Comscore Tracker

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seks

Pentingnya membersihkan tubuh setelah berhubungan seks!

Seks merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun, kamu juga perlu memerhatikan kebersihan di sekitar alat kelamin pasca berhubungan seks dengan cara membersihkan diri agar terhindar dari infeksi.

Dalam artikel kali ini, penulis memberikan sedikit tips yang bisa kamu terapkan setelah berhubungan seks dengan pasangan. Langkah-langkah sederhana ini mampu membantu kamu tetap sehat dan terhindar dari ketidaknyamanan di masa-masa mendatang.

Simak sederet inspirasinya berikut ini, yuk!

1. Mencuci tangan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seksilustrasi mencuci tangan (pixabay.com/ivabalk)

Disarankan agar selalu mencuci kedua tangan dengan sabun setelah berhubung seks. Mengapa demikian? Karena pada saat berhubungan seks, kamu pasti menyentuh alat kelamin pasanganmu atau bahkan telah menyentuh kemaluanmu sendiri.

Hal ini membuat tangan dapat terkontaminasi oleh kuman dan bakteri. Jadi, alangkah baiknya segeralah mencuci tangan setelah selesai berhubungan seks agar terhindar dari penyebaran infeksi.

2. Kencing

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seksilustrasi seorang wanita menahan kencing (pixabay.com/bzndenis)

Apakah saat melakukan seks pasanganmu menggunakan jari-jari atau alat bantu seks untuk dimasukkan ke dalam vagina? Jika iya, maka kamu harus selalu buang air kecil setelahnya terhindar dari kuman penyebab infeksi.

Beberapa ahli kesehatan menyarankan agar kamu melakukan buang air kecil setelah berhubungan seks untuk mengeluarkan bakteri yang tertimbun di uretra. Jadi, segeralah buang air kecil agar terhindar dari infeksi yang tidak diinginkan, ya!

Baca Juga: Waktu Terbaik Berhubungan Seks Berdasarkan Kronotipe Tidur

3. Bersihkan badan

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seksilustrasi wanita mandi (pixabay.com/pexels)

Mandi disaat selesai berhubungan seks kerap disepelekan oleh banyak kaum perempuan, apalagi jika waktu melakukan aktivitas seks tersebut dilakukan pada malam hari. Mungkin, sebagian dari kamu akan merasa malas untuk melakukannya, bukan?

Saat melakukan kontak langsung dengan alat kelamin pasangan, tanpa disadari kamu bisa saja terkena kuman dan bakteri yang bisa mengakibatkan kemungkinan mengalami infeksi saluran kemih (ISK) apabila tidak segera dibersihkan. Kalau memungkinkan, cara membersihkan diri terbaik adalah segera mandi setelah melakukan hubungan seks, ya!

4. Kenakan pakaian nyaman

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seksilustrasi wanita sedang berbaring (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Setelah berhubungan seks, kamu mungkin merasa lelah dan ingin segera beristirahat. Dalam kasus ini, apabila kamu mengenakan pakaian atau dalaman yang terlalu ketat, hal itu dapat mempengaruhi sirkulasi darah yang mengakibatkan tubuh menjadi tidak nyaman.

Kenakan pakaian longgar atau berbahan kain yang dapat menyerap keringat untuk mencegah berkembangnya bakteri setelah kamu selesai berhubungan seks. Apabila kamu memilih untuk langsung tidur, melepas pakaian dalam jauh lebih disarankan agar tidur kamu menjadi lebih nyaman.

5. Hidrasi tubuh

5 Hal yang Perlu Dilakukan Perempuan setelah Berhubungan Seksilustrasi wanita sedang minum (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hidrasi tubuh sangatlah penting, terlebih setelah melakukan berhubungan seks. Meminum air dapat mencegah kekeringan di sekitar vagina dan menyingkirkan bakteri yang dapat menyebabkan infeksi saluran kemih (ISK) ataupun infeksi lainnya.

Salah satu faktor kondisi vagina itu kering yaitu disebabkan oleh dehidrasi. Dilansir, The Star, para dokter menyarankan untuk selalu minum air dalam jumlah yang cukup setiap hari agar dapat menghidrasi kulit vulva dan vagina.

Area vagina perempuan memang lebih rentan jadi sarang bakteri. Khususnya setelah berhubungan seks, mulai sekarang kamu wajib lebih disiplin menerapkan sederet aktivitas menjaga kebersihan seperti yang telah diulas di artikel ini, ya!

Baca Juga: Bagaimana Cara Meningkatkan Gairah Seks bagi Lansia?

Ahmad Sandi Photo Verified Writer Ahmad Sandi

Menulis itu menyenangkan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya