Comscore Tracker

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!

Jangan sampai salah terima informasi, ya...

Virus corona atau COVID-19 sudah menjadi pandemi yang meresahkan masyarakat dunia. Vaksinnya pun masih dalam pengembangan. Lantas, apakah COVID-19 bisa dicegah dengan minum antibiotik? Apa kata WHO tentang hal ini, ya? Yuk, kita bahas!

1. Melawan bakteri, bukan virus

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!pexels.com/anna shvets

Dalam situs resminya, WHO menyampaikan kalau antibiotik itu hanya untuk melawan infeksi bakteri, bukan virus. Sementara itu, COVID-19 sendiri disebabkan oleh virus. Jadi, udah pasti antibiotik gak bisa mencegah ataupun mengobati COVID-19.

2. Belum ada obat yang bisa menyembuhkan COVID-19

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!pexels.com/pietro jeng

WHO juga menyampaikan melalui situs resminya bahwa belum ada obat yang terbukti bisa menyembuhkan COVID-19. Berbagai tindakan mengobati diri sendiri dengan obat, termasuk antibiotik atau vaksin, gak direkomendasikan oleh WHO. Disampaikan oleh WHO bahwa beberapa obat dan vaksin masih dalam tahap uji klinis.

Baca Juga: 5 Tips Tetap Produktif Saat Work from Home! Jangan Cuma Rebahan, ya

3. Bahaya mengonsumsi antibiotik berlebihan

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!pexels.com/jeshoots.com

Mengonsumsi antibiotik berlebihan bisa menyebabkan resistensi antibiotik, suatu kondisi saat bakteri tidak dapat dimatikan dengan antibiotik. Tahun lalu, WHO mengatakan bahwa resistensi antibiotik jadi salah satu dari sepuluh ancaman kesehatan global. Bahkan, tahun lalu, ada 700 ribu kematian yang disebabkan oleh resistensi antibiotik.

Maka dari itu, jangan konsumsi antibiotik sembarangan. Harus ada anjuran dari dokter mengenai dosis dan jangka waktu penggunaan antibiotik.

4. Cuci tangan merupakan cara terbaik mencegah COVID-19

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!unsplash.com/claudio shwarz

Ada cara lain yang lebih efektif dalam melawan dan mencegah COVID-19 yaitu dengan rajin cuci tangan. Selain itu, pastikan kamu menutup mulut dan hidung dengan siku yang terlipat atau tisu saat batuk atau bersin.

5. Jangan lupa physical distancing, ya!

Antibiotik Bisa Cegah COVID-19? Cek Faktanya di sini!pexels.com/markus spiske

Cara lainnya untuk mencegah COVID-19 dengan physical distancing. Pastikan kamu jaga jarak dengan yang lainnya sekitar 1-2 meter, ya! Usahakan gak ke luar rumah jika tidak ada keperluan yang sangat mendesak.

Dengan adanya penyebaran COVID-19 ini, saatnya generasi muda dan anak bangsa tampil menyuarakan bahwa dengan prosedur yang tepat; sikap positif yang bukan saling menghakimi dan menjatuhkan; dan tidak saling menyalahkan dan terlibat pertengkaran politik.

Mari bahu-membahu melewati krisis ini tanpa memperuncing perbedaan politik dan SARA. Karena kita bersama, #IndonesiaKuat!

Baca Juga: 5 Financial Advisor yang Wajib Kamu Follow di Instagram!

Young On Top Photo Verified Writer Young On Top

Community-organization nya anak muda Indonesia yang tersebar di 25 kota di Indonesia!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya