Comscore Tracker

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Hari

Waspada ya, jangan disepelekan

Kembung sering terasa seperti terjadi tanpa alasan yang jelas. Tetapi apa kalian tahu jika apa yang kalian lakukan di pagi hari dapat berdampak besar pada bagaimana fungsi sistem pencernaan kalian nantinya? Mempelajari apa yang dapat menyebabkan kembung dalam kehidupan sehari-hari dapat membantu kalian nantinya. Jika kembung tetap terjadi, disarankan agar kalian bisa segera berbicara dengan dokter. Tetapi sering kali, gejala-gejala ini dapat diatasi dengan mengubah kebiasaan kalian.

Berikut adalah lima kebiasaan di pagi hari yang dapat menyebabkan kembung.

1. Makan sambil melakukan sesuatu

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Haricraves.everybodyshops.com

Terkadang, pagi yang terburu-buru dapat menyebabkan kalian sarapan dengan terburu-buru juga. Tetapi makan terlalu cepat bisa sangat membahayakan apalagi jika sampai menyebabkan kembung.

Sarapan sambil berpakaian atau berlari keluar rumah dengan terburu-buru dapat menjadi penyebab kembung. Sarapan secara terburu-buru bisa merampas kemampuan tubuh kalian untuk melacak apa yang kalian konsumsi dan mengirim sinyal ke otak. Luangkan lima menit untuk makan sambil duduk dapat membantu mencegah hal ini.

2. Makan makanan tinggi karbohidrat

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Harimirror.co.uk

Jika kamu sering mengalami kembung, mungkin ada baiknya mencoba makan lebih sedikit karbohidrat di pagi hari selama beberapa waktu. Makan sarapan yang banyak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan kembung nantinya. Karbohidrat sulit bagi tubuh untuk dicerna di pagi hari, jadi batasi asupan karbohidrat dan fokuslah pada protein.

3. Tidak minum cukup air

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Harigoodnewsnetwork.org

Hidrasi adalah kunci utama. Memiliki kebiasaan untuk terburu-buru pergi pada pagi hari tanpa mendapatkan setidaknya secangkir air dapat membuat kembung di siang hari jauh lebih buruk. Tidak cukup minum air untuk mengawali hari dapat menyebabkan kembung nantinya. Sistem pencernaan yang lambat dikaitkan dengan kembung. Oleh karena itu, minum hanya satu gelas air di pagi hari ketika kalian bangun dapat memulai sistem pencernaan kalian untuk sepanjang hari.

4. Bangun terlalu pagi

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Haripronamel.us

Karena kembung dapat menjadi gejala menstruasi, penting untuk menciptakan kebiasaan selama sebulan yang dapat meminimalkan gejala menstruasi. Tidur adalah salah satu kebiasaan penting tersebut. Tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan, mental dan fisik, terutama dua minggu sebelum menstruasi.

Jadi, pastikan kalian bisa tidur sedikit lebih lama pada malam sebelumnya, entah apakah nantinya kalian tidur lebih awal atau bangun terlambat, hal itu dapat membantu kembung yang kalian alami.

5. Jarang bergerak atau olahraga

5 Kebiasaan di Pagi Hari yang Bisa Bikin Kembung Sepanjang Haripopsugar.com.au

Walaupun pagi yang tergesa-gesa kadang-kadang bisa berarti berguling dari tempat tidur ataupun lari masuk ke dalam mobil, kebiasaan terburu-buru semacam ini dapat membuat kembung kalian menjadi lebih buruk nantinya. Olahraga seringkali bermanfaat untuk banyak gejala menstruasi dan kram yang dialami.

Endorfin dan serotonin yang membuat perasaan senang dan meningkatkan mood dapat membantu meringankan rasa sakit dan stres yang dialami selama waktu-waktu tertentu dalam sebulan. Beberapa menit berjalan, jogging, atau yoga di pagi hari dapat membantu mencegah kembung.

Udah tahu kan apa aja yang bisa menyebabkan perut kalian kembung? Yuk hentikan kebiasaan buruk demi tubuh yang lebih sehat dan bugar!

Baca Juga: Hati-hati, 5 Makanan Ini Bisa Jadi Penyebab Perut Kembung Lho!

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You