Comscore Tracker

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepang

#IDNTimesFood Aroma dan cita rasa yang sangat khas

Natto merupakan olahan khas Jepang yang terbuat dari kacang kedelai. Proses pengolahannya dengan cara difermentasi hingga akhirnya siap untuk disantap. Namun, natto terkenal memiliki aroma dan cita rasa yang kuat, sehingga membuatnya tampak berbeda dari kebanyakan jenis makanan.

Meskipun natto dianggap sebagai makanan yang 'aneh' karena cita rasa dan aromanya, faktanya makanan ini justru memiliki segudang manfaat di dalamnya. Beberapa manfaat berikut ini dapat kamu peroleh dengan mengonsumsi natto.

1. Menyehatkan sistem pencernaan tubuh

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas JepangIlustrasi wanita sedang sakit perut (Pexels/Polina Zimmerman)

Natto menjadi salah satu makanan yang memiliki kandungan baik untuk kesehatan pencernaan. Hal ini karena natto memiliki bakteri baik yang mampu menyehatkan organ pencernaan.

Bakteri baik yang terdapat dalam makanan ini dapat membantu menghalau beragam bakteri jahat yang bisa menyebabkan gangguan pencernaan. Segala bentuk permasalahan pencernaan pun dapat teratasi dengan sangat baik.

2. Meningkatkan kesehatan otak tubuh

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas JepangIlustrasi wanita sedang konsentrasi belajar (Pexels/Artem Podrez)

Natto adalah salah satu jenis makanan yang mengandung banyak probiotik baik bagi tubuh. Kandungan tersebut dipercaya dapat membantu menurunkan stres, meningkatkan daya ingat, serta mengurangi gejala kecemasan yang dirasakan. 

Tak heran jika kemudian natto dianggap sebagai obat antidepresan alami untuk dikonsumsi. Tentunya menu makanan ini juga cocok dikonsumsi di kala suasana hati sedang tak baik.

3. Menguatkan imunitas

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas JepangIlustrasi pria berolahraga untuk meningkatkan imunitas (Pexels/William Choquette)

Kandungan beragam vitamin dan probiotik ternyata dapat kamu temukan secara utuh pada olahan natto. Tentu saja hal ini membuat natto menyimpan banyak manfaat, khususnya yang berkaitan pada imunitas.

Beragam kandungannya mampu meningkatkan antibodi yang ada di dalam tubuh, sehingga mampu menghalau beragam virus atau bakteri jahat. Selain itu, kandungan nutrisinya juga berperan penting dalam memaksimalkan fungsi imun tubuh.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Natto, Kedelai Fermentasi Khas Jepang

4. Menjaga kesehatan tulang

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas JepangIlustrasi pria sedang siap untuk berlari (Pexels/nappy)

Tak hanya susu saja yang dapat kamu jadikan sumber protein untuk memperoleh kesehatan tulang yang maksimal. Faktanya natto pun juga dapat memainkan peran yang baik untuk kesehatan tulang.

Hal ini dikarenakan kandungan kalsium yang ada di dalam natto. Kandungan ini kemudian akan membantu proses mobilitas seseorang menjadi lebih mudah, bahkan fungsinya pun bisa jadi lebih maksimal.

5. Memberikan berat badan yang ideal

5 Manfaat Sehat dari Natto, Sajian Kedelai Fermentasi Khas Jepangilustrasi timbangan berat badan (Pexels/SHVETS production)

Bagi kamu sedang menerapkan pola hidup sehat atau diet, maka natto bisa menjadi pilihan menu makanan yang harus dikonsumsi. Natto dapat membantu program dietmu menjadi lebih mudah.

Makanan ini memiliki kandungan serat dan probiotik alami yang sangat bermanfaat untuk menstabilkan berat badan. Pengonsumsian dengan porsi yang tepat tentu tak akan menyulitkanmu dalam memperoleh manfaatnya.

 

Beraneka manfaat baik dari natto tentunya sangat penting dalam memaksimalkan segala fungsi tubuh yang dibutuhkan. Meski cita rasa dan aromanya tak selezat sajian lain, namun manfaatnya sangat bagus untuk kesehatan. Tertarik mencicipinya?

Baca Juga: Selain Natto, Ini 5 Hasil Fermentasi Khas Jepang yang Wajib Dicoba

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya