Comscore Tracker

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkan

Yuk pergi ke spa Ma!

Masa kehamilan bisa membawa banyak perubahan pada tubuhmu. Seperti misalnya, hormon yang tidak teratur dan perubahan bentuk tubuh. Bahkan setelah melahirkan, masih ada berat yang tertinggal dan membuat kulit tubuh terlihat kendur di beberapa tempat.

Secara emosional, bentuk tubuh yang kendur di mana-mana serta terlihat besar, membuat perempuan tidak pede. Namun bentuk tubuh setelah melahirkan ini perlu waktu untuk mengembalikannya. Dan berikut hal yang bisa kamu lakukan untuk mengencangkan kulit serta menguruskan tubuh setelah melahirkan.

1. Berolahragalah saat sudah bisa

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkanrawpixel.com/McKinsey

Setelah 40 hari beristirahat dan memulihkan tubuh, kamu bisa mulai berolahraga teratur untuk mengencangkan kulit. Mulai dari hal yang ringan dulu, misalnya, jalan cepat, berenang, atau pun jogging.

Setelah dokter mengizinkan kamu untuk lebih aktif lagi, tambahkan dengan latihan kekuatan. Seperti misalnya, sit-up dan push-up. Mengikuti kelas pilates dan yoga juga akan sangat membantu untuk membuat kulit kencang dan menguruskan tubuh.

2. Hindari konsumsi karbo berlebihan

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkanrawpixel.com/Edgar Castrejon

Perempuan baru melahirkan pasti tetap membutuhkan makanan banyak untuk mengembalikan tenaga dan meningkatkan produksi ASI. Namun setelah melahirkan, hindari mengonsumsi karbo terlalu banyak agar tubuh tidak bertambah berat.

Makan banyak protein dan lemak sehat yang dapat membantu untuk meningkatkan energi serta membangun otot. Selain itu, protein juga dapat membantu meningkatkan produksi ASI. Penting sekali bagi ibu menyusui.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

3. Minum air putih lebih banyak

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkanrawpixel.com/Karolina

Bukan cuma pada masa hamil, minum air putih yang banyak juga penting setelah melahirkan. Air dapat melembabkan kulit dan membuat tubuh lebih segar, sehingga tidak mudah lemas saat berolahraga.

4. Gunakan korset atau produk pengencang lainnya

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkandiaryofafitmommy.com

Sekarang ini, sudah banyak korset yang ramah digunakan baik dari sehari setelah melahirkan atau setelah luka kering. Selain dapat membantu mengencangkan kulit, produk-produk ini juga bisa membuat punggung tak mudah sakit. Cocok sekali untuk perempuan baru melahirkan yang bakal sering menunduk untuk merawat bayi!

Namun tentu, korset tidak bisa menghasilkan efek yang instan. Setiap hari, kamu perlu menggunakan minimal enam jam untuk mengencangkan kulit. Selain itu, jangan lupa terus minum air putih saat menggunakannya. Jangan digunakan saat tidur, lebih baik saat siang kamu beraktivitas.

5. Menjalani perawatan setelah melahirkan

5 Cara Mengencangkan Kulit & Menguruskan Tubuh Setelah Melahirkanrawpixel.com

Bukan cuma korset yang mudah ditemui sekarang ini, tapi juga perawatan setelah melahirkan. Biasanya, perawatan ini juga jadi satu paket dengan pijat bayi. Perawatan ini biasanya berlangsung selama satu bulan yang berfokus pada pijat pelangsing, spa dan sauna, perawatan payudara, bengkung, dan lain sebagainya. Cocok sekali untuk perempuan yang baru saja capek-capek setelah melahirkan!

Itulah hal yang bisa dilakukan untuk mengencangkan kulit dan menguruskan tubuh setelah melahirkan. Ingat ya, jangan langsung diet ketat. Kamu tetap membutuhkan energi untuk mengurus bayimu dan menyesuaikan kebiasaan baru di keluarga kecilmu itu.

Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Dalam 24 Jam Setelah Melahirkan

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya