Comscore Tracker

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh 

Semua berawal dari kebiasaan

Siapa yang mau jatuh sakit? Tentu tidak ada yang mau tubuhnya digerogoti oleh penyakit. Datangnya penyakit maupun virus bukan hanya berasal dari cuaca yang buruk, tetapi bisa juga dari diri sendiri yang kurang memahami pentingnya hidup bersih di mana pun. Perlu kamu tahu, 5 hal ini bisa jadi ‘media’ penyakit masuk ke dalam tubuh, lho.

1. Perabotan rumah yang sudah berdebu

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh Shutterstock/Evg Zhul

Debu memang nggak bisa dilihat langsung, tapi kamu bisa cek langsung apakah barang-barang di rumah sudah bebas dari debu atau belum. Tinggal lap dengan tisu kering, langsung terlihat kok seberapa debu perabotanmu. Kalau ruanganmu menggunakan AC, debu-debu ini justru berterbangan lho dan bisa saja kamu ikut menghirupnya. Jadi pastikan semua sudut ruangan sudah bersih ya, lap sekali dalam seminggu juga sudah cukup kok.

2. Udara yang nggak bersih

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh Shutterstock/ThongPoon

Seluruh masyarakat Indonesia bahkan mengakui bahwa polusi Ibukota Jakarta sudah tercemar. Semakin pekat gambaran polusinya, berarti semakin buruk udara yang tanpa sadar sudah kita hirup selama ini. Ini jangan disepelekan, karena jika terus-terusan menghirup udara kotor, gangguan pernafasan bisa jadi ancamannya. Jadi mulailah pakai masker, buff, atau alat penutup hidung dan mulut lainnya ya. Biar lebih aman!

3. Kebiasaan makan tanpa cuci tangan

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh Shutterstock/JOKE_PHATRAPONG

Saking laparnya, langsung ‘sikat’ makanan. Lapar sih boleh lapar, tapi harus cuci tangan dulu dong. Memangnya kamu rela, kalau bakteri dan kuman yang ada di tanganmu itu ikut masuk ke dalam tubuhmu lewat makanan yang kamu makan? Kalau terlalu sering, sistem pencernaanmu bisa ikut terganggu lho.

Eits, cuci tangannya juga nggak boleh ngasal lho. Ada langkah-langkahnya!

  • Basahi seluruh tanganmu dengan air bersih yang mengalir.
  • Ambil sabun dan digosokkan pada bagian telapak, punggung tangan, dan juga sela-sela jari.
  • Jangan lupa, bersihkan bagian bawah kukumu ya.
  • Bilas kembali tangan dengan menggunakan air bersih yang mengalir.
  • Terakhir, tinggal keringkan deh!
Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh IDN Times/Tokopedia

Wah pas banget nih, Tokopedia sekarang lagi punya dua program nih. Pertama, Tokopedia Peduli Sehat. Jadi kamu bisa lengkapi kebutuhan kesehatanmu mulai dari vitamin, sterilizer, hand sanitizer, sabun antiseptik terbaik dan masih banyak lagi produk kesehatan lainnya. Tenang, harganya mulai dari Rp10.000,- saja kok, jadi aman untuk semua dompet deh. Kalau nggak percaya, kamu bisa cek langsung di website atau pun aplikasi Tokopedia sekarang juga! 

Berkat Tokopedia, hidup sehat jadi lebih mudah ‘kan?

4. Brush makeup yang jarang dibersihkan

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh Shutterstock/Yuriy Maksymiv

Ini panggilan untuk cewek-cewek yang nggak bisa ke luar rumah tanpa pulasan makeup. Oke IDN Times paham bahwa penampilan adalah nomor satu, tapi mulai peduli juga dong dengan alat makeup yang kamu pakai. Biasakan mencuci semua brush setiap hari ya, hal ini bertujuan untuk menghindari bakteri dari sisa makeup yang menempel. Jangan tunggu kotor seminggu dulu baru dicuci, kebangetan tuh! Cewek juga harus bersih.

5. Lagi marak banjir, ini bukanlah hiburan

Awas! 5 Hal Ini Bisa Jadi ‘Media’ Transfer Penyakit pada Tubuh Shutterstock/Marc Bruxelle

Belakangan, banyak wilayah yang terendam banjir. Tapi pertanyaannya, di media sosial kenapa banyak anak kecil dan anak muda yang justru menjadikan banjir ini seakan momen berenang gratis? Padahal, air banjir ini sudah tercampur lho dengan air selokan atau bahkan bercampur dengan sampah-sampah kering mau pun basah. Kulit bisa gatal-gatal karena air banjir, bahkan saat mengungsi pun kamu bisa terserang gangguan pernapasan, batuk, pilek, dan masih banyak lagi.

Jadi masih mau anggap itu semua sepele?

Topic:

  • Cynthia Kirana Dewi
  • Anindya Roswita Putri
  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Berita Terkini Lainnya