Comscore Tracker

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar Rumah

Jangan sampai kulit bermasalah karena memakai masker

Dalam upaya mencegah penularan virus corona, WHO dan pemerintah mengeluarkan himbauan agar masyarakat selalu memakai masker jika keluar rumah. Masker kain menjadi alternatif untuk dipakai oleh masyarakat, sedangkan masker medis dan masker N95 untuk tenaga medis. Dengan memakai masker dapat mengurangi risiko penularan. 

Namun, memakai masker dalam jangka waktu yang lama dapat menimbulkan masalah kulit. Bagian wajah yang tertutup masker akan berkeringat. Selain itu juga terjadi gesekan masker pada kulit dan ada bagian kulit yang tertekan oleh masker. Hal itu dapat membuat kulit terluka dan terjadi infeksi. 

Oleh karena itu, kamu perlu melakukan beberapa cara untuk mencegah kerusakan kulit akibat sering memakai masker. Menurut seorang ahli dermatologi, Profesor Karen Ousey, yang dilansir dari laman University of Huddersfield, berikut beberapa tips yang bisa kamu coba.

1. Pilih masker dengan ukuran yang sesuai

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar Rumahmadeeveryday.com

Ketika membeli masker pilihlah yang ukurannya sesuai dengan wajahmu. Saat memakai masker, masker harus menutup wajah bagian hidung dan mulut tidak boleh ada celah. Namun, jangan memakai masker yang terlalu sempit atau terlalu kuat saat mengikatnya. Masker yang sempit atau ikatan terlalu kencang dapat membuat kulit tertekan dan iritasi.

2. Lepaskan masker tiap 2 jam

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar Rumahhongkongliving.com

Bagian kulit wajah yang tertutup masker akan terasa panas. Minyak dan keringat akan terperangkap selama beberapa saat. Minyak berlebih dapat menutup pori-pori kulit sehingga menyebabkan komedo dan jerawat.

Oleh karena itu, sebaiknya kamu membuka masker setiap 2 jam. Carilah tempat yang sepi dan bersih sehingga kamu bisa membuka masker dengan aman. Dengan begitu, tekanan akibat masker akan berkurang dan bersihkan kotoran dan keringat di wajah saat membuka masker.

Baca Juga: Masker Kain 2 Lapis Sama Ampuhnya dengan Masker Bedah Menangkal Corona

3. Bersihkan kulit wajah secara rutin

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar Rumahwellandgood.com

Kulit yang panas akibat tertutup masker akan memproduksi keringat dan minyak berlebih. Hal itu bisa menyebabkan wajahmu lebih mudah tumbuh komedo dan jerawat. Oleh karena itu kamu perlu membersihkan kulit secara rutin.

4. Pakai pelembab dan barrier cream sebelum memakai masker

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar RumahFreepik.com

Kelembaban dan hidrasi kulit harus selalu terjaga agar kulit tidak kering. Kulit yang kering akan mudah teriritasi, apalagi dengan adanya gesekan dari masker. Jadi, kamu perlu memakai pelembab dan barrier cream untuk mencegah iritasi kulit akibat memakai masker. Pakailah sekitar 1 jam sebelum memakai masker.

5. Ganti masker jika sudah lembab, kotor atau sobek

5 Tips Mencegah Masalah Kulit Akibat Memakai Masker Saat Keluar RumahFreepik.com

Jika masker sudah lembab akibat keringat, kotor, atau sobek maka segera lepaskan dan ganti dengan yang baru. Kotoran yang menempel pada masker dapat berpindah ke kulit wajahmu dan menyebabkan infeksi.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mencegah masalah kulit akibat sering memakai masker saat keluar rumah. Namun, di rumah saja tetap lebih baik untuk memutus penularan COVID-19. Selalu jaga kesehatan ya!

Baca Juga: Pakai Masker Kain Nggak Boleh Asal, Sudah Tahu 5 Hal Ini Belum? 

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya