Comscore Tracker

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panik

Sering kali si Kecil jadi rewel dan alami gejala tertentu

Sebagai orangtua, terkadang kita gak tahu apakah terjadi sesuatu yang salah pada anak. Terlebih lagi anak usia bayi dan balita belum memiliki kemampuan untuk mengomunikasikan apa pun yang mereka rasakan.

Sering kali, ketika si Kecil rewel atau menunjukkan tanda-tanda tertentu, orangtua pun meneabk-nebak. Apakah ia sakit ? Apakah ia sedang tumbuh gigi? Apakah ia sedang diare?

Beberapa tanda atau gejala yang muncul sering kali sulit untuk dibedakan. Namun, tanda-tanda di bawah ini bisa jadi menunjukkan bahwa bayi sedang mengalami tumbuh gigi. 

1. Gusi bengkak

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi gusi bayi (flickr.com/sandor weisz)

Tumbuh gigi adalah salah satu penyebab paling umum dari gusi bengkak pada anak. Jika masalah ini muncul hanya pada area mulut tertentu dan tampak ada gigi yang keluar, ini adalah penyebabnya.

Pembengkakan gusi, nyeri, dan peradangan akibat tumbuh gigi adalah hal yang wajar, jadi tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Pastikan untuk tetap menyikat gigi dan gusi anak dengan benar untuk mencegah penumpukan bakteri. Saat gigi erupsi, area tersebut akan berhenti bengkak dalam beberapa hari. 

2. Rewel

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi menangis dan rewel (pexels.com/sarah chai)

Rewel adalah tanda lain bahwa anak sedang mengalami tumbuh gigi. Sakit pada gusi akan membuat mereka lebih pemarah dari biasanya, dan si Kecil akan memberi tahu dengan cara menangis.

Mengapa tumbuh gigi sangat menyakitkan bagi anak ? Pikirkan tentang bagaimana rasanya jika gigi berusaha untuk menembus gusi, tentu tidak akan menyenangkan. Bukan hanya itu, yang lebih parah, bayi tidak bisa mengungkapkan rasa sakitnya secara verbal jadi yang bisa mereka lakukan hanyalah menangis.

3. Suhu tubuh yang meningkat

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi sedang sakit (pexels.com/william fortunato)

Beberapa mungkin hanya mengalami sedikit peningkatan suhu tubuh, tapi bukan berarti mereka mengalami demam. Jika anak rewel, sedangkan termometer menunjukkan suhu tubuh anak yang kurang dari 38 derajat Celsius, tumbuh gigi sebagai kemungkinan penyebabnya.

Dilansir Arnold Palmer Hospital, jika anak rewel dan termometer menunjukkan bahwa ia memiliki suhu lebih dari 38 derajat Celsius, penyakit lain mungkin bisa jadi penyebabnya, bukan tumbuh gigi. Jika ini terjadi, segera periksakan bayi ke dokter.

Baca Juga: Pertolongan Pertama saat Bayi Tersedak, Semua Orangtua Wajib Tahu!

4. Sering mengunyah sesuatu

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi sedang menggigit sesuatu (flickr.com/prettyokayphotos)

Anak yang tumbuh gigi secara alami berusaha memberi tekanan pada gusi di atas gigi yang baru tumbuh. Itu sebabnya mereka sangat ingin mengunyah. Mulai dari jari, kain, hingga mainan yang keras.

Selain memberikan silikon gigitan atau teether, jika anak sudah cukup besar untuk makan makanan padat, tawarkan buah setengah beku yang mudah dihaluskan kepada mereka. Kamu bisa bekukan potongan nanas, lalu keluarkan dari freezer selama beberapa menit hingga mulai melunak dan berikan kepada si Kecil.

5. Mengeluarkan banyak air liur

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi mengeluarkan air liur (pixabay.com/jry140305 )

Kita mungkin sering mendapati anak tak berhenti mengeluarkan air liur. Ini bisa jadi pertanda gigi anak sedang tumbuh, lho. Menurut sebuah laporan dalam jurnal BMC Oral Health tahun 2015, peningkatan air liur dapat terjadi akibat iritasi gusi. Pada usia 4 atau 5 bulan, air liur yang berlebihan sering dikaitkan dengan erupsi gigi yang terjadi saat tumbuh gigi dan merupakan hal yang normal.

Air liur yang berlebihan dapat menyebabkan ruam di sekitar area mulut, pipi, dagu dan leher karena bakteri ekstra pada kulit dari air liur. Cobalah untuk menjaga area tersebut sebersih dan sekering mungkin dengan menyeka area tersebut secara berkala. 

6. Sering menggosok pipi dan telinga

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi menggosok-gosok pipinya (flickr.com/leviandrachel)

Rasa sakit pada gusi saat tumbuh gigi dapat menjalar ke pipi dan telinga, terutama saat gigi geraham sedang mengalami erupsi. Anak akan lebih sering menggosok area tersebut hingga menimbulkan bekas kemerahan dan ruam.

Namun, perlu diingat bahwa menarik atau menggosok telinga juga bisa menjadi tanda infeksi telinga. Silakan hubungi dokter anak jika gejala ini berlanjut atau disertai dengan demam tinggi.

7. Perubahan pola makan dan tidur

7 Tanda Ini Sering Dialami Anak saat Tumbuh Gigi, Gak Perlu Panikilustrasi bayi sedang makan (pexels.com/meruyert gonullu)

Anak mungkin terbangun berulang kali di malam hari dan menolak makanannya ketika sedang tumbuh gigi. Ketidaknyamanan yang mereka rasakan bisa lebih intens di malam hari. Jika ini terjadi, tenangkan anak dengan menyusui atau mandi air hangat. Berilah mereka pijatan kaki yang lembut adalah sentuhan yang menenangkan agar bisa tidur dan tenang.

Tumbuh gigi adalah hal yang cukup menyakitkan bagi anak, itu sebabnya anak akan jadi lebih rewel dari biasanya. Namun, perlu diingat bahwa beberapa tanda di atas juga bisa bisa menjadi tanda adanya infeksi atau penyakit lainnya. Maka dari itu, jika kamu ragu, segeralah konsultasi dengan dokter. 

Baca Juga: 7 Fakta Biang Keringat, Jenis Ruam yang Sering Menyerang Bayi

Ridha Tiara Motik Photo Verified Writer Ridha Tiara Motik

tiamo_tiara

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya