Comscore Tracker

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!

Coba mulai kurangi ya!

Gigi sehat adalah idaman semua orang. Kamu bisa memiliki gigi sehat dengan cara menyikat gigi, membersihkan gigi dengan benang, dan yang tidak kalah penting adalah memperhatikan makanan dan minuman yang dikonsumsi.

Makanan dan minuman yang kamu konsumsi memiliki dampak yang besar pada gigi.  Lantas, apa saja makanan dan minuman yang buruk untuk kesehatan gigi? Cari tahu jawabannya di bawah ini! 

1. Buah jeruk 

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!Pexels/Lisa Fotios

Buah jeruk adalah sumber vitamin C, namun ada jenis jeruk yang tidak baik untuk kesehatan gigi. Jeruk bali dan jus lemon mengandung asam yang tinggi sehingga bisa mengikis enamel gigi.

Dibandingkan dengan jeruk bali dan jus lemon, jus jeruk lebih bagus untuk kesehatan gigi. Menurut Matthew Messina, seorang dokter gigi di Ohio, setelah mengonsumsi jeruk kamu harus menyikat gigi dan membersihkan gigi menggunakan benang dengan benar. 

2. Permen

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!pexels.com/Ylanite Koppens

Permen yang kenyal dan lengket, buruk untuk kesehatan gigimu. Permen yang menempel di antara gigi dalam waktu yang lama menyebabkan bakteri di mulut menghasilkan asam yang merusak enamel gigi dan menyebabkan gigi berlubang.

Menurut Matthew Messina, seorang dokter gigi di Ohio, permen asam memiliki kandungan asam yang dapat merusak gigi dan berdampak lebih buruk dibandingkan permen biasa. 

3. Acar

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!pexels.com/JESHOOTS

Pengasaman adalah proses pengawetan dengan cuka. Acar dibuat dengan cara pengasaman sehingga terasa asam dan asin yang berpotensi membahayakan email gigi. Matthew Messina, seorang dokter gigi di Ohio berkata, jika kamu tidak sering makan acar atau hanya sesekali maka tidak terlalu memengaruhi kesehatan gigi. 

Baca Juga: Bisa Memutihkan Gigi, Apa Saja Efek Samping dari Bleaching Gigi?

4. Minuman soda

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!Pexels/Elle Hughes

Mengonsumsi terlalu banyak minuman soda akan menyebabkan gigi berlubang. Minuman soda tidak hanya mengandung gula namun juga asam yang dapat merusak gigi. Bahkan minuman soda diet bebas gula juga mengandung asam sitrat dan fosfat yang dapat mengikis enamel gigi jika dikonsumsi dalam dosis besar.

Minuman soda berwarna gelap dapat mengubah warna dan menodai gigimu. Jangan langsung menyikat gigi setelah mengonsumsi minuman soda, karena bisa mempercepat kerusakan gigi.

5. Crackers

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!pexels.com/b_e_n_s_t_u_d_i_o

Karbohidrat olahan yang ditemukan dalam crackers berubah menjadi gula di mulut dengan sangat cepat sehingga membentuk gigi berlubang. Crackers yang lembek setelah dikunyah akan menumpuk di gigi dan bersarang yang tentunya akan merusak gigi jika dibiarkan terus menerus.

Matthew Messina, seorang dokter gigi di Ohio berkata, kebersihan mulut yang baik dengan menyikat dan membersihkan gigi dengan benar bisa mengatasi segala permasalahan gigi. 

6. Kopi

6 Makanan dan Minuman yang Dapat Merusak Gigi, Jangan Keseringan!Pexels/kaboompics.com

Kopi dapat menodai gigimu seperti noda cokelat membandel yang menumpuk di bagian bawah cangkir. Noda kopi bertahan lebih lama dibandingkan noda tembakau. Menurut Matthew Messina, seorang dokter gigi di Ohio, noda kopi tidak enak dipandang dan lengket pada gigi sehingga menyebabkan bakteri berkumpul di gigi. 

Ternyata apa yang kamu makan dan minum berpengaruh terhadap kesehatan gigi. Maka dari itu, jangan terlalu banyak mengonsumsi makanan dan minuman yang buruk bagi kesehatan gigi dan menyikat gigi dengan benar setelah mengonsumsinya. 

Baca Juga: 10 Potret Manis Artis dengan Gigi Gingsul, Irish Bella Pilih Dicabut

Sita Vilosa Photo Writer Sita Vilosa

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Rully Bunga

Berita Terkini Lainnya