Comscore Tracker

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!

#IDNTimesHealth Perbaiki gaya hidupmu, ya

Para anak muda masa kini memang sudah banyak mengalami pergeseran budaya dan aktivitas yang memengaruhi kehidupan mereka sehari-hari. Hal ini tentu saja berkaitan dengan cara mereka dalam melakukan gaya hidup dan memilih jenis makanan yang dikonsumsi.

Gaya hidup ala millennial inilah yang justru memicu perdebatan karena banyak terdapat efek tidak baik di dalamnya. Jangan lakukan beberapa contoh gaya hidup ala millennial berikut ini jika tak ingin memperoleh dampak negatifnya.

1. Makanan dan minuman yang tak sehat

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!ilustrasi makan sehat vs junkfood (Pexels/Andres Ayrton)

Sudah bukan isapan jempol lagi bila memang saat ini banyak contoh makanan dan minuman yang termasuk ke dalam daftar tak sehat. Justru biasanya sajian tersebutlah yang sedang marak-maraknya menjadi santapan ala anak muda masa kini.

Kandungan gula, lemak, pewarna, pemanis, dan lainnya yang terdapat dalam aneka makanan dan minuman ini, membuat para anak muda memiliki risiko berlebih untuk memperoleh dampak negatif bagi kesehatan. Perbanyak konsumsi air putih dan buah-buahan agar tubuh tetap terjaga secara bugar.

2. Rokok dan alkohol yang sudah melekat di kehidupan anak muda

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!ilustrasi alkohol (Pexels/cottonbro)

Anak muda seakan identik dengan gaya hidupnya yang bebas dan dipenuhi dengan banyak hal baru. Tak ayal jika rokok dan alkohol menjadi dua hal umum yang biasanya menjadi bagian dari masa muda sebagian orang.

Tentu saja semuanya sudah tahu apa dampak negatif dari merokok dan mengonsumsi alkohol dalam jangka waktu panjang. Pertimbangkan hal tersebut jika tak ingin menyesal di masa tua.

3. Banyak main ponsel sebelum tidur

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!ilustrasi orang sedang tidur (Pexels/Ketut Subiyanto)

Semestinya jadwal keseharian dapat tertata dengan baik dalam menjadi hari, sehingga tidak akan saling berbenturan. Namun, kadang kala banyak anak muda yang tak perduli dengan peraturan yang ada.

Mereka tak akan mengidahkan aturan untuk tidak bermain ponsel sebelum tidur. Efeknya tentu saja kebiasaan begadang yang sulit lepas dan mengubah jam tidur.

Baca Juga: Jadi Lebih Bahagia, 5 Tips Hidup dengan Gaya Minimalis

4. Postur tubuh yang salah saat menggunakan laptop

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!ilustrasi orang bekerja (Unsplash/Corinne Kutz)

Mayoritas pekerjaan masa kini sudah banyak melibatkan laptop sebagai alat elektronik yang digunakan. Tentunya cara penggunaannya adalah dengan duduk secara tegap, meski kadang kala menimbulkan rasa pegal dan nyeri.

Kebiasaan yang terus berulang ini dapat menimbulkan dampak negatif. Sebab postur tubuh yang tak tepat, bisa menimbulkan efek tak baik. Selain itu, seringnya terkena cahaya laptop juga akan memengaruhi kesehatan mata.

5. Malas bergerak

5 Gaya Hidup ala Millennial yang Buruk Bagi Kesehatan, Banyak Terjadi!ilustrasi orang sedang duduk (Pexels/cottonbro)

Seakan dimanjakan dengan kemudahan fasilitas masa kini, memang anak muda seakan enggan untuk memperbanyak gerak agar tidak capek. Kemudahan dalam memesan makanan, memesan transportasi, membeli barang, dan lainnya menjadi alasan mengapa anak muda masa kini lebih banyak waktu bersantainya.

Kebiasaan ini tentu saja akan banyak memengaruhi kesehatan tubuh. Sebaiknya mulailah untuk memperbanyak gerak meskipun hanya merupakan gerakan sederhana saja. Misalnya saja seperti memperbanyak jalan kaki.

 

Memiliki kebiasaan yang telah disebutkan di atas tentu memiliki efek jangka panjang yang negatif bagi kesehatan. Minimalisirkan hal tersebut dengan mengubah pola aktivitas dan pola makan dengan tepat. Semoga sehat selalu, ya!

Baca Juga: 5 Tips Menahan Gaya Hidup Tinggi untuk Kamu yang Baru Berpenghasilan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya