Comscore Tracker

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Mode

#IDNTimesHealth Kamu pilih dark mode atau normal mode?

Ponsel sudah tentu menjadi salah satu bagian penting dari kehidupan manusia di masa kini. Rasanya hampir semua aspek kehidupan sudah mulai banyak melibatkan ponsel di dalamnya. Namun, tentu saja dampak dari penggunaan ponsel tidak bisa dianggap remeh.

Salah satu yang paling berpengaruh dalam penggunaan ponsel adalah mata dan hal ini bisa membuat banyak masalah. Orang yang mencoba meminimalisir kemungkinan tersebut biasanya dengan mengubah tampilan ponsel menjadi dark mode. Berikut dampak baik yang bisa diperoleh jika mengubah ponsel menjadi tampilan dark mode.

1. Meminimalisir paparan cahaya biru

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Modeilustrasi bermain ponsel (Unsplash/Štefan Štefančík)

Cahaya biru adalah salah satu penyebab yang menyulitkan tubuh untuk memproduksi melatonin atau zat yang dapat memberikan efek mengantuk. Biasanya ketika zat ini sudah aktif, maka tubuh akan memberi sinyal untuk tidur.

Namun, akibat paparan ini justru kamu akan kesulitan untuk tidur. Meski dark mode bisa meminimalisir hal tersebut, namun tetap saja tidak disarankan untukmu bermain ponsel sebelum tidur karena sudah waktunya tubuh dan matamu untuk beristirahat.

2. Mengurangi rasa tegang pada mata

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Modeilustrasi mata (Unsplash/JC Gellidon)

Pada tampilan normal biasanya tak sedikit orang yang mengeluhkan rasa tegang pada mata karena bermain ponsel. Namun, dark mode bisa meminimalisir rasa tersebut sehingga membuatmu menjadi lebih nyaman dalam bermain ponsel.

Meski begitu, bukan berarti kamu dapat memainkan ponsel sesukamu. Tetap ada batasan ketika matamu sudah mengirimkan sinyal lelah atau gatal. Jika begitu, segera tutup ponselmu dan beristirahatlah.

3. Membuat mata jadi lebih fokus

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Modeilustrasi bermain ponsel (Unsplash/Alex Suprun)

Dark mode memiliki tampilan yang berbeda dan seakan membuatmu menjadi lebih fokus pada saat melihat ponsel. Hal ini akan memudahkanmu dalam melihat atau membaca sesuatu di dalam ponsel. Tentu dengan begitu, maka kamu dapat dengan mudah melihat isi ponsel dengan fokus yang baik tanpa mengalami kesulitan.

Baca Juga: Fitur Dark Mode di Mana-mana, Ini Kelebihan dan Kekurangannya

4. Durasi melihat ponsel yang bisa tahan lama

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Modeilustrasi bermain ponsel (Unsplash/Courtney Clayton)

Dark mode disebut-sebut mampu membuat mata seakan lebih betah dalam melihat ponsel, bahkan untuk kurun waktu lebih dari 4 jam. Meski hal tersebut memiliki sinyal positif khususnya untuk mereka yang bekerja menggunakan ponsel, namun tetap saja tidak disarankan. Penggunaan ponsel dengan durasi berlebih dikhawatirkan memiliki dampak negatif yang mungkin akan terjadi.

5. Ponsel jadi lebih awet baterainya

5 Dampak Positif Bagi Kesehatan dari Mengubah Ponsel Menjadi Dark Modeilustrasi charger ponsel (Unsplash/Nubelson Fernandes)

Penggunaan dark mode pada ponsel juga memiliki dampak positif bagi baterainya. Biasanya baterai ponsel akan lebih awet jika kamu dapat menggunakan fitur dark mode sebagai pilihan tampilan. Tentu dengan begitu, tak perlu repot untuk sering charger ponsel.

Meski fitur dark mode diklaim memiliki banyak dampak baik untuk digunakan, namun tetap saja penggunaan ponsel secara berlebihan tidak disarankan sama sekali. Hal ini karena dampak serius yang bisa disebabkan pada tubuh, khususnya mata. Gunakan ponsel dengan cerdas, ya!

Baca Juga: Cara Ubah Setting WhatsApp Dark Mode atau Mode Gelap di Android, iOS 

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya