Comscore Tracker

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsu

Pastikan dulu kompetensinya!

Terkadang masalah dalam hidup bisa membuatmu stres dan depresi hingga bisa mengancam kesehatan mentalmu. Daripada memendam sendiri kegundahanmu, lebih baik kamu menceritakan masalahmu tersebut untuk meringankan bebanmu. Tentu saja kamu tidak bisa bercerita kepada sembarang orang. Alih-alih mendapat solusi, kamu justru bisa makin pusing jika curhat kepada orang yang salah.

Nah, jika kamu membutuhkan pertolongan untuk berbagi masalah dan menjaga kesehatan mentalmu, sebaiknya kamu konsultasi dengan psikolog. Psikolog merupakan seorang ahli dalam kesehatan mental yang dapat mendiagnosis masalahmu melalui kepribadian, cara berbicara, tingkah laku, dan dari hal-hal yang kamu ceritakan. 

Namun, kamu perlu cermat saat memilih psikolog untuk konsultasi. Pastikan psikolog yang kamu pilih benar-benar kompeten. Kamu bisa memilih psikolog yang terpercaya dengan tips berikut agar terhindar dari psikolog abal-abal.

1. Pastikan kamu memilih psikolog dengan gelar M. Psi., Psikolog

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsumoneycrashers.com

Seseorang bisa menjadi psikolog jika kuliah sarjana (S1) dengan jurusan psikologi, lalu melanjutkan dengan kuliah magister (S2) psikologi. Jika hanya sarjana psikologi maka tidak bisa disebut psikolog. Seseorang yang mengambil sarjana atau magister jurusan lain lalu melanjutkan kuliah S3 jurusan psikologi juga tidak bisa disebut psikolog. Jadi pastikan bahwa psikolog yang menjadi pilihanmu mempunyai gelar M. Psi., Psikolog di belakang namanya ya.

2. Terdaftar di HIMPSI dan memiliki izin praktik

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsuacademics.pittstate.edu

Seluruh psikolog Indonesia yang legal terdaftar di Himpunan Psikologi Indonesia (HIMPSI). HIMPSI adalah lembaga resmi yang berwenang memberikan sertifikasi dan izin praktik untuk psikolog. Kamu bisa menanyakan langsung surat izin praktiknya kepada psikolog yang kamu tuju atau mengecek di situs HIMPSI dan masukkan nama psikolognya di daftar keanggotaan.

3. Cari referensi dan penilaian terhadap psikolog yang kamu pilih

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsugbpservices.com.au

Untuk meyakinkan pilihanmu, kamu perlu mencari referensi sebanyak-banyaknya. Kamu bisa mencari di website atau sosial medianya dan mencari rekam jejaknya. Terkadang ada juga pasien yang membagikan pengalamannya setelah berkonsultasi dengan psikolog, kamu bisa menjadikannya sebagai bahan pertimbangan.

Baca Juga: Urgent! Kamu Harus Segera ke Psikolog kalau Mengalami 7 Tanda Ini

4. Coba untuk konsultasi secara online terlebih dahulu

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsupexels/ Andrea Piacquadio

Beberapa psikolog menyediakan layanan konsultasi online sebelum bertemu langsung. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas konsultasi online tersebut. Jika kamu merasa cocok dan nyaman bisa melanjutkan dengan sesi konsultasi secara langsung.

5. Cek langsung ke tempat praktiknya

5 Tips Memilih Psikolog Terpercaya, Agar Tidak Terjebak yang Palsuthepsychologygroup.com

Agar lebih yakin, kamu bisa datang langsung ke tempat praktiknya. Dengan begitu, kamu bisa langsung menanyakan latar belakang, jadwal psikolog, dan bagaimana pelayanannya. 


Itulah 5 tips saat memilih psikolog yang terpercaya agar dapat membantu masalahmu. Jangan sampai salah pilih psikolog palsu ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Konsultasi Masalah pada Psikolog, Buatmu Lebih Merasa Tenang

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya