Comscore Tracker

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Seks

Bisa diterapkan kalau belum mau punya momongan

Hubungan seks bisa didasarkan atas berbagai macam tujuan, salah satunya untuk memiliki keturunan. Ya, itu cuma salah satu tujuan, karena tidak semua orang ingin memiliki momongan dulu. Masalahnya, bagi orang yang belum ingin punya anak, kehamilan bisa menjadi tantangan yang menambah beban.

Nah, jika kamu termasuk salah satunya, ketahui beberapa kondisi yang memungkinkan kamu untuk tidak hamil setelah berhubungan seks!

1. Kamu sedang haid

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Seksthefemalecompany.com

Memang sih masih mungkin untuk terjadi kehamilan ketika kamu melakukan hubungan seks di tengah kamu sedang menstruasi, tapi probabilitasnya kecil sekali. Kalau kamu memahami proses menstruasi dan sifat biologis sperma, kamu mungkin akan mengerti alasannya. Sel telur yang tidak dibuahi memang akan dibuang saat menstruasi.

Namun, sperma bisa hidup di uterus hingga lima hari, bahkan setelah masa menstruasimu berakhir. Kalau itu sampai terjadi, maka jadi memungkinkan untuk terjadi kehamilan.

2. Kamu sedang menyusui

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Seksevete.org

Menurut penjelasan Sherry Ross, M.D., OB/GYN, pakar kesehatan wanita di Santa Monica dan penulis She-ology, ketika sedang menyusui, hormon estrogen, yang bertanggung jawab agar kamu menstruasi setiap bulan sedang ditekan. Selain itu, hormon prolactin, yang menstimulus produksi susu ibu juga mencegah terjadinya ovulasi.

Tanpa menstruasi, kamu tidak akan mengalami ovulasi secara reguler sehingga kecil kemungkinan untuk terjadi kehamilan, walaupun bukan tidak mungkin.

3. Kamu sedang di tengah program kontrol kehamilan

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Sekspregistry.com

Kalau kamu sedang di tengah program kontrol kehamilan dan kamu mengikuti semua instruksinya dengan saksama, kemungkinan terjadinya kehamilan di bawah 1 persen. Baik itu dalam bentuk pil, alat kontrasepsi tempel, cincin, implan, IUD dan lain sebagainya. Dilansir dari instyle.com, kontrasepsi hormon juga berfungsi untuk mencegah terbentuknya sel telur yang matang.

Baca Juga: Bisakah Perempuan Hamil Mengalami Menstruasi?

4. Kamu dan pasanganmu menggunakan teknik "cabut sebelum keluar"

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Seksnews18.com

Cara "tradisional" yang sudah menjadi taktik umum untuk mencegah kehamilan ini bukan cuma mitos kok. Memang susah dilakukan dan masih dapat menyebabkan kehamilan. Namun cara ini secara signifikan mengurangi peluang kamu untuk hamil.

Bagi kamu yang memang belum tahu teknik ini, simpelnya adalah sang pria menarik keluar penisnya dari dalam vagina sesaat sebelum ejakulasi. Yang perlu diingat, cairan precum, cairan tubuh yang keluar dari penis sebelum ejakulasi sangat mungkin mengandung sperma yang sehat dan layak.

Selain itu, menurut Mark Trolice, M.D., spesialis endokrinologi reproduksi dan infertilitas di My Fertility CARE: The IVF Center di Winter Park, Florida, menjelaskan bahwa sebagian besar pria gak tahu kapan mereka melepaskan precum ini. Karena itu, metode ini bukan jadi metode andalan untuk mencegah kehamilan saat berhubungan seks.

5. Kamu atau pasanganmu mengenakan kondom

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Sekslasillarota.com

Kemungkinanmu hamil setelah berhubungan seks menggunakan kondom adalah 15 persen, dan itu sudah memperhitungkan faktor human error. Dengan penggunaan kondom yang sempurna, sesuai prosedur, kemungkinan kehamilan turun menjadi 2 persen, berdasarkan riset yang dipublikasikan di Planned Parenthood.

Penggunaan yang sempurna di sini salah satu poin pentingnya adalah kondom dikenakan pada penis sebelum terjadi kontak alat kelamin sedikitpun. Kondom akan semakin efektif jika digabungkan dengan program kontrol kehamilan.

6. Kamu berusia di atas 44 tahun

6 Kondisi yang Memungkinkan Kamu Tidak Hamil saat Berhubungan Sekshealth.usnews.com

Kemungkinan perempuan untuk mengalami kehamilan akan semakin menurun seiring dengan bertambahnya usia. Seorang perempuan akan memiliki sekitar 300 ribu sel telur pada saat pertama kali menstruasi dan akan menurun menjadi 25 ribu ketika menginjak usia 30 akhir. Nah, kemungkinan perempuan untuk hamil makin mengecil di usia awal 40 tahun.

Menurut pernyataan Dr.Ross, dilansir dari instyle.com, perempuan di atas 44 tahun memiliki kemungkinan kurang dari 5 persen untuk hamil setiap bulannya. Ia melanjutkan bahwa kesuburan perempuan bisa menurun sebanyak 95 persen ketika ia mencapai usia 40 sampai 45 tahun.

Itulah tadi beberapa kondisi yang memungkinkanmu untuk tidak hamil setelah berhubungan seks. Kalau kamu belum mau memiliki anak, coba saja lakukan hubungan seks di dalam setidaknya salah satu kondisi tersebut.

Baca Juga: 7 Tanda 'Aneh' dan Tidak Terduga yang Menunjukkan Kalau Kamu Hamil

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya