Comscore Tracker

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri Sendi

Segera periksa jika mengalami!

Nyeri sendi dalam bahasa medis disebut dengan arthritis. Nyeri pada persendian biasanya disebabkan adanya peradangan di sendi dan sekitarnya. Banyak orang sering mengalami nyeri di persendian, mulai dari sendi-sendi tangan, kaki, dan lutut. Seringnya nyeri sendi dihubungkan dengan asam urat. 

Kadar asam urat yang tinggi dapat menumpuk di sendi dan menyebabkan nyeri. Nyeri sendi akibat asam urat disebut dengan gout. Namun, tidak semua nyeri persendian disebabkan oleh asam urat. Ternyata ada beberapa penyakit lain yang juga mempunyai gejala nyeri sendi. Dilansir dari laman Medical News Today, berikut beberapa penyakit yang menyebabkan persendian terasa sakit.

1. Artritis reumatoid

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiArtritis reumatoid (techexplorist.com)

Artritis reumatoid merupakan penyakit autoimun. Sistem imun pada tubuh menyerang jaringan pada persendian sehingga terjadi peradangan. Radang pada persendian menyebabkan bengkak, kaku, dan nyeri. Biasanya menyerang sendi yang sama dan simetris pada tubuh, misalnya kedua lutut atau jari-jari tangan kanan dan kiri.

2. Osteoartritis

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiOsteoartritis (lyfebotanicals.com)

Osteoartritis disebabkan oleh kerusakan pada tulang rawan yang melindungi ujung tulang pada persendian. Biasanya menyerang lutut, pinggul, tangan, dan tulang punggung. Seiring bertambahnya usia maka risiko terkena penyakit ini semakin besar.

3. Penyakit lupus

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiIlustrasi orang didiagnosa lupus (verywellhealth.com)

Lupus juga merupakan penyakit autoimun. Sistem imun dalam tubuh akan menyerang jaringan tubuh yang sehat di berbagai organ tubuh seperti sendi, kulit, ginjal, hati, dan paru-paru. Persendian yang terserang sistem imun akan mengalami radang, bengkak, dan terasa nyeri.

Baca Juga: 6 Kebiasaan Sehari-hari yang Tanpa Disadari Dapat Memicu Artritis

4. Fibromyalgia

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiIlustrasi orang terkena fibromyalgia (health.clevelandclinic.org)

Fibromyalgia adalah suatu sindrom yang menyebabkan penderitanya merasa sakit di seluruh badan hingga gangguan mental. Sendi-sendi pun juga terasa nyeri. Selain itu, penderita fibromyalgia juga mengalami sulit tidur, kelelahan, hingga bisa terjadi gangguan kecemasan dan depresi. Penyebab pasti dari penyakit ini belum diketahui.

5. Pseudogout

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiPseudogout (verywellhealth.com)

Pseudogout mirip dengan penyakit gout yang disebabkan asam urat. Namun, pada pseudogout penyebabnya adalah penumpukan kristal kalsium pirofosfat dihidrat. Penumpukan kristal ini di persendian akan menyebabkan sendi meradang dan terasa nyeri mirip pada gout.

6. Infeksi

Gak Cuma Asam Urat, 6 Penyakit Ini Juga Sebabkan Nyeri SendiIlustrasi nyeri sendi (everydayhealth.com)

Beberapa infeksi virus menimbulkan gejala nyeri sendi, misalnya infeksi rubella, herpes, dan hepatitis. Selain itu, nyeri sendi juga bisa disebabkan oleh septic arthritis, yaitu jika bakteri atau virus terbawa melalui aliran darah dan menginfeksi sendi tubuh. Hal itu akan menyebabkan peradangan pada sendi dan terasa nyeri. Itulah 6 penyakit yang bisa menyebabkan nyeri pada sendi. Jika kamu mengalami gejala di atas segera periksa ke dokter ya.

Baca Juga: 6 Jenis Makanan Ini Bantu Turunkan Kadar Asam Urat, Bikin Tubuh Sehat

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya