Comscore Tracker

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!

Benarkah bisa "tersangkut" saat berciuman?

Kawat gigi atau behel sering digunakan untuk memperbaiki gigi yang tidak rapi. Selain digunakan dalam prosedur kesehatan, banyak orang yang menggunakannya karena alasan tren atau estetika.

Sayangnya, banyak mitos yang beredar dari mulut ke mulut membuat sebagian orang masih takut untuk merapikan susunan gigi yang tidak rapi dengan kawat gigi. Di samping, banyak pula anggapan yang salah tentang penggunaan behel.

Di bawah ini akan dipaparkan tentang mitos paling umum mengenai kawat gigi, cek faktanya, ya!

1. "Kawat gigi hanya untuk anak-anak dan remaja" 

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!Ilustrasi kawat gigi. pexels.com/Gabby K

Meskipun kebanyakan kawat gigi dipakai oleh anak-anak dan remaja, bukan berarti orang dewasa tidak bisa menggunakannya. Saat ini, banyak orang dewasa yang juga menggunakan kawat gigi.

2. "Pelayanan dokter gigi dan ortodontik itu sama"

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!pexels.com/Andrea Piacquadio

Faktanya, 100 persen spesialis ortodontik adalah dokter gigi, tetapi hanya 3 persen dokter gigi yang merupakan spesialis ortodontik.

Meskipun memiliki banyak kesamaan, tetapi dokter gigi dan spesialis ortodontik punya cara kerja yang berbeda.

Dokter gigi berfokus pada kesehatan gigi dan mulut, sedang spesialis ortodontik adalah spesialis kedokteran gigi yang berfokus pada merapikan gigi serta memperbaiki pola gigitan yang tidak tepat.

3. "Jika berciuman dengan orang yang menggunakan kawat gigi, maka akan 'tersangkut'"

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!Perawatan kawat gigi. unsplash.com/Atikah Akhtar

Jangan percaya, ini cuma lelucon!

Faktanya, kawat gigi masa kini dirancang dengan desain lebih ramping dan lebih kecil serta dengan bahan bagus dan tentunya tidak akan bersifat magnetis!

Baca Juga: Perawatan Ortodonti, Lebih dari Sekadar Pasang Behel

4. "Anak-anak sebaiknya tidak mengunjungi spesialis ortodontik sampai gigi dewasa mereka tumbuh"

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!Ilustrasi kunjungan rutin anak ke dokter gigi. freepik.com/freepik

Sebaliknya, membawa anak yang berusia 7-10 tahun ke spesialis ortodontik dapat menilai keselarasan gigi dan rahang anak. Bila memang ditemui adanya masalah, anak akan diberikan perawatan gigi sedini mungkin, sehingga anak nantinya akan lebih percaya diri dalam menunjukkan senyum indah mereka!

5. "Kawat gigi menyebabkan seseorang menjadi cadel" 

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!unsplash.com/Quang Tri NGUYEN

Faktanya, kawat gigi tidak akan menghalangi kemampuan seseorang dalam berbicara. Namun, memang pada beberapa kasus, mereka harus menyesuaikan kemampuan berbicara dengan sebelum dan sesudah pakai kawat gigi. Tenang, ini cuma sementara, kok!

6. "Kawat gigi meluruskan gigi secara permanen"

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!Ilustrasi retainer gigi. freepik.com/freepik

Kawat gigi merupakan cara efektif untuk meluruskan gigi. Namun, perlu diketahui, tanpa penggunaan retainer yang disarankan oleh ahli ortodontik, gigi yang baru lurus bisa bengkok kembali.

7. "Kawat gigi dapat mengganggu perangkat elektronik" 

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!pexels.com/skylar kang

Tenang saja, kawat gigi tidak akan mengganggu perangkat elektronik ataupun menyalurkan sinyal apa pun, layaknya sinyal radio maupun televisi. 

8. "Kawat gigi itu menyakitkan" 

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!freepik.com/katemangostar

Umumnya setelah pasang behel seseorang akan merasakan ketidaknyamanan atau mungkin nyeri. Namun, ini hal yang normal karena lama-lama keluhan ini akan berkurang dan merasa nyaman.

Semakin berkembangnya zaman, teknologi pembuatan kawat gigi lebih canggih, sehingga meminimalkan rasa ketidaknyamanan dalam menggerakkan gigi.

9. "Kawat gigi akan berkarat" 

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!pexels.com/Raymond Mar Depra

Faktanya, kamu tidak perlu takut kawat gigimu berkarat. Dengan paduan titanium, kawat gigi tidak akan berkarat baik kamu memakainya selama enam bulan atau tiga tahun. 

10. "Pemasangan kawat gigi hanya digunakan untuk kosmetik"

10 Mitos Paling Umum mengenai Kawat Gigi, Cek Faktanya di Sini!freepik.com/lookstudio

Banyak orang yang salah paham, bahwasannya pemasangan kawat gigi hanya untuk mempercantik tampilan saja. Padahal, prosedur ini memiliki berbagai manfaat kesehatan seperti memperbaiki tampilan gigi yang berantakan atau rahang tidak sejajar, sehingga dapat menghilangkan rasa sakit.

Itulah pembahasan tentang mitos paling umum seputar kawat gigi beserta penjelasan faktanya. Bila kamu punya masalah dengan susunan gigi, silakan konsultasi ke dokter gigi atau mendiskusikan opsi pemasangan kawat gigi ataupun perawatan lainnya.

Baca Juga: 5 Kelebihan Aligner untuk Meratakan Gigi, Lebih Baik daripada Behel?

Puspa Senja Photo Verified Writer Puspa Senja

Hobi makan cita-cita kurus:v

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya