Comscore Tracker

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Sering

#IDNTimesHealth Kadar gula yang dimilikinya cukup tinggi

Siapa yang tak pernah mencoba es teh manis? Rasanya hampir kebanyakan orang pasti pernah mencoba minuman manis yang biasa disajikan dingin ini. Kesegaran dan cita rasanya memang banyak dicari, selain itu juga proses pembuatannya cepat dan tak membutuhkan banyak bahan.

Di balik kesegarannya, es teh manis ternyata memiliki risiko kesehatan bila mengonsumsinya terlalu sering. Beberapa risiko kesehatan berikut ini perlu kamu perhatikan agar berhenti mengonsumsi es teh manis secara terus menerus.

1. Risiko diabetes yang tinggi

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Seringilustrasi cek gula darah (Pexels/PhotoMIX Company)

Pada setiap porsi dari es teh manis ternyata menyimpan sekitar 33 gram gula di dalamnya. Jelas dengan kadar gulanya sudah dapat menaikan risiko diabetes pada orang yang mengonsumsinya. Untuk mensiasati hal tersebut, pengonsumsian es teh manis dapat dialihkan dengan menggunakan jenis gula yang aman untuk diabetes. Jenis-jenis tersebut seperti jenis gula stevia, erythritol, hingga xylithol. 

2. Meningkatkan gagal ginjal

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Seringilustrasi sakit punggung (theroadtodomestication.com)

Tak banyak yang tahu bahwa dalam setiap cangkir es teh manis ternyata terdapat asam oksalat. Kandungan tersebut yang nantinya dapat menumpuk pada ginjal bila mengonsumsi es teh manis dalam jangka waktu yang lama. Jika sudah seperti itu, maka akan mengganggu fungsi utama dari ginjal.

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Bukan Berasal dari Daun Teh, Ada Apa Saja?

3. Berat badan berlebih atau obesitas

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Seringilustrasi timbangan berat badan (Pexels/SHVETS production)

Meski hanya sekadar minuman sederhana yang mudah dibuat di rumah, faktanya dalam secangkir es teh manis ternyata menyimpan sekitar 250 kalori di dalamnya. Jelas dengan kalori sebanyak itu dapat memicu obesitas bila dikonsumsi banyak dan dalam jangka waktu panjang. Perhatikan pengonsumsian es teh manis agar berat badanmu tak naik secara signifikan.

4. Membuat sistem kardiovaskuler jadi memburuk

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Seringilustrasi sakit perut (Pexels/Andrea Piacquadio)

Kafein tak hanya dimiliki oleh kopi saja, faktanya dalam secangkir es teh manis ternyata menyimpan sekitar 47 mg kafein. Dengan jumlah kafein tersebut ternyata sudah dapat menganggu sistem kardiovaskularmu. Efek negatifnya bahkan bisa memicu gelisah atau gemetar karena kafein tersebut.

5. Risiko stroke yang tinggi

5 Alasan Kamu Tak Boleh Mengonsumsi Es Teh Manis Terlalu Seringilustrasi orang terkena stroke (heartandstroke.ca)

Risiko stroke memang meningkat apabila kadar trigliserida yang ada cukup tinggi. Kadar tersebut bisa tinggi karena kandungan gula yang dikonsumsi. Oleh sebab itu, kamu benar-benar harus mengontrol jumlah gula khususnya yang berasal dari es teh manis. Pastikan untuk tidak mengonsumsi es teh manis dalam porsi yang banyak dan terlalu sering.

Segala sesuatu yang berlebihan tentunya akan memicu hal negatif setelahnya. Sama halnya dengan pengonsumsian es teh manis yang terlalu banyak dan terlalu sering. Kontrol porsi dan waktunya agar tetap kamu peroleh manfaatnya. Jangan sering-sering, ya!

Baca Juga: 6 Alasan Kenapa Minum Teh Hijau Bisa Memperpanjang Usia, Penasaran?

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya