Comscore Tracker

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinan

Pikiran yang tenang, persalinan juga lancar lho!

Sebenarnya jika ditanya, seberapa siapkah seorang calon ibu menghadapi persalinan? Pasti rata-rata menjawab tidak. Ada yang takut akan prosesnya, ada yang takut apa yang harus dilakukan setelah si bayi lahir.

Namun siap atau tidak, setiap calon ibu pasti tidak akan menghindari yang namanya persalinan. Oleh karena itu penting memiliki pikiran dan mental yang kuat menjelang persalinan. Berikut cara menyiapkan pikiran agar tetap tenang mendekati hari H. Ingat, dengan pikiran yang tenang, persalinan juga aman dan lancar lho.

1. Banyak-banyaklah mencari info

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinanrawpixel.com

Membaca dan mencari info mengenai persalinan dapat menolong menenangkan pikiran calon ibu lho. Setidaknya, kamu punya bekal untuk membuat keputusan selama persalinan itu terjadi. Apalagi bagi seseorang yang belum pernah melahirkan, banyak riset dapat membuatmu memperoleh informasi penting.

Bukan cuma saat persalinan, setelah melahirkan pun banyak riset juga menolongmu melalui depresi pascapersalinan. Gak heran, kelas-kelas pra persalinan banyak dibuka oleh rumah sakit untuk menolong calon mama agar dapat mengatasi baby blues dan mengajari cara merawat anak untuk pertama kalinya.

2. Terbukalah akan semua saran

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinanrawpixel.com/roungrout

Ibu yang ideal bukan berarti harus melahirkan normal. Ibu yang melahirkan dengan cara caesar jugalah ibu yang baik. Baik memberi ASI ataupun sufor pada hari pertama si bayi, keduanya juga merupakan keputusan dari ibu yang baik. Jadi tindakan apa pun yang dilakukan oleh ibu, ketahuilah kalau kamu ibu yang baik.

Terbukalah akan semua saran orang. Ingat, golnya adalah melahirkan anak tersebut dengan selamat ke dunia ini, dengan apa pun caranya. Jadi kalau ada yang menyarankan bahwa cara terbaik adalah dengan caesar, tak masalah. Toh semua keputusan yang diambil itu juga berujung baik, karena kamu bakal bertemu dengan malaikat kecilmu.

Baca Juga: 6 Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Hamil, Banyakin Air Putih Ya!

3. Percayalah kalau tubuhmu kuat

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinanrawpixel.com

Salah satu hal yang penting selama proses persalinan adalah mendengarkan tubuhmu sendiri. Jadi ketika memang posisi yang nyaman bagimu adalah dengan berdiri, maka lakukan. Dengan percaya kalau tubuhmu kuat, maka persalinan juga dapat berjalan lancar.

Beda ceritanya jika dari awal kamu merasa tidak mampu bisa melahirkan bayimu dengan selamat. Percaya tidak percaya, pemikiran ini juga akan berefek pada kondisi bayimu lho. Jadi sebaiknya dari satu bulan sebelum persalinan, tenangkan dirimu. Pikirkan hal yang positif, percayakan semua kepada dokter dan tubuhmu untuk melakukannya.

4. Punyalah rencana cadangan

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinanrawpixel.com/McKinsey

Bukan cuma berfungsi sebagai panduan saat melahirkan, namun punya rencana cadangan selama persalinan juga dapat menenangkan dirimu lho. Ada begitu banyak hal yang tidak bisa diprediksi saat persalinan, dan dengan punya plan A plan B, akan membuatmu tenang.

Bicarakan juga rencana cadangan ini dengan pasanganmu dan dokter. Jadi jika memang hal yang kamu harapkan awalnya tidak berjalan dengan sesuai, mereka tahu tindakan apa yang harus diambil.

5. Persiapkan fisikmu untuk menghadapi persalinan tersebut

5 Cara Menyiapkan Pikiran Agar Tetap Tenang Menjelang Persalinanrawpixel.com

Meski terlihat sepele, namun mempersiapkan diri selama persalinan itu sangat membantu untuk ketenangan mental dan hatimu lho. Ada banyak caranya, salah satunya berjalan kaki setiap pagi. Ikut yoga hamil atau senam hamil. Calon ibu juga bisa mengikuti kelas persiapan supaya kamu tahu apa yang harus dilakukan dengan si bayi.

Di rumah sakit, sudah ada banyak kelas-kelas seperti ini yang bisa kamu ikuti. Semua tinggal daftar dan kamu tinggal mengikuti jadwalnya deh. Mudah sekali bukan?

Setiap calon ibu pasti punya cara tersendiri untuk anaknya. Dan yakinlah bahwa cara atau langkah yang diambil adalah yang terbaik. Jadi sebelum menghadapi persalinan, tanamkan hal ini di pikiranmu. Tanamkan kalau kamu kuat dan kamu ibu yang baik, apa pun cara persalinannya.

Semangat para calon ibu di luar sana, you're the best mom in the world!

Baca Juga: 6 Hal yang Terjadi pada Tubuh Dalam 24 Jam Setelah Melahirkan

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya