Comscore Tracker

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!

Mindset ini sudah melekat di masyarakat

Masturbasi atau onani memang penting bagi banyak orang. Pasalnya, untuk orang yang masih single maupun sudah berkeluarga, masturbasi bisa memberikan kebahagiaan, kepuasan, hingga orgasme yang sensasinya luar biasa. Praktis, kegiatan mengeluarkan sperma ini rutin dilaksanakan karena dianggap memiliki efek yang fantastis.

Akan tetapi, muncul kekhawatiran di kalangan masyarakat yang sering melakukan masturbasi. Banyak desas-desus yang beredar kalau masturbasi itu tidak baik karena bisa menjadi penyebab utama seseorang jerawatan. Atau jangan-jangan, itu hanyalah mitos belaka? Baca terus sampai habis untuk menemukan jawabannya!

1. Masturbasi tidak ada kaitannya dengan jerawat

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!leaf.tv

Seorang dokter kulit bernama Dr. Shainhouse melalui Health24 mengatakan kalau masturbasi sama sekali tidak memiliki kaitan dengan jerawat seseorang. Menurutnya, sesering apapun kamu melakukan masturbasi, kamu tidak akan pernah breakout hanya karena melakukannya.

Terlebih, seks yang notabene juga mengeluarkan sperma tidak membuat kamu jadi jerawatan. Maka dari itu kamu tidak perlu khawatir lagi muka kamu berjerawat karena habis masturbasi.

2. Kulit kamu malah jadi lebih cerah setelah masturbasi

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!perksandstyle.wordpress.com

Alih-alih jerawatan, kulit kamu malah jadi lebih cerah setelah masturbasi. Bukan tanpa sebab, ketika kamu melakukan masturbasi dengan semangat, maka kadar adrenalin dalam darah akan meningkat sehingga tubuh kamu mengeluarkan keringat. Nah, keringat inilah yang menyebabkan kulit kamu jadi lebih glowing setelah masturbasi.

Meski demikian, lebih efektif lagi kalau kamu bercinta dengan pasangan kamu. Niscaya, keringat yang dikeluarkan akan lebih banyak sehingga kemungkinan kulit kamu lebih cerah menjadi lebih besar.

3. Pola pikir remaja yang menganggap masturbasi sebabkan jerawat

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!mirror.co.uk

Melansir Healthline, masturbasi mulai kerap dilakukan ketika seseorang baru saja memasuki tahap pubertas. Kebetulan sekali, di saat pubertas justru jerawat mulai merambah para remaja. Alhasil, ketika muka mereka jerawatan, mereka akan menyalahkan masturbasi yang padahal bukanlah faktor utama mereka jadi berjerawat.

Baca Juga: Tyson Fury Melakukan 7 Kali Sehari? Ini Manfaat Masturbasi untuk Atlet

4. Hormon jadi sebab utama jerawat

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!independent.co.uk

Selama pubertas, tubuh kamu menghasilkan lebih banyak testosteron dan androgen lainnya. Peningkatan hormon juga berarti tubuh kamu menghasilkan lebih banyak sebum, suatu zat berminyak yang dikeluarkan dari kelenjar sebaceous.

Memang sih sebum melindungi kulit kamu. Sayangnya, kalau terlalu banyak, pori-pori kamu dapat tersumbat dan jerawat dapat berkembang.

5. Masturbasi tidak akan memperbanyak sebum

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!indiatimes.com

Berhubung jerawat juga disebabkan terlalu banyaknya sebum yang dihasilkan tubuh, kamu tidak perlu khawatir dengan masturbasi. Sebab, masturbasi tidak mempengaruhi seberapa banyak sebum yang dihasilkan tubuh kamu. Oleh karena itu, mulai stop berpikir kalau masturbasi bisa bikin muka kamu tumbuh jerawat ya.

6. Jerawat tidak mengenal umur

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!health.clevelandclinic.org

Kamu harus sadar kalau jerawat tidak hanya menyerang remaja saja, melainkan juga orang yang sudah tua sekalipun. Dengan demikian, di usia berapapun kamu, masturbasi tidak akan membuat kamu jadi jerawatan, melainkan ada faktor lain.

Lihat saja, memangnya mereka yang sudah dewasa ketika habis ngeseks langsung jerawatan? Enggak, kan? Hormon lah yang tetap jadi sebab utamanya.

7. Bisa tingkatkan testosteron

Masturbasi Bisa Bikin Kamu Jerawatan, Benarkah? Ini Kata Ahli!fit4lessamsterdam.wordpress.com

Baru-baru ini, petinju kelas dunia Tyson Fury mengklaim kalau dia melakukan masturbasi 7 kali dalam sehari. Alasannya, Fury menganggap kalau testosteronnya bisa meningkat karena masturbasi. Ya, masturbasi memang bisa meningkatkan testosteron kamu.

Meski demikian, penelitian menyatakan kalau perubahan kadar testosteron setelah masturbasi tidak meningkat secara signifikan. Dalam beberapa menit saja, testosteron bisa kembali normal. Jadi, masturbasi benar-benar tidak mempengaruhi kulit kamu untuk jadi berjerawat.

Nah, itu dia beberapa hal yang perlu kamu tahu seputar masturbasi yang dianggap bisa bikin jerawat tumbuh. Kalau ada teman kamu yang bilang seperti itu, kamu jadi sudah bisa mematahkan mitos itu deh.

Baca Juga: 7 Mitos Masturbasi Paling Populer, Jangan Gampang Percaya Lagi ya!

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya