Comscore Tracker

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamil

Jangan sembarangan dalam merencanakan program kehamilan!

Bagi pasangan yang sudah menikah, tentunya kehadiran anak menjadi satu hal yang sangat diharapkan. Banyak pasangan yang berusaha semaksimal mungkin agar memperoleh kepercayaan dalam memiliki buah hati, meski harus melalui program hamil sekali pun.

Nyatanya merencanakan kehamilan melalui program hamil pun tak selalu berjalan lancar. Terkadang, ada saja beberapa persoalan dan masalah seperti beberapa hal berikut ini yang mungkin kerap terjadi pada pasangan yang sedang dalam program hamil.

1. Menunda-nunda jadwal cek ke dokter

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamililustrasi dokter (unsplash.com/@usmanyousaf)

Hal pertama yang kerap terjadi adalah kebiasaan untuk gemar menunda jadwal cek atau kontrol ke dokter. Padahal semestinya pasangan sudah memiliki komitmen tinggi dalam merencanakan kehamilan, sehingga tidak ada alasan untuk terus menundanya.

Sayangnya, pasangan yang gemar menunda-nunda jadwal kontrol justru hanya akan menunjukan ketidaksiapan dalam menjadi orangtua. Oleh sebab itu, lebih baik pikirkan lagi rencana program hamilmu.

2. Pola hidup yang sulit sehat

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamililustrasi berolahraga (unsplash.com/@gabinvallet)

Untuk dapat memperoleh kehamilan yang sehat, tentunya harus diseimbangi dengan gaya hidup yang terstruktur. Gaya hidup ini bukan hanya persoalan makan semata, melainkan juga kebersihan, pola tidur, kebiasaan merokok, minum alkohol, dan masih banyak lagi.

Beragam pantangan dan larangan tentunya harus ditaati sebagai wujud usaha dalam memperoleh program hamil yang diharapkan. Sayangnya, terkadang ada saja pasangan yang belum siap dalam menjalani pola hidup sehat, sehingga masih saja bersikap tidak konsisten.

Baca Juga: 5 Persiapan Sebelum Menjalani Program Hamil

3. Stres berlebihan

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamililustrasi merasa stres (unsplash.com/@anthonytran)

Satu hal yang harus dihindari dalam merencanakan program kehamilan adalah dengan menghindari stres secara cermat. Banyak perempuan yang ingin hamil, tapi justru tidak mampu mengelola stresnya dengan baik.

Bukan hanya tugas perempuan saja dalam konteks ini, namun para pria juga memiliki kewajiban untuk senantiasa menciptakan suasana yang nyaman bagi pasangannya. Lewat hal tersebut, maka rasa stres pun tak akan secara mudah menghinggapi.

4. Gemar menyalahkan pihak perempuan

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamililustrasi bertengkar (unsplash.com/@javaistan)

Program kehamilan sejatinya merupakan sebuah perencanaan yang dijalankan oleh pasangan suami istri. Hal ini jelas bukan hanya dilalui oleh istri saja atau bahkan suami saja, sehingga kerja sama keduanya harus seimbang.

Justru persoalan yang kerap terjadi pada hal ini adalah kebiasaan gemar menyalahkan pihak perempuan apabila ada masalah dalam program hamil yang dijalankan. Padahal permasalahan reproduksi bukan hanya berisiko terjadi pada perempuan, namun pria pun bisa mengalami hal serupa.

5. Kekeliruan dalam berhubungan seksual

5 Masalah yang Kerap Terjadi saat Merencanakan Program Hamililustrasi intim (unsplash.com/@filipp_roman_photography)

Jika sepasang suami istri melakukan kontrol ke dokter untuk program hamil, maka nantinya akan banyak memperoleh nasihat dalam berbagai hal. Salah satunya termasuk untuk urusan aktivitas seksual yang akan secara rutin dilakukan.

Sayangnya beberapa pasangan justru kerap mengalami persoalan atau kekeliruan dalam berhubungan seksual. Dari mulai jadwal yang tidak rutin, penggunaan cairan lubrikasi, hingga posisi yang tak tepat.



Semua perencanaan program hamil tentu sudah semestinya dilakukan oleh suami dan istri secara kompak. Tidak saling menyalahkan menjadi satu hal penting yang harus diperhatikan jika ingin sukses programnya. Terpenting harus kompak dalam menunjukkan dukungan terhadap satu sama lain, ya!

Baca Juga: 5 Kesalahan yang Banyak Dilakukan Saat Program Hamil, Pasutri Simak!

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya