Comscore Tracker

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamil

Mudah banget dan bisa dilakukan di rumah!

Merasakan hamil itu nikmat. Namun tak semua perubahan hormon dan fisik karena kehamilan itu bisa membuat nikmat juga. Nah salah satu problem yang dialami ibu hamil, khususnya pada trimester ketiga, adalah problem kaki bengkak.

Memang kaki bengkak itu gak bikin sakit, tapi yang pasti bikin tidak nyaman. Untungnya, ada beberapa cara untuk meringankan kaki bengkak pada ibu hamil. Cara ini bisa kamu lakukan sendiri di rumah, dan tak perlu obat.

1. Kurangi konsumsi makanan asin dan garam

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Emmy Smith

Salah satu cara paling umum untuk mengurangi kaki bengkak selama masa hamil adalah membatasi konsumsi makanan asin dan garam. Hal ini karena garam membuat air dalam tubuh jadi tertahan, tubuh jadi makin besar. Jadi semakin mendekati kelahiran, pilihlah makanan yang tidak terlalu manis dan tidak terlalu asin. Lagipula, itu semua untuk kebaikan bayimu bukan?

2. Banyak-banyaklah berjalan

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Krzysztof Kowalik

Selain bagus untuk mengurangi bengkak, banyak berjalan kaki juga akan membantu mempersiapkan tubuh saat mendekati persalinan. Berjalan kakilah selama 5 sampai 10 menit, sebanyak beberapa kali dalam satu hari. Hal ini dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, dan dapat mengurangi pembengkakan.

3. Tinggikan kaki saat sedang istirahat

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilanneematthew.com

Ketika sedang duduk atau tidur, atur posisi kaki agar sedikit lebih tinggi. Hal ini berguna agar peredaran darah lancar dan kaki tidak bengkak. Dan ingat, jangan duduk sepanjang waktu. Duduk sepanjang waktu tidak bagus untuk sirkulasi darah. Begitu juga berdiri di satu tempat. Lebih baik, sering-seringlah berjalan kaki.

Baca Juga: 6 Cara Agar Tubuh Tetap Bugar Selama Hamil, Banyakin Air Putih Ya!

4. Minum air putih lebih banyak lagi

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Steve Johnson

Meski terdengar aneh karena menambah konsumsi air saat tubuh mengalami pembengkakan, namun cara ini juga bisa berhasil lho. Bisa jadi, tubuh dengan mengira kamu sedang dehidrasi, maka dari itu tubuh menahan air dan menjadikannya bengkak. Ibu hamil perlu konsumsi banyak air, hal ini penting untuk kesehatan ginjalnya, dan penting untuk ketuban bayi.

5. Kurangi juga konsumsi kafein

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Nathan Dumlao

Selama hamil, banyaknya kafein yang boleh dikonsumsi hanya maksimal dua gelas per-hari. Lebih dari itu, dapat berbahaya bagi bayi, termasuk ibu hamil juga akan mengalami kaki bengkak. Karena itu, lebih baik kurangi konsumsi kafein. Ganti dengan susu yang kaya akan kalsium dan penting untuk tulang.

6. Gunakan pakaian yang nyaman

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Camylla Battani

Selama masa hamil, lebih baik hindari menggunakan baju atau celana yang ketat, dan sepatu yang tidak nyaman. Ganti dengan pilihan fashion yang lebih longgar dan nyaman. Mengenakan pakaian ketat dan sepatu yang tidak nyaman, dapat membuat darah tidak mudah sirkulasi dan kaki mengalami pembengkakan. Selain itu, kaki juga akan menjadi sakit karena dipaksa masuk ke sepatu.

7. Tidurlah dengan miring ke kiri

Tak Perlu Obat, Ini 7 Cara Meringankan Kaki Bengkak pada Ibu Hamilunsplash.com/Kinga Chichewicz

Ibu hamil, terutama di trimester akhir, sangat disarankan untuk tidur miring ke kiri. Hal ini dapat meningkatkan aliran darah dan dapat mengurangi pembengkakan di kaki. Tidur miring ke kiri juga akan menghilangkan tekanan pada rahim pada pembuluh darah besar yang membawa darah ke jantung.

Itulah cara mengurangi kaki bengkak pada ibu hamil yang mudah banget dilakukan di rumah. Namun perlu diingat, kaki bengkak juga merupakan tanda awal preeklampsia. Karena itu jika kamu mendadak bengkak juga secara mendadak di tangan dan wajah, serta diikuti dengan sakit kepala, pusing, dan sulit bernafas, maka kamu perlu segera menghubungi dokter.

Jangan diam saja, preeklampsia bisa menyebabkan keguguran dan bayi meninggal lho. Ditangani lebih cepat akan lebih baik!

Baca Juga: Menggunakan Skincare dengan Salicylic Acid Selama Hamil, Apakah Aman?

Winnie Hw Photo Verified Writer Winnie Hw

We like to party, yeah yeah yeah~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya