Comscore Tracker

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si "Kolesterol Jahat" Biang Penyakit

Jangan sampai kolesterol jahat menyerang

Low Density Lipoprotein (LDL) sering disebut sebagai kolesterol jahat karena jika kadarnya berlebihan dapat menyebabkan banyak penyakit. Jika LDL di darah terlalu banyak melebihi normal, maka dapat menyebabkan terbentuk plak di pembuluh darah yang disebut aterosklerosis. 

Aterosklerosis menyebabkan aliran darah terganggu sehingga bisa menimbulkan beberapa penyakit seperti hipertensi, penyakit jantung, dan stroke. Oleh karena itu kamu harus menjaga kadar LDL agar tidak melebihi batas normal. Menurunkan kadar LDL dalam darah tidak sulit untuk dilakukan. Berikut beberapa cara mudah untuk menurunkan kadar LDL.

1. Perbanyak konsumsi buah dan sayur

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si Kolesterol Jahat Biang Penyakitmeticulousbplans.com

Buah-buahan dan sayur mengandung banyak vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dilansir dari laman healthline.com, sebuah penelitian menunjukkan bahwa kelompok orang yang mengonsumsi buah dan sayur lebih banyak memiliki kadar LDL darah lebih rendah dibanding yang tidak mengonsumsi buah dan sayur.

Selain itu buah dan sayur juga mengandung antioksidan dan serat yang baik untuk kesehatan dan jantung. Konsumsi makanan yang mengandung serat menunjukkan peningkatan kadar kolesterol baik atau HDL.

2. Pilih makanan yang mengandung "kolesterol baik"

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si Kolesterol Jahat Biang Penyakitnypost.com

Kolesterol baik atau high density lipoprotein (HDL) berfungsi mengangkut kolesterol dari darah menuju ke hati untuk dipecah dan dibuang. Oleh karena itu HDL sangat baik untuk kesehatan. Beberapa jenis makanan yang tinggi HDL antara lain alpukat, kacang-kacangan, ikan, dan minyak zaitun.

3. Kurangi konsumsi makanan dan minuman manis

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si Kolesterol Jahat Biang Penyakitunsplash/ Call me hangry

Mengurangi konsumsi makanan yang manis dapat menurunkan kadar LDL dalam darah. Batasi konsumsi gula maksimal 50 gram per hari atau setara 4 sendok makan, termasuk gula dalam makanan dan minuman.

Junk food dan makanan kemasan juga mengandung kadar gula yang tinggi. Jadi selalu baca label kandungan gizi pada kemasannya. Gula juga terkandung pada minuman manis seperti soda, jus kemasan, boba, dan minuman berenergi. Jadi, jangan terlalu sering minum minuman tersebut. Perbanyaklah minum air putih saja ya.

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

4. Tambahkan rempah-rempah pada masakan

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si Kolesterol Jahat Biang Penyakitunsplash.com/@mana5280

Indonesia adalah negara yang kaya akan rempah-rempah. Selain menambah cita rasa dan aroma, beberapa rempah juga berkhasiat menurunkan kadar kolesterol. Jahe, kunyit, dan kayu manis dipercaya dapat membantu menurunkan kadar kolesterol, lho.

5. Rutin berolahraga

5 Cara Mudah Menurunkan LDL, Si Kolesterol Jahat Biang Penyakitunsplash/ Bruce Mars

Menurut penelitian, olahraga dengan rutin dapat menurunkan kadar LDL. Rutinlah berolahraga selama 20-40 menit setiap hari. Kamu bisa mulai dengan olahraga yang ringan seperti jalan kaki.

Itulah 5 cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Selalu periksakan kadar kolesterolmu dengan rutin tanpa menunggu munculnya gejala.

Baca Juga: 7 Tanda Kolesterol Tinggi Ini Akan Selamatkanmu jika Segera Diketahui

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya