TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

10 Tanda Awal Kamu Mulai Masuki Masa Menopause, Perempuan Wajib Tahu!

Yuk, ketahui sejak awal biar tidak kaget..

ilustrasi perempuan usia menopause (health.harvard.edu)

Seiring bertambahnya usia, setiap wanita tentu akan memasuki masa menopause. Hal ini sudah pasti tidak dapat dihindari lagi.

Meski demikian, gejala dan tandanya dapat kamu kenali sejak dini. Berikut ini 10 tanda-tanda awal ketika wanita mulai menopause.

1. Menstruasi tidak teratur

modibodi.com

Sebelum menstruasi benar-benar berhenti, wanita yang memasuki masa menopause akan mengalami perubahan siklus menstruasi. Selain itu, kamu juga bisa mendapati jumlah darah yang lebih banyak atau lebih sedikit saat menstruasi. Hal tersebut biasanya disebabkan karena adanya ketidakseimbangan hormon.

2. Perubahan kulit dan rambut

thelist.com

Memasuki usia yang sudah tidak lagi muda tentunya juga akan memengaruhi penampilan tubuh secara fisik. Penurunan jaringan lemak pada tubuh saat mengalami penuaan dapat membuat kulit lebih kering dan tipis.

Tidak hanya itu, rambut kamu juga akan lebih rapuh dan kering, bahkan mengalami kerusakan yang parah. Hal ini biasanya disebabkan oleh berkurangnya estrogen saat kamu memasuki masa menopause.

3. Gairah seksual menurun

medicalnewstoday.com

Penurunan kadar estrogen pada tubuh nyatanya dapat memperlambat reaksi orgasme, dan memperlambat reaksi klitoris. Akibatnya, kamu akan mengalami penurunan gairah seksual yang diakibatkan oleh adanya rasa nyeri saat berhubungan.

4. Perubahan mood

belmarrahealth.com

Perubahan mood pada seseorang merupakan hal yang wajar. Akan tetapi, bagi wanita yang sudah memasuki masa penuaan hal tersebut bisa menjadi tanda jika ia mulai mengalami menopause.

Hal tersebut karena adanya perubahan hormon yang memengaruhi otak. Sehingga kamu akan mengalami gangguan seperti cepat marah, depresi, dan suasana hati yang mudah berubah.

Baca Juga: Ini 8 Gejala Menopause yang Sebaiknya Kamu Kenali Sedini Mungkin, Say!

5. Sering buang air kecil

healthxchange.sg

Wanita yang masuk dalam masa pra-menopause biasanya akan kerap mengalami inkontinensia atau sering buang air kecil. Hal ini dikarenakan jaringan uretra dan otot pelvis mulai kehilangan elastisitasnya. Untuk itu hindari minuman beralkohol dan mulai lakukan senam kegel agar otot organ genitalmu tetap kencang.

6. Infeksi saluran kemih

ilustrasi infeksi saluran kemih (belmarrahealth.com)

Keinginan untuk buang air kecil secara terus menerus yang tidak dapat ditahan ternyata dapat berakibat buruk bagi kesehatan Miss V. Sebab, penurunan kadar estrogen dalam tubuh juga dapat mengakibatkan organ genital lebih rentan terhadap infeksi. Dalam kondisi seperti ini, beberapa wanita akan mengalami sensasi panas seperti terbakar saat sedang buang air kecil.

7. Berat badan bertambah

medicalxpress.com

Perubahan hormonan ternyata tidak hanya berpengaruh pada perubahan mood yang drastis. Hal tersebut juga dapat mengakibatkan berat badan bertambah terutama di bagian pinggang. Rendahnya tingkat estrogen membuat tubuh menjadi lebih lama dalam mempertahankan jumlah lemak.

8. Hot flashes

health.harvard.edu

Hot flashes merupakan kondisi di mana kamu mengalami sensasi panas di beberapa bagian tubuh atau bahkan seluruhnya. Biasanya kondisi ini akan ditandai dengan wajah dan leher yang memerah dan berkeringat. Hot flashes dapat berlangsung antara 30 detik hingga 10 menit selama satu hingga dua tahun terakhir setelah menstruasi terakhir.

9. Vagina mengering

hiplatina.com

Berkurangnya produksi estrogen dan progesteron juga berpengaruh pada kelembapan lapisan tipis yang melapisi dinding vagina. Akibatnya, vagina akan terasa kering dan menimbulkan rasa sakit saat berhubungan. Selain itu, beberapa wanita juga mengalami rasa gatal atau panas di bagian mulut wanita.

Baca Juga: Ternyata Pria Juga Bisa Menopause, Ini 12 Gejala yang Paling Utama

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya