Comscore Tracker

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!

Sering mengalami yang mana?

Buang angin atau kentut adalah hal normal yang dilakukan manusia. Niket Sonpal, MDahli penyakit dalam dan gastroenterologi di New York mengatakan, bahwa gas dan udara di saluran pencernaan terbentuk, ketika kamu makan, mengunyah, dan menelan.

Gas dan udara tersebut diserap oleh tubuh kemudian dilepaskan menjadi kentut atau sendawa. Buang angin itu baik untuk kesehatan tubuh, tetapi kamu harus memperhatikan frekuensi, bau, dan gejala, yang tidak biasa saat buang angin.

Kamu harus lebih waspada jika kentutmu disertai dengan muntah, diare, sembelit, penurunan berat badan, darah dalam tinja, dan sakit perut. Dilansir dari Mayo Clinic dan Health, ada lima jenis kentut yang menunjukkan kondisi kesehatanmu, lho! 

1. Sering buang angin tetapi sembelit

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!Pexels/hermaion

Kentut terus menerus menandakan bahwa kamu terlalu banyak mengonsumsi makanan berserat. Menurut Dr. Sonpal, mengonsumsi terlalu banyak serat dapat menyebabkan sering kentut, perut kembung, bahkan sembelit.

Serat yang menumpuk akan menyerap air dalam tubuh, sehingga menyebabkan feses menjadi keras. Cara mengatasi kentut terus menerus tetapi sembelit adalah dengan banyak minum air putih dan mengurangi asupan serat.

Kajian studi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyarankan, untuk mengonsumsi 25-29 gram serat setiap hari. Jika tidak bisa mengurangi asupan serat, kamu bisa minum air putih lebih banyak sehingga asupan serat dan air dalam tubuhmu seimbang.  

2. Buang angin terus menerus sepanjang hari

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!Pexels/Elle Hughes

Penyebab kentut sepanjang hari adalah minuman berkarbonasi. Dr. Sonpal mengatakan bahwa minuman berkarbonasi seperti bir dan soda mengandung udara sehingga terdapat banyak udara di saluran pencernaanmu setelah mengonsumsinya.

Udara yang terlalu banyak di saluran pencernaanmu akan dilepaskan menjadi kentut. Buang angin sebenarnya adalah hal yang normal namun jika buang angin terus menerus sepanjang hari, tentunya kamu akan merasa tidak enak dengan orang-orang di sekitarmu.

Cobalah untuk mengurangi minuman berkarbonasi sehingga kamu tidak kentut terus menerus sepanjang hari. 

Baca Juga: 6 Makanan Ini Bikin Kamu Sering Kentut, Jangan Konsumsi Sembarangan 

3. Bau kentut yang tidak sedap

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!newatlas.com

Kentut yang tidak menimbulkan suara cenderung memiliki bau yang mematikan dibandingkan kentut yang bersuara. Bau busuk pada kentut dihasilkan oleh makanan yang mengandung senyawa sulfur tinggi. 

Dr. Sonpal mengatakan brokoli, kembang kol, bawang putih, keju, dan kacang-kacangan, akan mengeluarkan bau busuk saat berada di sistem pencernaan. Bau busuk pada kentut adalah hal normal yang tidak perlu dikhawatirkan.

Jika kentutmu berbau sangat busuk dan tidak wajar, kamu sebaiknya berkonsultasi ke dokter, karena mungkin saja penyebabnya adalah peradangan usus atau iritasi pada usus. 

4. Kentut berbau busuk dan mengalami gangguan pencernaan

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!medicalnewstoday.com

Kentut disertai sakit perut, bisa dikaitkan dengan intoleransi makanan. Intoleransi makanan adalah masalah pencernaan yang terjadi setelah mengonsumsi makanan atau minuman tertentu karena kondisi tubuh yang sulit mencerna zat.

Semisal setelah minum susu, kamu mengeluarkan kentut yang bau dan perutmu sakit maka kamu memiliki intoleransi susu. Jika kamu sudah mengetahui makanan atau minuman yang menyebabkan intoleransi, sebaiknya mengurangi atau menghindari makanan atau minuman tersebut.

Sebaliknya, jika kamu tidak mengetahui intoleransi pada tubuhmu, kamu bisa memeriksakan diri ke dokter supaya mengetahui makanan atau minuman yang dapat menyebabkan intoleransi pada tubuhmu.  

5. Perubahan frekuensi pada kentut atau buang air besar

5 Jenis Kentut Ini Menunjukkan Kondisi Tubuhmu, Kenali Yuk!Pexels/Kat Jayne

Baca Juga: Jarang Disadari, 7 Hal Ini Membuat Bau Kentut Kamu Jadi Busuk

Perubahan pada frekuensi kentut dan buang air besar, menjadi lebih sering atau jarang bisa disebabkan oleh stres. Menurut Dr. Sonpal, stres menyebabkan kamu akan cenderung mengonsumsi camilan dan es krim yang dapat mempengaruhi sistem pencernaan.

Produk olahan dari susu seperti es krim mengandung laktosa yang dapat menyebabkan kamu lebih sering kentut. Memang stres adalah sesuatu yang tidak dapat dihindari tapi kamu bisa mengontrolnya.

Meditasi dan menenangkan diri dengan mendengarkan musik atau menonton film terbukti dapat membantumu mengatasi stres. 

Itulah beberapa jenis kentut yang menunjukkan kondisi kesehatanmu. Yang mana yang sering kamu alami?

Sita Vilosa Photo Writer Sita Vilosa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya