakit HIV sulit terlihat, perlu test laboratorium untuk membuktikkanya

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahamisafety4sea.com

Penyakit HIV merupakan penyakit dimana virus nya dapat bertahan dalam jangka waktu yang lama dalam tubuhmu. Saat kamu baru terjangkit HIV, perubahan terhadap kesehatan tubuhmu mungkin baru dapat terlihat 5 hingga 10 tahun ke depan. Sebaiknya, kamu yang terlibat dalam hubungan seksual yang aktif mulai rutin cek darah ke laboratorium untuk mengecek ada tidaknya virus HIV dalam tubuhmu. Lebih baik tahu lebih awal daripada terlambat, sehingga pengobatannya dapat dilakukan lebih dini.

5. Kamu bisa punya anak meskipun mengidap HIV

Sering Dikucilkan, 5 Fakta Tentang HIV yang Wajib Kamu Pahamiaidsmap.com

Banyak wanita di vonis tidak dapat memiliki anak ketika menderita penyakit HIV, nyatanya ibu penderita HIV dapat tetap memiliki anak selama minum obat ARV. Penggunaan obat ARV yang teratur dapat mengurangi risiko penularan HIV pada bayi. Penggunaan obat ARV pada ibu dan bayi memungkinkan ibu yang positif HIV memiliki anak yang negatif HIV. Jadi, tetap disiplin dan teratur konsumsi obat ARV ya kalau kamu terdiagnosis mengidap HIV.

Berikut 5 fakta tentang penyakit HIV yang wajib kamu pahami. ODHA merupakan orang yang butuh banyak dukungan dan semangat dari orang-orang di sekitarnya bukan justru dijauhi dan dikucilkan. Semoga fakta-fakta diatas dapat mengubah pandanganmu terhadap ODHA.

Baca Juga: 5 Anggapan Salah Tentang HIV AIDS yang Masih Banyak Dipercaya

sherly Photo Verified Writer sherly

[kosong]

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You