Comscore Tracker

Walau Masih Muda, tapi Banyak Orang Sudah Kena Penyakit Diabetes Ini

Bisa jadi kamu juga lho, baca tanda-tandanya

Diabetes itu meresahkan. Penyakit yang satu ini tentu sudah tidak asing di telinga kita. Diabetes termasuk dalam penyakit kronis yang disebabkan pankreas tidak dapat memproduksi cukup insulin atau insulin tidak dapat dimanfaatkan dengan baik oleh tubuh.

Ada dua jenis diabetes yang umum diidap orang-orang di seluruh dunia, yaitu diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Ketahui pembahasan selengkapnya di sini!

1. Apa itu diabetes tipe 1?

Walau Masih Muda, tapi Banyak Orang Sudah Kena Penyakit Diabetes Inipixabay.com

Diabetes tipe 1 adalah diabetes dengan produksi insulin yang rendah sehingga pengidapnya mengalami ketergantungan tinggi pada suntikan insulin. Jenis diabetes tipe 1 dikenal juga dengan penyakit autoimun diabetes.

Pada penderita diabetes tipe 1, sistem imun tubuh menyerang sel yang melepaskan insulin pada tubuh. Akibatnya sel tubuh tidak dapat menyerap glukosa yang diperlukan untuk memproduksi energi.

Gejala diabetes tipe 1 bisa ditemukan pada usia anak-anak atau remaja. Penderita akan mengalami sering buang air kecil, sering haus dan lapar. Gejala ini bisa berkembang semakin para jika kadar gula dalam darah tidak terkontrol. Akibatnya jaringan dan organ-organ tubuh akan menjadi rusak.

2. Diabetes tipe 2, diabetes karena pola hidup yang tidak baik

Walau Masih Muda, tapi Banyak Orang Sudah Kena Penyakit Diabetes Inipixabay.com

Diabetes tipe 2 adalah diabetes yang banyak diidap orang-orang yang obesitas dan kurang beraktivitas fisik. Bisa dibilang, diabetes tipe 2 ini diakibatkan pola hidup yang tidak baik.

Diabetes tipe 2 biasanya terdeteksi dari kadar gula darah di atas normal. Tubuh pengidapnya tidak dapat menggunakan insulin dengan benar atau disebut resisten insulin. Jika semakin parah, pankreas tidak dapat memproduksi insulin, yang disebut defisiensi insulin.

Gejala diabetes tipe 2 sebetulnya tidak jauh berbeda dengan tipe 1, antara lain sering buang air kecil (terutama di malam hari), sering haus dan mudah lapar. Gejala lain yang muncul adalah mudah lelah, berat badan menurun, luka tidak cepat sembuh, massa otot berkurang dan pandangan kabur.

 

Baca Juga: Harus Diatur, 10 Tip Memilih Makanan Sehat untuk Penderita Diabetes

3. Awas, anak muda banyak mengidap diabetes tipe 2 saat ini

Walau Masih Muda, tapi Banyak Orang Sudah Kena Penyakit Diabetes Inimedicalnewstoday.com

Jika dulunya diabetes tipe 2 banyak diidap orang-orang dewasa, saat ini keadaan berbalik. Diabetes tipe 2 banyak diidap anak muda seusia kita, bahkan juga anak-anak! Ini akibat gaya hidup yang tidak baik, terutama kurang bergerak dan konsumsi makanan yang tidak sehat.

4. Namun jangan khawatir, penyakit diabetes juga masih bisa banget dicegah

Walau Masih Muda, tapi Banyak Orang Sudah Kena Penyakit Diabetes Iniflo.health

Diabetes tipe 2 dapat dicegah atau diminimalkan dengan menjalankan pola hidup sehat. Misalnya, memperhatikan asupan gizi dan makanan sehat sehari-hari, memperbanyak aktivitas fisik dan mengelola berat badan agar tidak berlebihan dan juga tidak kurang.

Karena mencegah lebih baik daripada mengobati 'bukan? Semoga kita semua terhindar dari kedua jenis penyakit diabetes ini ya!

Baca Juga: Intip 8 Manfaat Kesehatan Daun Kelor, Pencegah Kanker dan Diabetes

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya