Comscore Tracker

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayai

Jangan sampai salah lagi!

Saat kamu terserang flu, banyak orang di sekitar atau mungkin dirimu sendiri, akan serta merta men-judge bahwa cuaca dingin adalah penyebabnya, atau karena kebanyakan minum es, atau karena kelelahan. Padahal anggapan tersebut salah, karena hal-hal itu hanya faktor yang memperburuk, bukanlah sebagai pemicunya.

Selain hal-hal yang telah disebut di atas, ternyata masih banyak pemahaman keliru tentang flu yang masih banyak orang percaya sampai sekarang, lho! Apa saja ya?

1. Pilek sama dengan flu

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaibeautyinfashions.com

Flu dan pilek disebabkan oleh virus yang berbeda, sehingga keduanya tidak bisa disamakan. Selain itu, gejala pada penyakit influenza lebih parah dibanding pilek. Jika pilek ditandai dengan demam, sakit tenggorokan, sakit kepala, maka seseorang yang terserang flu tubuhnya juga mengalami kedinginan hingga nyeri otot.

2. Antibiotik dapat membantu melawan flu

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.mynation.com

Banyak orang masih percaya bahwa antibiotik dapat menyembuhkan flu. Padahal anggapan ini salah. Antibiotik sendiri diperuntukkan pada infeksi bakteri, sedangkan flu diakibatkan oleh virus. 

Antibiotik memang dapat meringankan gejala seperti sakit tenggorokan ketika flu, namun bukan untuk menyembuhkan flu itu sendiri.

3. Orang flu tidak memerlukan perawatan

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.medicalnewstoday.com

Karena gejala umum terserang flu mungkin hanya pilek atau demam, serta terjadi hanya beberapa hari, mayoritas orang jadi menyepelekan penyakit satu ini. Padahal yang perlu diingat, virus dapat menimbulkan penyebab fatal seperti komplikasi serta gejala flu yang memburuk hingga berbulan-bulan.

Untuk itu, jika merasa terjangkit flu, segera tangani dan juga ambil libur untuk beristirahat dengan maksimal.

Baca Juga: Kenali 7 Jenis Flu yang Ada di Indonesia Ini, agar Penanganannya Tepat

4. Menggunakan masker dapat menghindarkan flu

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.aarp.org

Poin satu ini mungkin tidak sepenuhnya salah, apabila digunakan ketika di kerumunan orang yang terjangkit flu dan bersin-bersin. Namun, anggapan ini juga tak sepenuhnya benar.

Hal tersebut disebabkan karena virus yang kemungkinan menempel pada telapak tangan, akan masuk melalui mata atau bagian lain, ketika kamu menggosok-gosoknya dengan tangan. Jadi memakai masker juga tidak berarti bahwa tubuhmu benar-benar terhindar dari flu.

5. Udara dingin dapat menyebabkan flu

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.medicalnewstoday.com

Sebagian orang percaya, bahwa udara dingin, angin, AC, atau bahkan minum es dapat menjadi penyebab dari influenza. Padahal, flu jelas-jelas disebabkan oleh virus. Jadi, walau kamu terpapar udara dingin yang buruk, selama tubuh tidak sedang kontak dengan virus, maka kamu pun tak akan terkena flu dan demam.

6. Flu bisa sembuh dalam sehari

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.nwemail.co.uk

Jika kamu termasuk orang yang beranggapan bahwa flu dapat disembuhkan dengan cepat, dengan mengonsumsi obat sesering mungkin, mulai sekarang tinggalkan kepercayaan itu.

Selain hal tersebut dapat menyebabkan overdosis, perlu diingat bahwa wajar jika tubuh membutuhkan waktu untuk memulihkan dirinya. Jadi, jangan memaksa tubuh untuk segera sehat dalam sehari ya!

7. Orang sehat yang pasti kebal dari flu

Cuma Mitos, 7 Hal Tentang Flu Berikut Harus Berhenti Kamu Percayaiwww.mnn.com

Sistem kekebalan tubuh yang kuat memang cukup berpengaruh untuk melindungi tubuh dari penyakit. Meski begitu tidak berarti bahwa orang sehat tak akan terjangkit flu. 

Tubuh yang sehat sekali pun masih membutuhkan antibodi untuk virus flu tertentu. Dan antibodi tersebut tidak secara natural terbentuk, melainkan jika terkena virus barulah antibodi tersebut ditingkatkan tubuh sebagai responnya.

Nah, itulah ketujuh anggapan salah yang selama ini sering kita dengar tentang penyakit flu. Kamu sendiri, sebelumnya percaya dengan mitos nomor berapa?

Baca Juga: 6 Jenis Minyak Essential yang Ampuh Bantu Obati Pilek dan Flu

Sinta Photo Community Writer Sinta

“Failure is a feeling long before it becomes an actual result." -Michelle Obama

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You